• 5 Terbaru

    February 2, 2017

    Mau Jadi Blogger Atau Robin Hood?

    Mau Jadi Blogger Atau Robin Hood?
    Jika di ajukan pertanyaan kepada Anda, mau jadi blogger atau Robin Hood? Apa jawaban Anda? Bisa jadi Anda tidak memiliki jawaban untuk pertanyaan tersebut. Atau Anda memang enggan menjawabnya meskipun dapat menjawabnya. Bisa jadi Anda balik bertanya, apa maksud pertanyaan itu dan kemana arahnya?

    Jika Anda tidak berkenan menjawab mau jadi blogger atau Robin Hood?, tidak apa-apa. Tidak ada yang melarang, apalagi melaporkan ke polisi untuk dipidanakan.

    Apa itu Blogger?


    Tahukan blogger? Blogger diterminologikan sebagai Narablog atau blogosphere yaitu orang yang mempunyai atau memelihara suatu blog. Jika Anda belum mempunyai blog, tidak masalah. Paling tidak Anda tahu apa itu blogger, narablog atau blogosphere. Dan juga, meskipun tidak mempunyai blog, minimal Anda sebagai pengunjung atau pembaca sebuah blog. Termasuk, tentu saja, membaca blog catatan kang sodikin ini.

    Sebagai blogger tentu mempunyai aktifitas segudang. Tidak pandang apakah Anda sebagai blogger profesional atau amatiran dan sekedar iseng membangun blog. Aktifitas-aktifitas Anda tentu tidak terlepas update dan posting artikel, memperbaiki kinerja blog, memerbaiki tampilan blog agar lebih menarik, dan blog walking atau berkunjung ke blog lain untu meninggalkan jejak sekedar untuk mendapatkan backlink.

    Jika Anda baru sebagai penikmat atau pembaca blog, maka akan mengunjungi banyak blog untuk membaca berbagai macam artikel yang disajikan, mulai dari yang ringan hingga yang berat, dan dari yang asal-asalan hingga yang bernilai.

    Siapa Robin Hood?


    Robin Hood, tahukan siapa Robin Hood. Jika lupa, itu... tuh tokoh dalam cerita rakyat Inggris. Robin Hood merupakan seorang bangsawan yang berstatus sebagi musuh dari Sheriff of Nottingham atau yang disebut dengan Prince John. Aktifitasnya adalah melawan pejabat yang korup demi kepentingan rakyat. Ia memimpin "Merry Men", yaitu sekelompok orang dengan jumlah 140 orang untuk mencuri kekayaan orang-orang kaya dan tuan tanah untuk diberikan kepada rakyat miskin.

    Jadi Robin Hood merupakan musuh orang kaya dan pejabat tetapi sahabat dan dicintai rakyat miskin. Ia biasa disebut dengan pencuri dermawan.


    Blogger atau Robin Hood?


    Setelah membaca tulisan tentang blogger dan Robin Hood, apakah Anda sudah punya pilihan jawaban ketika diajukan pertanyaan "mau jadi blogger atau Robin Hood?" Mau jadi blogger saja, Robin Hood saja, ataukah blogger sekaligus Robin Hood? Kalau direnungkan sepertinya lebih baik menjadi kedua-duanya.

    Siapapun Anda, Anda dapat menjadi kedua-duanya sekaligus. Seorang blogger sekaligus menjadi Robin Hood.

    Jangan salah, Robin Hood yang saya maksud adalah dengan konotasi positif, bukan Robin Hood sebagai pencuri. Juga bukan pelaku cyber crime yang melakukan kejahatan di dunia maya. Robin Hood yang saya maksud adalah orang dermawan tetapi melakukan aktifitas sosialnya tanpa pamrih dan tidak ingin diketahui orang lain. Konotasi Robin Hood kita ambil sisi positifnya.

    Ya Anda dapat menjadi kedua-duanya, Blogger dan Robin Hood. Sebagai blogger yang berjiwa Robin Hood, tentu aktifitas Anda adalah memberikan manfaat dan kebaikan kepada orang lain dari balik layar. Anda berbuat baik kepada orang lain, tetapi obyek kebaikan Anda tidak tahu jika Anda telah berbuat baik kepadanya.

    Beberapa aktifitas blogger Robin Hood adalah antara lain :

    1. menyumbangkan sebagian hasil blogging sebagai blogger profesional untuk kepentingan sosial

    2. selalu menyajikan artikel yang mengandung nilai positif dan bermanfaat

    3. membantu rekan blogger lainnya dengan klik iklan ppc yang terdapat dalam blognya dengan penuh tanggung jawab dan tidak merugikan.

    Demikian postingg tentang Mau Jadi Blogger Atau Robin Hood? semoga bermanfaat. dan jika Anda berkenan menambahkan isi, disiahkan menmbahkannya di form komentar di bawah artikel Mau Jadi Blogger Atau Robin Hood? ini.

    9 comments:

    1. Setuju dengan tulisan di atas, blogging juga bisa menjadi ajang perjuangan untuk kemajuan masyrakat luas.

      ReplyDelete
    2. blogger aja deh pak, salam semangat

      ReplyDelete
    3. aku sinau disit ya pak...

      ReplyDelete
    4. Menurut aku, mau jadi blogger ataupun blogger Robin Hood keduanya sama-sama baik, asalkan tujuannya dan apa yang disajikan di blog adalah hal yang baik dan bermanfaat untuk pengunjung. Salam kenal pak dari Demak.

      ReplyDelete
    5. sing penting LIKE nya....

      ReplyDelete
    6. Wah kepengin jadi bloger dan Robin Hood lo.Bagus banget artikelnya. Terima kasih Mas Sodikin. Salam kenal Mas, boleh ya saya ingin berguru ilmu blognya mas.

      ReplyDelete
    7. jadi bloggerhood biar lebih komplit dan asik

      ReplyDelete
    8. Untuk poin ketiga, saya masih ragu gimana tanggung jawabnya nanti ya :)

      ReplyDelete

    sodikin.com adalah blog pribadi yang diterbitkan oleh Sodikin Masrukhin. Ia seorang guru yang suka ngeblog di sela waktu senggangnya. Ada banyak hal yang bisa dibaca dan dinikmati dalam blog ini.
    Blog ini berisi tips dan cara, catatan, renungan dan hal lain yang bermanfaat. Pembaca boleh memanfaatkan konten blog ini untuk hal-hal yang bermanfaat. lanjut»»

    Indonesiaku