• 5 Terbaru

    February 16, 2017

    4 Tips Hemat Berbelanja

    4 Tips Hemat Berbelanja
    Tips Hemat Berbelanja - Berbelanja bagi sebagian orang adalah kebutuhan dan sebagian lagi melakukannya sebagai hobi. Namun satu hal yang terkadang tidak disadari bahwa gemar berbelanja dapat menghabiskan biaya satu bulan berjalan. Jika Anda mempunyai kebiasaan berbelanja maka memahami dan mengerti tips hemat berbelanja adalah suatu langkah tepat. Jangan sampai ketidaktahuan akan tips hemat berbelanja menjadikan Anda kelimpungan di pertengahan bulan.

    Bagi kaum perempuan, berbelanja adalah bagian dari kegemaran dan gaya hidup. Keluar masuk dari satu mal ke mal yang lain adalah trend perempuan perkotaan. Tidak peduli apakah ia sudah dapat penghasilan sendiri atau masih minta jatah orang tua. Atau bahkan karena telah mengalami shopping madness (penyakit gila belanja) tidak peduli kalau harus (maaf) menjual diri demi mendapatkan uang agar bisa berbelanja. Kalau sudah demikian menjalankan tips hemat berbelanja adalah sebuah keharusan.

    Banyak sekali kaum perempuan yang tidak mampu lagi mengerem dan menahan nafsu berbelanja mereka. Terlebih pada minggu pertama sesudah menerima gaji. Nafsunya mendorongnya membeli semuanya tanpa memperhitungkan dan memperdulikan budget serta kebutuhan. Belanja adalah belanja, belanja adalah membeli barang baru tidak peduli dibutuhkan atau tidak. Apakah dalam kondisi demikian, mereka sempat memperhatikan tips hemat berbelanja? Mengingat tips hemat berbelanja adalah sesuatu yang penting maka apapun kondisinya dan siapapun orangnya harus menjaga nafsu berbelanjanya dengan memperhatikan berbagai cara dan tips hemat berbelanja.

    Tips Hemat Berbelanja

    Jika penyakita gila belanja (shopping madness) Anda  diikuti terus maka hal itu akan mengancam keuangan Anda. Cobalah untuk tidak selalu memperturutkan nafus belanja dan kalau toh harus berbelanja ada baiknya Anda mengikuti tips hemat berbelanja yang diberikan oleh pak-sodikin.com. Berikut adalah tips hemat berbelanja versi pak-sodikin.com yang dapat Anda lakukan untuk menghemat keuangan Anda:
    1. Tips hemat berbelanja yang pertama adalah  menunggu ada obral atau cuci gudang. Untuk melakukan hal ini dibutuhkan kesabaran. Ya Anda butuh kesabaran ketika akan berbelanja mengikuti saran ini. Yang Anda perlukan adalah menunggu supermarket atau toko-toko memberikan obral dan diskon super besaran atau bahkan cuci gudang. Umumnya peristiwa obral besar dan cuci gudang diberikan oleh supermarket ketika tahun baru, Idul Fitri, dan Natal. Tips hemat berbelanja yang ini adalah sangat tepat untuk menghemat pengeluaran ketika belanja dan mengerem kegemaran belanja.

    2. Tips hemat berbelanja yang kedua adalah berbelanja di Toko Kecil. Produk bermutu tinggi dan bermerk tidak mesti selalu ada di super market dan butik-butik terkenal. Di toko-toko yang dikategorikan kecil tidak jarang dapat dijumpai barang dan produk dengan kualitas bagus dan dijual dengan harga lebih murah. Cobalah untuk merubah mind set Anda bahwa membeli barang bagus harus di super market atau mal.

    3. Tips hemat berbelanja yang ketiga yaitu membeli barang second. Turunkan gensi Anda, bahwa berpenampilan perfect tidak harus memakai barang baru. Tidak selamanya barang second itu jelek dan tidak layak pakai. Justru jika Anda sedang beruntung anda dapat mendapatkan produk second dengan kualitas OK dan harga tentu saja relatif jauh lebih murah. Tips hemat berbelanja ini dapat terbantu dengan mencari informasi sebanyak-banyaknya tentang lokasi-lokasi penjualan produk second dengan kualitas yang tetap masih bagus. Anda pasti terkejut dan bergembira dengan murahnya harga produk second dibandingkan jika Anda membelinya di super market atau di mal.

    4. Tips hemat berbelanja keempat yaitu belanja di toko online. Berbelanja online layak untuk dicoba. Sekarang zaman sudah semakin maju dan modern. Belanja dapat dilakukan dengan sangat mudah, bahkan dilakukan dari kamar. Anda tidak membutuhkan waktu dan tenaga untuk antri di super market dan mal. Di toko online, Anda bebas memilih barang yang ditawarkan. Terkait dengan Tips hemat berbelanja, yang diperlukan adalah memilih toko online yang sudah terpercaya.
    Untuk saat ini sudah banyak toko online di internet. Dengan semakin banyaknya toko online tentu saja menyebabkan tingkat persaingan menjadi ketat. Maka biasanya mereka berlomba-lomba membuat harga yang bersaing dan sangat menguntungkan Anda. Tentu saja niatan Anda menjalankan tips hemat berbelanja kesampaian.

    Demikianlah 4 tips hemat berbelanja. Saya sangat berharap Anda untuk tidak lupa kembali membaca artikel Amalan Utama Di Bulan Dzulhijjah.

    Jika Anda hendak memberikan komentar atau ingin menambahkan tipsnya silahkan ditulis di form yang sudah disediakan dibawah artikel tips hemat berbelanja ini.

    2 comments:

    1. di era konsumtivisme seperti sekarang, tips hemat berbelanja memang sangat perlu, pak, agar duwitnya ndak dihabisin semua utk belanja.

      ReplyDelete
    2. Tips yang mantep Pak, memanfaatkan momentum hemat adalah cara cerdas dalam memenuhi kebutuhan hidup

      ReplyDelete

    sodikin.com adalah blog pribadi yang diterbitkan oleh Sodikin Masrukhin. Ia seorang guru yang suka ngeblog di sela waktu senggangnya. Ada banyak hal yang bisa dibaca dan dinikmati dalam blog ini.
    Blog ini berisi tips dan cara, catatan, renungan dan hal lain yang bermanfaat. Pembaca boleh memanfaatkan konten blog ini untuk hal-hal yang bermanfaat. lanjut»»

    Indonesiaku