Ngantar Anak Mondok

Setelah lulus MI Muhammadiyah Gembong, Purbalingga,
anakku aku daftarkan di Pondok Pesantren modern Zam-Zam Cilongok Banyumas.

Aku Suka Motret

Meski aku seorang guru Madrasah, tetapi aku punya hobi fotografi

Belajar Digital Imaging

Temans, aku juga suka lho belajar digital imaging.
Itu tuh edit-edit gambar, olah gambar, atau gabung beberapa gambar

Tips Mencari Idola Yang Tepat Bagi Remaja

Apakah Anda seorang remaja dan sudah mempunyai idola? Atau baru mencari idola? Hampir setiap orang, khususnya anak-anak muda memiliki idola. Tidak terkecuali anak didik saya di sekolah.

Seseorang yang mengidolakan orang lain tentunya tidak salah. Hanya persoalannya adalah, sudah tepatkah seseorang dijadikan idola dalam hidup.

Mengidolakan seseorang tidaklah sekedar mencintai atau menggandrungi seseorang. Mengidolakan seseorang lebih dari sekedar adanya perasaan demen kepada orang tersebut. Apalagi jika mengidolakan sesorang hanya didasarkan kepada ketampanan dan kecantikan wajah seseorang.

Seseorang yang dijadikan idola haruslah orang yang tepat. Banyak lho anak muda yang keliru dalam mengidolakan seseorang. Keliru dalam pengertian karena tidak cocok dengan diri dan aktifitas yang digelutinya. Sebagai contoh, dalam sebuah kegiatan dan saya sebagai pembicaranya, menanyakan kepada sebagian siswi yang hadir. Pertanyaan saya adalah, "Siapa yang Anda idolakan?" Dari sebagian siswi yang hadir menjawab dengan serempak, mereka menyebutkan seorang pemain sepak bola. Ketika saya lanjutkan pertanyaannya, kenapa mengidolakan orang itu? Mereka menjawab, "KARENA CAKEP!".

Dari cerita yang tersebut di atas, ada hal menarik bagi saya. Sebagian siswi, yang tentunya seorang pelajar putri mengidolakan pemain sepak bola. Dalam pandangan saya, tentulah tidak tepat. Karena bagi saya, idola itu (paling tidak) harus memenuhi 3 kriteria :
  1. dapat dijadikan teladan dalam kehidupannya
  2. dapat menjadi inspirasi bagi yang mengidolakan
  3. sesuai dengan diri yang mengidolakan
Penjelasan ketiga kriteria tersebut adalah, seseorang yang dijadikan idola haruslah berkelaukan baik, dalam bertutur ataupun bertindak. Sehingga mereka benar-benar dapat dijadikan suri tauladan yang baik.

Seseorang yang dijadikan idola haruslah orang yang berkemampuan lebih dan berprestasi dalam bidang yang ditekuninya. Sehingga kemampuan lebih dan prestasinya yang hebat dapat menjadi inspirasi bagi orang yang mengidolakannya.

Sedangkan penjelasan tentang hendaknya sesuai dengan diri yang mengidolakan maksudnya adalah bahwa kemampuan lebih dan prestasi yang diraih orang yang diidolakan ada kesamaan bidang yang ditekuni atau cita-cita orang yang mengidolakan. Hal ini terkait dengan penjelasan kedua. Jika ada kesamaan tersebut maka benar-benar akan menjadi inspirasi.

Sebagai contoh, seseorang anak yang sedang belajar sepak bola di SSB dan dia mengidolakan Cristiano Ronaldo, maka hal itu tepat karena ada kecocokan atau matching. Siswa SSB mengidolakan pemain sepak bola sekaliber Ronaldo yang hebat tentu sangat tepat dan akan memberikan inspirasi baginya. Beda halnya, jika yang mengidolakan Ronaldo adalah anak yang sedang belajar musik. Tentulah tidak pas dan dijamin tidak memberikan inspirasi apapun.

Kembali kepada kasus sebagian pelajar putri yang mengidolakan pemain sepak bola. Saya menggali lebih dalam, sehingga saya tanyakan juga, apakah di antara mereka ada yang bercita-cita menjadi pemain sepak bola. Ternyata sama sekali tidak ada. Murni karena ketampanan pemain sepak bola tersebut. Bahkan kebanyakan bercita-cita menjadi guru. Selanjutnya saya arahkan untuk mencari sosok yang tepat dengan cita-cita mereka yang mau jadi guru. Akhirnya, mereka memilih guru Matematika yang memang cantik dan cerdas sebagai idola baru mereka.

Begitulah, anak-anak, adik-adik dan para siswa kita hendaknya dibimbing untuk mencari idola yang tepat. Karena sedikit ataupun banyak, seorang idola pastilah memberikan pengaruh terhadap orang yang mengidolaknnya. Tidak hanya yang positif, terkadang yang negatif pun banyak ditiru dan dilakukan oleh para pengidola mereka.

Demikian catatan Kang Sodikin tentang Tips Mencari Idola Yang Tepat Bagi Remaja semoga bermanfaat.
Advertisemen 336x280
Disqus Comments

ABOUT

Tentang Admin & Blog
About

CONTACT

Hubungi kami disini
Hubungi

PAYMENT

Cara pembelian template di Goomsite
Privacy

Disclaimer

Pasang iklan Anda di Blog kami
Disclaimer

Catatan Kang Sodikin

sodikin.com merupakan catatan dan pikiran Kang Sodikin di waktu senggang dan tidak sedang melakukan apa-apa. Bisa juga merupakan hasil lamunan yang tidah jelas arahnya...he he...

NEWSLETTER SIGNUP

Trending Sepekan