Ngantar Anak Mondok

Setelah lulus MI Muhammadiyah Gembong, Purbalingga,
anakku aku daftarkan di Pondok Pesantren modern Zam-Zam Cilongok Banyumas.

Aku Suka Motret

Meski aku seorang guru Madrasah, tetapi aku punya hobi fotografi

Belajar Digital Imaging

Temans, aku juga suka lho belajar digital imaging.
Itu tuh edit-edit gambar, olah gambar, atau gabung beberapa gambar

Cara Mengatasi Limitasi Paypal Dalam Hitungan Jam, Terbaru 2017

Cara mengatasi limitasi Paypal dalam hitungan jam, terbaru 2017 adalah judul posting saya kali ini. Saya tidak tahu, tepat atau tidak menulisnya demikian. Jika dicermati,judul tersebut mengandung tips cara menyelesaikan salah satu masalah yang ditakuti oleh para pengguna Paypal. Sesungghnya saya tidak ingin menuliskan tips, melainkan pengalaman pribadi ketika rekening Paypal saya terkena limitasi.

Saya punya rekening Paypal sudah beberapa tahun yang lalu (akhir 2012) meski tidak pernah diisi balance. Bahkan VCC saya pun sudah lama kedaluarsa.

Di awal 2017 ini, saya ingin memanfaatkan paypal. Maka saya buat VCC baru dan berhasil verified. Sehari kemudian saya isi balance dengan membeli beberapa dollar. Dalam hitungan menit beberapa dollar yang saya pesan sudah diinformasikan masuk di rekening Paypal. Saya pun mengeceknya dan benar sudah masuk.

Namun ada satu yang mengganggu, saya lihat ada notifikasi tentang rekening saya. Maka saya buka dan ternyata berupa pemberitahuan bahwa rekening saya terkena limitasi atau pembatasan. Limitasi atau pembatasan ini berdampak pada saya tidak dapat menggunakan rekening untuk berbagai kepentingan, baik memberi (membayar) ataupun menerima (pembayaran). Satu-satunya (setahu saya) yang bisa dilakukan adalah mengembalikan uang pembayaran dari client jika kita adalah pebisnis.

Limitasi atau pembatasan berlaku selama 45 hari jika tidak segera diselesaikan, bahkan bisa berlanjut hingga waktu-waktu selanjutnya. Untuk menyelesaikan persoalan tersebut, saya diminta memberikan keterangan tentang 5 hal, yaitu identitas, alamat jelas, informasi jenis usaha, memberikan bukti pengiriman, dan konfirmasikan inventaris yang tersedia. Saya hanya bisa memberikan pertama dan kedua, yaitu identitas dan alamat. Untuk keduanya saya cukup scaning SIM dan saya upload. Tetapi untuk permintaan ketiga hingga kelima saya tidak dapat memenuhi karena saya bukan pebisnis dengan usaha tertentu.

Lalu bagaimana menyelesaikan permintaan yang sulit dari pihak Paypal tersebut?

Untuk permintaan ketiga, yaitu menginformasikan jenis usaha. Ada beberapa hal yang harus diisi. Pertama, permintaan informasi jenis usaha. Untuk yang ini saya menuliskan: Saya blogger pemula. Kategori usaha: saya pilih nirlaba dan seterusnya.Dan untuk isian keterangan tambahan: saya tulis "saya bukan pebisnis, menggunakan Paypal hanya untuk membeli templat/theme blog". Kurang lebih begitu. Jumlah karakternya terbatas.

Sedangkan untuk permintaan keempat yaitu copy scan faktur pengiriman, saya bingung harus saya upload apa. Akhirnya saya coba scan dan upload resi transfer pembelian balanca dari bank Mandiri.

Demikian juga untuk permintaan kelima yaitu konfirmasi inventaris yang tersedia. Waduh... tambah bingun harus ngapain. Maka saya juga mengirimkan resi transfer sebagaimana permintaan keempat.

Intinya, lima permintaan pihak Paypal kepada saya jika ingin direview limitasinya telah saya lakukan meski ngawur untuk no. 3, 4 dan 5. Dengan saya melakukan demikian maka 5 hal yang semula ada tanda silang merah telah menjadi contreng hijau dengan keterangan akan direview dalam waktu 2 hari.

Dengan pengisian ngawur seperti itu, saya ragu jika rekening Paypal saya akan dihilangkan limitasinya. Maka saya berusaha menghubunginya melalui pesan messenger di facebook.com/paypal. Saya tuliskan keluhan saya tentang limitasi tersebut dengan bahasa Inggris hasil transliterasi di google translate. Kemudian muncul jawaban otomatis berupa link yang ketika diklik mengarah ke laman Pusat Pesan.

Selanjutnya, saya tuliskan keluhan saya dalam bahasa Indonesia di form yang tersedia. Asumsi saya, pasti paham karena halaman Paypal yang saya buka juga berbahasa Indonesia. Berikut keluhan atau tepatnya permohonan saya:

Saya adalah orang awam dan hendak mencoba bertransaksi menggunakan paypal.

Saya juga bukan orang dengan jenis usaha tertentu. Kebutuhan saya menggunakan paypal adalah supaya bisa membeli template atau theme blog.

Saya memverifikasi akun paypal menggunakan vcc karena tidak memiliki kartu kredit ataupun kartu debet.

agar bisa menggunakan paypal untuk membeli template atau theme blog, saya mengisi saldo paypal dengan cara membeli jasa balance paypal.

setelah pengisian balance, ternyata rekening paypal saya kena limitasi. dan untuk untuk penyelesaiannya saya diminta mengunggah beberapa hal. saya hanya bisa memenuhi permintaan no. 1 dan no. 2 yang identitas diri dan alamat jelas. sedangkan permintaan informasi jenis usaha, Berikan bukti pengiriman, dan Konfirmasikan inventaris yang tersedia, jelas saya tidak dapat memenuhinya. hal tersebut dikarenakan saya bukanlah pemilik usaha tertentu, tetapi hanya seseorang yang ingin beli theme atau template blog di luar negeri.

dengan ini saya minta tolong untuk dihilangkan limtasi rekening paypal saya agar bisa membeli template atau theme bloh yang saya inginkan.

terima kasih atas kebaikan hati anda.

No. Referensi: PP-005-527-916-717

Setelah menulisnya, kemudian saya kirimkan dengan menekan tombol "Kirim". Dengan harap-harap cemas dan berdoa semoga berhasil. Pesan itu di Paypal tertulis 2/2/2017 pukul 20.32. Kemudian pada 3/2/2017 pukul 05.24 (9 jam) saya mendapat balasan:


Dear Sodikin Masrukhin,

Thank you for contacting PayPal.

We have completed our investigation and have removed the limitation on your account. We greatly appreciate your patience and co-operation during this process.

Thank you for choosing PayPal for your payment needs.

Sincerely,
Ahmad
PayPal Account Review Department
PayPal

Dan alhamdu lilLah rekening Paypal saya telah lepas dari limitasi atau pembatasan.

Kesimpulan saya setelah mengalami dan berhasil lepas dari limitas atau pembatasan Paypal dengan cepat adalah:
  1. Cepat diresponnya keluhan saya terhadap masalah itu bukan karena pengisian saya yang ngawur terhadap form yang disediakan
  2. Keluhan dan pengajuan saya lewat pusat pesanlah yang mendapat respon segera
  3. Pengajuan keluhan tidak harus berbahasa Inggris, tetapi menggunakan bahasa Indonesiapun oke
  4. Pihak Paypal sangat responsif dan memahami persoalan setiap penggunanya
  5. Segera membangun komunikasi dengan pihak Paypal jika mengalami masalah apapun dan berikan alasan dan logika yang jujur dan apa adanya.
Advertisemen 336x280
Disqus Comments

ABOUT

Tentang Admin & Blog
About

CONTACT

Hubungi kami disini
Hubungi

PAYMENT

Cara pembelian template di Goomsite
Privacy

Disclaimer

Pasang iklan Anda di Blog kami
Disclaimer

Catatan Kang Sodikin

sodikin.com merupakan catatan dan pikiran Kang Sodikin di waktu senggang dan tidak sedang melakukan apa-apa. Bisa juga merupakan hasil lamunan yang tidah jelas arahnya...he he...

NEWSLETTER SIGNUP

Trending Sepekan