• 5 Terbaru

    January 19, 2017

    5 Tip Menghindari Penyakit Ketika Musim Hujan

    5 Tip Menghindari Penyakit Ketika Musim Hujan
    Gambar oleh hipwee.com

    5 Tip Menghindari Penyakit Ketika Musim Hujan ini ditulis mengingat sekarang telah memasuki musim hujan. Banyak persoalan mengiringi  hujan, tidak hanya banjir tetapi juga banyak memunculkan penyakit.

    Ada banyak penyakit di musim hujan. Mulai gatal-gatal hingga yang berat seperti paru-paru basah dan diare. Oleh karenanya menjadi sangat penting memahami tips menghindari penyakit ketika musim hujan. Dengan memahami maka akan tahu tindakan apa yang harus dilakukan ketika berada di musim banyak air ini.

    5 Tip Menghindari Penyakit Ketika Musim Hujan yang disajikan dalam tulisan ini adalah hal yang sederhana dan mudah dilakukan. Yang diperlukan hanyalah kesungguhan dan ketelatenan untuk melakukannya.

    Jangankan di musim hujan, tidak musim hujanpun masyarakat harus menjaga kesehatan dengan melakukan tindakan preventif.

    Sebelum terserang penyakit, pahami dulu 5 Tip Menghindari Penyakit Ketika Musim Hujan. Perhatikan tips-2 sederhana berikut ini agar tubuh terhindar dari serangan penyakit di musim hujan:

    1. Selalu Membawa Payung
    Air hujan yang mengenai tubuh bisa mengubah suhu secara drastis. Oleh karenanya tubuh menjadi sangat rentan terhadap serangan flu ataupun demam. Maka untuk melindungi tubuh dari air hujan, gunakan payung. Pemanfaatan payung akan meminimalisir air hujan mengenai tubuh.

    2. Mengonsumsi Makanan Sehat
    Tetaplah mengonsumsi makanan yang sehat karena bermanfaat untuk mencegah penyakit. Makanan yang banyak mengandung vitamin C layak diutamakan dalam rangka meningkatkan sistem imun atau kekebalan dalam tubuh.

    3. Mencuci Tangan
    Harus diakui, tangan merupakan salah satu tempat kuman dan virus. Sangat dianjurkan untuk rajin mencuci tangan, utamanya setelah terkena air hujan. Dengan mencuci tangan maka virus yang menjadi penyebab utama demam dan flu akan dibunuh. Cuci kedua tangan dengan sabun yang meliputi sela-sela jari, punggung tangan, dan kuku.

    4. Gunakan Sepatu Bot Jika Keluar Rumah
    Ketika hujan banyak yang beraktifitas di luar rumah dengan hanya mengenakan sandal jepit. Padahal, dengan hanya bersandal jepit maka kaki akan terbuka. Dengan kondisi tersebut, kuman mudah masuk.

    Untuk beraktifitas di luar rumah saat musim hujan, hendaknya menggunakan sepatu bot agar kaki terlindung dari air kotor yang banyak virus dan kuman. Dan jangan lupa untuk selalu mencuci kaki setelah sampai di rumah.

    5. Selalu Bersihkan Rumah
    Di musim hujan, jumlah nyamuk semakin bertambah. Supaya nyamuk tidak sempat bersarang di rumah dan menyerang Anda, maka membersihkan rumah secara berkala sangat dianjurkan. Kondisi parit, bak air, sudut dan celah-celah rumah wajib dibersihkan secara rutin karena tempat-tempat itulah kesukaan nyamuk untuk membangun sarang.

    Demikian pembaca sodikin.com artikel seputar 5 Tip Menghindari Penyakit Ketika Musim Hujan. Setelah membaca artikel Perlunya Kaji Ulang Countdown Timer Traffic Light, Me-Variasikan Hidup Dengan Smule, dan Ketika Seorang Siswiku Hamil.

    4 comments:

    1. Tips yang menarik Pak Sodikin. Kesehatan itu mahal harganya. Lebih baik dirawat daripada jatuh sakit beneran. Biayanya sangat mahal sekali.

      ReplyDelete
    2. Karena mobilitas pakai motor, saya selalu bawa Mantel Pak?

      Hehe...salam...

      ReplyDelete
      Replies
      1. mantel atau jas hujan lebih rapet ya
        salam juga

        Delete

    sodikin.com adalah blog pribadi yang diterbitkan oleh Sodikin Masrukhin. Ia seorang guru yang suka ngeblog di sela waktu senggangnya. Ada banyak hal yang bisa dibaca dan dinikmati dalam blog ini.
    Blog ini berisi tips dan cara, catatan, renungan dan hal lain yang bermanfaat. Pembaca boleh memanfaatkan konten blog ini untuk hal-hal yang bermanfaat. lanjut»»

    Indonesiaku