Ngantar Anak Mondok

Setelah lulus MI Muhammadiyah Gembong, Purbalingga,
anakku aku daftarkan di Pondok Pesantren modern Zam-Zam Cilongok Banyumas.

Aku Suka Motret

Meski aku seorang guru Madrasah, tetapi aku punya hobi fotografi

Belajar Digital Imaging

Temans, aku juga suka lho belajar digital imaging.
Itu tuh edit-edit gambar, olah gambar, atau gabung beberapa gambar

Cara Aman Bertransaksi di ATM

Tips Dan Cara Aman Bertransaksi di ATM - Sekarang zaman serba mudah. Transaksi apapun juga dapat dilakukan dengan mudah. Ketika kita hendak melakukan transaksi perbankan tidak lagi harus antri berdiri berjam-jam di bank. Belum lagi jika kita bertransaksi menggunakan teknologi internet banking, maka kita tidak perlu lagi keluar rumah.
Khusus ketika kita melakukan transaksi perbankan dengan menggunakan kartu ATM, maka kita harus mengetahui Tips dan Cara Aman Bertransaksi di ATM. Kenapa harus mengetahui tips dan cara aman bertransaksi di ATM? Karena ada banyak modus kejahatan di seputar ATM. Kejahatan di seputar ATM dapat terjadi pada saat atau sesudah kita bertransaksi dengan ATM. Penjambretan, penodongan dan penipuan adalah contoh kejahatan yang terjadi di seputar ATM.

Tidak ada ruginya kita mengetahui dan kemudian melaksanakan tips dan cara aman bertransaksi di ATM, bahkan hal ini akan memberikan rasa aman dan nyaman bertransaksi dengan mesin ATM. Apakah Anda mau menjadi korban kejahatan, tentu tidak kan.

Tips dan cara aman bertransaksi di ATM ini diperoleh blog Aneka Tips | Pak-Sodikin.Com dari bank BRI. Dan berikut ini adalah tips dan cara aman bertransaksi di ATM tersebut:
  1. Cari lokasi ATM yang aman. Hindari ATM yang tidak terjaga oleh petugas keamanan. Pelaku kejahatan memilih lokasi beresiko rendah. ATM yang aman adalah yang terletak di dalam bank atau toko yang ramai dikunjungi orang.
  2. Sebaiknya melihat kondisi fisik ATM dan keadaan sekeliling terlebih dahulu sebelum melakukan transaksi. Apabila ada hal-hal yang mencurigakan sebaiknya urungkan niat bertransasksi di ATM dan bila perlu laporkan hal tersebut kepada bank yang bersangkutan
  3. Lihat sekeliling, apakah ada CCTV. Jika ada maka pastikan bahwa itu adalah CCTV resmi dari pihak bank terkait. Terkadang ada CCTV yang dipasang oleh pihak yang tidak bertanggung jawab.
  4. Raba bagian bawah penutup pinpad AYM karena dapat dipasangi kamera mikro
  5. Lindungi kerahasiaan PIN:
    • menutup dengan tangan ketika memasukkan PIN
    • tidak memberikan PIN kepada orang lain, termasuk orang yang mengaku dari pihak bank
    • rutin mengganti PIN dan hindari menggunakan PIN dengan nomor yang mudah ditebak
  6. Segera ganti PIN setelah menggunakan ATM di tempat yang meragukan
  7. Segera menghubungi bank dan atau pihak berwajib jika terjadi kejanggalan dalam bertransasksi atau saldo
  8. Demi keamanan, sebaiknya tidak menghitung uang di dalam ATM
  9. Pada saat bertransaksi menggunakan kartu ATM di merchant, perhatikan kondisi alat EDC. Bila terdapat alat mencurigakan yang menempel pada EDC atau semacamnya, lebih baik transaksi tidak dilanjutkan
  10. Jangan mudah percaya terhadap stiker call center di ATM, penjahat dapat memasang stiker palsu
  11. Jangan mudah percaya kepada bantuan orang lain di sekitar ATM. Waspadalah selalu
  12. Jika ingin menarik uang dalam jumlah banyak, sebaiknya langsung ke bank dan jangan di ATM
  13. Segeralah melapor dan lakukan pemblokiran apabila kartu ATM diketahui hilang.
Demikian tulisan tentang tips dan cara aman bertransaksi di ATM, jika manfaat silahkan dishare kepada orang lain. Dan jika Anda ingin memberikan tambahan tips sangat dipersilahkan dan harap ditulis di form yang terdapat di bawah posting tentang tips dan cara aman bertransaksi di ATM ini.
Advertisemen 336x280
Disqus Comments

ABOUT

Tentang Admin & Blog
About

CONTACT

Hubungi kami disini
Hubungi

PAYMENT

Cara pembelian template di Goomsite
Privacy

Disclaimer

Pasang iklan Anda di Blog kami
Disclaimer

Catatan Kang Sodikin

sodikin.com merupakan catatan dan pikiran Kang Sodikin di waktu senggang dan tidak sedang melakukan apa-apa. Bisa juga merupakan hasil lamunan yang tidah jelas arahnya...he he...

NEWSLETTER SIGNUP

Trending Sepekan