Ngantar Anak Mondok

Setelah lulus MI Muhammadiyah Gembong, Purbalingga,
anakku aku daftarkan di Pondok Pesantren modern Zam-Zam Cilongok Banyumas.

Aku Suka Motret

Meski aku seorang guru Madrasah, tetapi aku punya hobi fotografi

Belajar Digital Imaging

Temans, aku juga suka lho belajar digital imaging.
Itu tuh edit-edit gambar, olah gambar, atau gabung beberapa gambar

Ketika Seorang Siswiku Hamil

Dalam posting kali ini saya hanya ingin bercerita tentang sebuah peristiwa yang mengagetkan sekaligus juga menyedihkan. Bagaimana tidak, karena kejadian itu berupa seorang siswi yang masih duduk di bangku pendidikan dasar hamil. Mungkin bagi pembaca peristiwa ini bukanlah peristiwa pertama dan satu-satunya, tetapi sudah banyak kejadian serupa. Padahal setiap hari dan setiap saat selalu ditanamkan akhlak dan budi pekerti mulia serta urgensinya mempertahankan kehormatan.

Hamilnya seorang siswi kelas delapan tentu menggegerkan sekolah tempat ia menimba ilmu, lingkungan di mana ia tinggal, dan tentu saja orang tua beserta keluarganya. Jangankan orang tuanya, sekolah tempatnya belajarpun menjadi malu karena peristiwa ini.

Kehamilan salah satu anaknya yang masih di bawah umur menyebabkan orang tuanya bingung dan tidak tahu harus berbuat apa. Menikahkan dengan pria yang telah menghamili putrinya, rasanya sulit karena masih di bawah umur. Jika melaporkan peristiwa itu ke kepolisian, khawatir peristiwa yang memalukan tersebut semakin tersebar.

Sebab-sebab Kehamilannya


Ada beberapa hal yang dapat dijadikan pelajaran dan layak untuk diketahui sehingga dapat dijadikan bekal antisipasi dan peristiwa kehamilan siswi yang masih mengenyam pendidikan dasar tidak terulang lagi di sekolah yang kita kelola.

Sesuai dengan peristiwa yang terjadi maka beberapa hal yang menjadi sebab dan dapat diketahui adalah sebagai berikut :
  1. Menyimpan dan mempunyai gambar atau video tidak senonoh, baik di HP ataupun media yang lain
  2. Berpacaran dengan siswa lain yang mempunyai jenjang sekolah lebih tinggi (Sekolah Menengah atau perguruan tinggi)
  3. Berpacaran dengan orang dewasa (pengangguran ataupun yang sudah bekerja)
  4. Tidak mendapat pengawasan dari sekolah karena sekolah hanyak konsentrasi pada penyampaian materi pelajaran
  5. Tidak pernah mendapat pengawasan dari orang tua
  6. Kontrol sosial yang rendah

Langkah Antisipasi

Beberapa hal yang dapat kami share kepada rekan-rekan guru untuk mengantisipasi kejadian serupa di sekolah adalah sebagai berikut :
  1. HP siswa hendaknya sering di-chek, bukan dalam rangka melarang HP dibawa ke sekolah tetapi dalam rangka mengetahui ada atau tidaknya gambar dan video tidak senonoh. Gambar dan video tidak senonoh akan sangat berpengaruh terhadap otak dan prilaku anak didik
  2. Pacar, tanyakan dan ketahui apakah anak didik kita sudah mempunyai pacar. Ketauhi juga siapa pacarnya, dengan teman sekelasnya ataukah dengan siswa dari sekolah menengah atau bahkan dengan orang yang jauh lebih dewasa. Berpacaran dengan orang yang lebih dewasa akan sangat berbahaya bagi anak didik kita yang masih belum memahami resikonya
  3. Komunikasikan dengan orang tua atau wali tentang kondisi anaknya yang sudah punya pacar dengan siswa sebuah sekolah menengah atau dengan orang yang lebih dewasa.
  4. Pantau terus prilakunya meskipun sudah tidak berada di lingkungan sekolah.
Demikianlah share pak-sodikin.com tentang kehamilan seorang siswa yang baru duduk di kelas 8. Semoga posting tentang kehamilan dini seorang siswa ini membuat kita lebih serius mendidik dan mengantisipasi agar peristiwa serupa tidak terulang di sekolah kita.

Sebab-sebab dan langkah antisipasi kehamilan dini seorang siswi yang terungkap dalam posting yang berjudul Ketika Seorang Siswiku Hamil mungkin belum lengkap. Dan jika Anda berkenan melengkapinya sangat dipersilahkan.
Advertisemen 336x280
Disqus Comments

ABOUT

Tentang Admin & Blog
About

CONTACT

Hubungi kami disini
Hubungi

PAYMENT

Cara pembelian template di Goomsite
Privacy

Disclaimer

Pasang iklan Anda di Blog kami
Disclaimer

Catatan Kang Sodikin

sodikin.com merupakan catatan dan pikiran Kang Sodikin di waktu senggang dan tidak sedang melakukan apa-apa. Bisa juga merupakan hasil lamunan yang tidah jelas arahnya...he he...

NEWSLETTER SIGNUP

Trending Sepekan