• 5 Terbaru

    May 22, 2016

    Perlunya Kaji Ulang Countdown Timer Traffic Light

    Perlunya Kaji Ulang Countdown Timer Traffic Light

    Di setiap persimpangan jalan raya banyak terpasang, tidak hanya traffic light, tetapi juga penghitung waktu mundur (countdown timer). Sampai sekarang, saya juga tidak tahu manfaat dari penghitung waktu mundur (countdown timer) terpasang di persimpangan jalan. Yang saya tahu justru sisi negatif dari alat tersebut.

    Sekarang, sudah ada beberapa pihak yang mempermasalahkan penghitung waktu mundur (countdown timer) yang terpasang di persimpangan jalan bersama traffic light. Hal tersebut dilakukan bukannya tanpa alasan. Ada alasan mendasar yang dijadikan pertimbangan, yaitu alasan safty atau kemanan lalu lintas. Penghitung waktu mundur (countdown timer) di setiap persimpangan jalan bersama traffic light justru sangat membahayakan.

    Paling tidak ada dua alasan yang bisa dijadikan pertimbangan untuk meninjau ulang adanya penghitung waktu mundur (countdown timer) di setiap persimpangan jalan bersama traffic light dan dianggap membahayakan, yaitu :

    1. Kendaraan bermotor, baik motor ataupun mobil, melaju beberapa detik sebelum lampu merah berganti hijau. Jika 4-3 detik sebelum hijau, kendaraan yang didepan belum bergerak maka yang di belakang sudah pencet klakson yang memekakkan telinga.

    2. Para pengendara mempercepat laju kendaraannya beberapa detik sebelum lampu hijau berganti kuning dan merah. Sehingga terkesa, para pengendara cendeung ugal-ugalan untuk mengejar detik-detik waktu yang tersisa di traffic light.

    Oleh karena sangat membahayakan maka penghitung waktu mundur (countdown timer) di setiap persimpangan jalan bersama traffic light sebaiknya ditiadakan.

    Visual Message sebagai pengganti Countdown Timer


    Mengingat sisi bahaya dari penghitung waktu mundur (countdown timer) di setiap persimpangan jalan bersama traffic light maka ada baiknya diganti dengan hal lain yang lebih bermanfaat. Sebagai contoh adalah visual message.

    Visual message ini berfungsi sebagai alat pemberi pesan-pesan keselamatan, memperhatikan peraturan dan rambu lalu lintas, berisi informasi-informasi penting : suhu udara, kelembaban udara, jarak antar kota, dan sebagainya.

    Visual message sepertinya lebih beranfaat dibandingkan dengan penghitung waktu mundur (countdown timer) di setiap persimpangan jalan bersama traffic light.

    Demikianlah pembaca setia Sodikin.Com informasi tentang Perlunya Kaji Ulang Countdown Timer Traffic Light.

    2 comments:

    1. Saya jika di depan dan ada countdown timer traffic light pasti seperti yg di infokan pak dikin ini, 2-3 detik sebelum lampu hijau pasti bersiap jalan. Saya punya perhitungan jika 2-3 detik sebelum hijau pasti arah lainnya udah kuning menuju merah jadi saya bilang aman dengan catatan liat lawan arusnya...

      ReplyDelete
    2. setuju pak sama tulisannya, countdown timer diganti dengan informasi lain yang bermanfaat

      ReplyDelete

    sodikin.com adalah blog pribadi yang diterbitkan oleh Sodikin Masrukhin. Ia seorang guru yang suka ngeblog di sela waktu senggangnya. Ada banyak hal yang bisa dibaca dan dinikmati dalam blog ini.
    Blog ini berisi tips dan cara, catatan, renungan dan hal lain yang bermanfaat. Pembaca boleh memanfaatkan konten blog ini untuk hal-hal yang bermanfaat. lanjut»»

    Indonesiaku