• 5 Terbaru

    January 24, 2017

    Asal Usul Robot | Penemu Robot Pertama

    Asal Usul Robot | Penemu Robot Pertama

    Mendengar kata robot maka bayangan kita akan mengarah pada sebuah benda canggih hasil rekayasa teknologi yang dapat melakukan berbagai pekerjaan manusia. Berbagai pekerjaan yang sangat sulit dan berat dapat dilakukan oleh robot tersebut. Mendengar kata robot, bayangan kita juga akan tertuju ke sebuah negara yang bernama Jepang. Jepang dikenal sebagai pelopor robot cerdas sebagaimana yang sering dipamerkan ke publik.

    Robot dapat dijumpai di berbagai tempat misalnya di pelabuhan, bandara, pabrik dan sebagainya. Robot digunakan untuk berbagai kepentingan antara lain merakit berbagai benda berteknologi nano, merakit kendaraan bermotor, mengoperasi pasien di rumah sakit, mengangkat benda berat, menjinakkan bom atau ranjau dan menjelajah ruang angkasa.

    Penemuan Robot Pertama


    Ketika diberikan pertanyaan kepada Anda, siapa orang pertama yang menemukan dan merekayasa teknologi robot. Tidak semua orang bisa menjawab. Tahukah Anda bahwa robot pertama kali dibuat pada abad ke-12?

    Adalah Ibnu Ismail Al Jazari orang pertama yang berhasil menciptakan robot. Ia lahir di Al Jazira, sebuah wilayah antara Sungai tigris dan Efrat. Ibnu Ismail Al Jazari mempunyai nama lengkap Badi Al-Zaman Abullezz Ibn Alrazz Al-Jazari. Selanjutnya tinggal di Diyar Bakir, Turki, pada abad ke-12.

    Ibnu Ismail Al Jazari dikenal sebagai seorang ahli teknik yang mengabdikan diri kepada raja-raja Urtuq atau Artuqid di Diyar Bakir dari 1174 sampai 1200. pada rentang waktu itulah Ibnu Ismail Al Jazari menciptakan robot manusia (humanoid) yang dapat diprogram. Ibnu Ismail Al Jazari juga mengembangkan prinsip hidrolik guna menggerakkan mesin yang di kemudian hari dikenal dengan mesin robot.

    Mesin robot yang berhasil diciptakan oleh Ibnu Ismail Al Jazari saat itu adalah berbentuk sebuah perahu terapung di sebuah danau yang di dalamnya terdapat empat robot pemain musik; dua penabuh drum, satu pemetik harpa, dan peniup seruling. Tujuan penciptaan robot tersebut adalah untuk menghibur para tamu kerajaan dalam suatu acara jamuan minum.

    Keempat robot pemain musik ciptaan Ibnu Ismail Al Jazari pandai menghasilkan suara musik yang indah. Robot penabuh drum, misalnya, dapat memainkan beraneka irama yang berbeda-beda. Dapat dikatakan, robot kreasi Ibnu Ismail Al Jazari mampu bermain musik seperti manusia sungguhan!

    Tidak hanya itu, Ibnu Ismail Al Jazari juga menemukan hal penting lainnya, yaitu pencuci tangan otomatis. Pencuci tangan yang berupa keran dapat bekerja secara otomatis dan bisa mengucurkan air tanpa harus diputar. Alat pencuci tangan yang ditemukan Ibnu Ismail Al Jazari itu sekarang telah digunakan pada sistem kerja toilet modern.

    Ibnu Ismail Al Jazari telah berhasil mengembangkan tidak kurang dari 50 jenis penemuan. Kesemuanya ditulis dalam buku yang berjudul "The Book of Knowledge of Ingenious Mechanical Devices"

    Atas berbagai penemuannya Ibnu Ismail Al Jazari itu, seorang ahli teknik Inggris, Donal Hill sangat kagum. Ia berpendapat, adalah tidak tepat jika mengabaikan hasil karya Ibnu Ismail Al Jazari yang demikian penting. Semua penemuan Ibnu Ismail Al Jazari ditulis dengan detail serta dipaparkan instruksi untuk mendesain, merakit, dan membuat sebuah mesin.

    Jam gajah yang diciptakan sekitar tahun 1206 adalah salah satu karya Ibnu Ismail Al Jazari yang membuat Donald Hill kagum. Cara kerja jam gajah tersebut menggunakan tenaga air dan berat benda guna menggerakkan secara otomatis sistem mekanis. Pada rentang waktu tertentu akan memberikan suara simbal dan burung berkicau. Replika jam gajah kreasi Ibnu Ismail Al Jazari dapat dilihat saat ini di London Science Museum.

    Sumber : www.ristek.go.id/index.php/module/News+News/id/12553

    8 comments:

    1. ternyata penemu robot bukan eropa dan amerika. Baru tahu saya

      ReplyDelete
    2. waow sekarang robot udah canggih

      ReplyDelete
    3. [...] kata robot maka bayangan kita akan mengarah pada sebuah benda canggih hasil rekayasa teknologi yang dapat [...]

      ReplyDelete
    4. Baru tahu penemu robot ituh seorang Muslim..jadi tambah semangat...semoga kita juga bisa menemukan sesuatu yg berguna untuk orang laen..maen2 ke blog ane pak.

      ReplyDelete
    5. informasi yg sangat bermanfaat, terimakasih informasinya tentang robot....

      ReplyDelete
    6. ternyata kalah sm publikasi media barat doank...hebat-hebat...!!

      ReplyDelete
    7. penemu robot itu muslim ya? baru tahu saya.
      Tapi meskipun robot bisa mempermudah pekerjaan manusia, jangan sampai membuat manusia jadi malam bekerja keras :)

      ReplyDelete

    sodikin.com adalah blog pribadi yang diterbitkan oleh Sodikin Masrukhin. Ia seorang guru yang suka ngeblog di sela waktu senggangnya. Ada banyak hal yang bisa dibaca dan dinikmati dalam blog ini.
    Blog ini berisi tips dan cara, catatan, renungan dan hal lain yang bermanfaat. Pembaca boleh memanfaatkan konten blog ini untuk hal-hal yang bermanfaat. lanjut»»

    Indonesiaku