• 5 Terbaru

    February 13, 2013

    Tips Memimpin Rapat Dengan Baik

    Tips Memimpin Rapat Dengan Baik

    Kali ini, blog sodikin.com memposting sebuah tema ringan tetapi menarik. Posting itu saya beri judul "Tips Memimpin Rapat Dengan Baik". Topik ini menjadi sangat penting karena rapat yang bertele-tele adalah rapat yang tidak baik, membosankan, dan tidak efisien.

    Berdasarkan pengalaman dan pengamatan ketika mengikuti rapat di berbagai tempat, ada berbagai macam model dan cara rapat. Ada rapat yang cepat selesai dengan agenda dan materi rapat yang jelas, tetapi ada juga rapat yang sangat bertele-tele dan selesainya pun sangat lama. Untuk yang terakhir, rapat tidak mempunyai agenda dan materi rapat yang jelas. Hasil rapatnya pun pasti berbeda. Rapat dengan agenda yang jelas maka prosedur rapatnya cenderung sangat sistematis dan hasilnya pun jelas. Sementara rapat dengan agenda dan materi rapat yang tidak jelas maka suasana rapat menjadi tidak sistematis, overlap, bertele-tele, membosankan dan tidak jelas kapan tuntasnya. Sehingga sangat jauh untuk disebut sebagai rapat yang baik.

    Satu hal lagi, dengan mendasarkan pada pengalaman dan pengamatan, tidak semua pimpinan (meskipun orang pandai) dapat memimpin rapat dengan baik. Kepandaian seseorang, jabatan yang tinggi serta status sosial yang baik tidak serta merta menjamin mereka mahir dalam memimpin rapat. Dalam kehidupan saya, ada dua orang teman dalam kategori ini. Dua orang teman saya ini adalah pimpinan di sebuah kantor, berpendidikan tingkat lanjut (S2 dan S3), intelek dan berstatus sosial tinggi. Tetapi dalam memimpin rapat, mereka terhitung tidak mahir. Tiap kali memimpin rapat maka selalu bertele-tele, tidak selesai-selesai, ovelap antara satu materi rapat dengan materi rapat yang lain, dan seperti debat kusir.

    Maka berdasarkan pengalaman dan pengamatan itu, tidak semua pimpinan dapat memimpin rapat dengan baik. Bahkan dapat dikatakan, mereka bukanlah pemimpin rapat yang baik.

    Tips Memimpin Rapat Dengan Baik


    Agar dapat memimpin rapat dengan baik, maka harus memperhatikan tipsnya. Ada beberapa hal penting yang harus diperhatikan oleh pemimpin rapat. Memperhatiikan hal-hal penting tersebut adalah untuk menghindari rapat yang bertele-tele dan membosankan. Agar rapat menjadi efisien, berhasil dan berstatus sebagai rapat yang baik, maka pemimpin rapat hendaknya memperhatikan hal-hal sebagai beriut :

    1. Buatlah agenda rapat yang rinci dan jelas

    2. Tentukan prioritas pembahasan dari yang paling penting

    3. Bahaslah satu persatu setiap materi rapat secara urut berdasarkan prioritas yang telah ditentukan

    4. Benar-benar memfokuskan pembahasan pada materi rapat agar tidak melebar dan menyimpang

    5. Batasi usul dan saran hanya pada materi rapat yang sedang dibahas untuk menghindari overlap

    6. Pandai mengatur waktu, termasuk jika ada peserta rapat yang bicaranya bertele-tele saat mengemukakan pendapat

    7. Hindari mendominasi pembicaraan

    8. Gunakan bahasa yang jelas dan kalimat yang santun

    9. Catat seluruh usul, saran dan sanggahan dari peserta rapat (didelegasikan kepada notulen)

    10. Terakhir, bacakan hasil rapat dan ingatkan kembali untuk melaksanakan segala sesuatu yang sudah dihasilkan dalam rapat

    Demikianlah Tips Memimpin Rapat Dengan Baik semoga bermanfaat. Dan jika Anda sebagai pemimpin rapat, cobalah melaksanakan Tips Memimpin Rapat Dengan Baik diatas agar tidak bertele-tele dan membosankan.

    Akhirnya, sekiranya pembaca sodikin.com hendak menambahkah dengan tips yang lain silahkan dimasukkan dalam form komentar yang telah tersedia dibawah artikel Tips Memimpin Rapat Dengan Baik ini.

    15 comments:

    1. Sebuah tulisan yang menarik untuk ditelaah oleh kita semua. Menjadi pemimpin juga memerlukan bakat, tidak hanya ilmu.

      ReplyDelete
    2. ga beda jauh sama moderator diskusi ya

      ReplyDelete
    3. Memang kadang kita lupa prioritas agenda, tapi dengan postingan ini kita jadi inget dan bisa fokus. Trmkasih walo sedderhana tapi mengena..

      ReplyDelete
    4. postingan yang sangat bagus, sangat bermanfaat :)

      ReplyDelete
    5. Sebuah tips yang bagus, kadang-kadang terlupakan perencanaan rapat. Bagus Mas. Saya sangat terbantu.

      ReplyDelete
    6. Ya ini pegangan bagi pemimpin rapat dan notulist, sebaiknya bila rapat rutin, dibuka dulu minutes of meeting yg lalu utk dilihat progressnya baru agenda baru setelah, anyway sungguh bagus pak boleh jadi bahan presentasi kalo ikhlas kita sebut sumbernya..maksih

      ReplyDelete
    7. Tips yang sangat membantu, bagus dan bermanfaat. Trimakasih !!

      ReplyDelete
    8. Tips yang sangat membantu pak, wajib untuk dibaca dan sangat baik untuk kemajuan negara kita,sekali lagi terima kasih banyak.

      ReplyDelete
    9. sederhana tapi berbobt
      tambhannya sih pemimpin hrus bisa membaca situasi peserta,bosan atau senang,hehehe

      ReplyDelete
    10. Assalaamu'alaykum...
      pak maaf boleh tanya ?..

      yang prioritas pembahasan itu yang bagaimana ya pak..
      terimakasih..

      ReplyDelete
    11. Tks, tips sederhana namun sangat bermanfaat

      ReplyDelete
    12. Sederhana dan sangat bermanfaat... :)

      ReplyDelete
    13. membatasi masuka agar tidak overlap?

      mhon pnjlasan lbih lnjut gan,

      trims

      ReplyDelete
    14. terimakasih banyak pak tipsnya sangat membantu

      ReplyDelete
    15. Dalam rapat tentunya ada notulen. Apa itu notulen? Baca pengertiannya di situs kami, thanks.

      ReplyDelete

    sodikin.com adalah blog pribadi yang diterbitkan oleh Sodikin Masrukhin. Ia seorang guru yang suka ngeblog di sela waktu senggangnya. Ada banyak hal yang bisa dibaca dan dinikmati dalam blog ini.
    Blog ini berisi tips dan cara, catatan, renungan dan hal lain yang bermanfaat. Pembaca boleh memanfaatkan konten blog ini untuk hal-hal yang bermanfaat. lanjut»»

    Indonesiaku