• 5 Terbaru

    February 24, 2017

    Cara Mengarahkan Subdomain Ke Hosting Berbeda Registrar

    Cara membuat dan mengarahkan subdomain ke Hosting berbeda registrar atau tempat membeli.  Maksudnya adalah bagaimana membuat sebuah subdomain dan diarahkan ke hosting yang berada di tempat atau registrar lain.

    Atau juga bisa dijelaskan bahwa domain utama telah diarahkan ke Blogspot, tetapi subdomainnya hendak disetting untuk wordpress.

    Atau domain tidak terhubung dengan hosting manapun, tetapi subdomain yang dibuat dihubungkan dengan hosting yang ada di registrar lain. Jadi domain dan hosting tidak berada dalam satu registrar atau tempat membeli (menyewa).

    Sebagai contoh, saya mempunyai domain sodikin.com yang sudah terarah ke blogspot. Dari domain tersebut saya ingin membuat subdomain darinya tetapi bukan diarahkan ke blogspot lagi seperti domainnya melainkan ke sebuah hosting di tempat lain yang saya punya. Kenapa demikian? karena saya ingin install Wordpress nantinya.

    Apakah mungkin membangun subdomain dengan cara demikian. Jawabannya MUNGKIN dan BISA! Kebetulan domain sodikin.com saya beli tanpa beserta hostingnya. Karena sejak awal saya niatkan untuk diarahkan ke blogspot (untuk meringankan budget..he he ). Di kemudian hari saya mempunyai ide, bagaimana membuat subdomain dari sodikin.com yang diarahkan ke hosting yang kebetulan berbeda registrar.

    Terhadap keinginan itu saya tidak tahu caranya. Browsing ke banyak situs masih saja tidak mencerahkan. Akhirnya saya menemukan orang baik yang kebetulan menyaksikan salah satu videonya di Youtube. Teman tersebut adalah Mohammad Fanirifanto (https://www.youtube.com/user/mofarChannel). Saya berkomentar di videonya dalam bentuk pertanyaan. Isinya adalah keinginan seperti tersebut di atas. Secara singkat dia menjelaskan caranya.

    Baca: 5 Keuntungan Menjadi Vegetarian

    Cara mengarahkan subdomain ke Hosting berbeda registrar atau tempat membeli secara ringkas dapat digambarkan dalam dua proses sebagai berikut:

    Proses pertama : di cpanel hosting

    Saat di cpanel, yang perlu dilakukan adalah:

    1. masuk ke cpanel dimana hosting kita berada
    2. di cpanel hosting klik "Addon Domains". INGAT, ADDON DOMAINS BUKAN SUBDOMAINS (meski kita tujuannya membuat subdomain)
    3. di form addon domains, tulislah subdomain yang dikenedaki. misalnya (untuk kasus saya) adalah lik.sodikin.com
    4. setelah berhasil membuat domain baru berupa subdomain, lanjutkan dengan klik "Advanced Zone Editor"
    5. muncul tulisan "Select a Domain", pilihlah subdomain yang baru dibuat tadi (kasus saya: lik.sodikin.com)
    6. lihat IP Address yang tertera dan catat. IP Address ini nanti berfungsi untuk mengarahkan subdomain ke hosting.

    Proses kedua: client area domain

    Saat disini, yang perlu dilakukan adalah:
    1. tentu saja login ke client area domain yang kita punya
    2. pilih domain yang akan dibuat subdomainnya. Misalnya sodikin.com (untuk kasus saya)
    3. pada tanda drop down (panah tanda kebawah) klik "kelola domain"
    4. lanjutkan klik DNS Management
    5. proses seterusnya adalah menambahkan A Record. maka klik "Add New Record"
    6. ada dua tahap penambahan A Record
    7. di form yang tersedia, pada bagian "Domain" tulislah subdomain yang dikehendaki tanpa www. contoh "lik" tanpa tanda kutip.
    8. pada bagian TTL isikan dengan angka 14400
    9. pada bagian Record Type, pilih "A"
    10. pada bagian IP or Hostname isikan dengan IP Address yang sebelumnya telah dicatat dari cpanel tadi
    11. akhiri dengan klik "Add Record".
    12. setelah berhasil menambahkan record baru, ulangi langkah 7, 8 , 9, 10, 11 untuk menambahkan satu A Record lagi. Tetapi  terdapat sedikit perbedaan pada bagian "Domain". Jika pada tahap pertama ditulis tanpa www, kali ini tambahkan www di depannya (contoh kasus saya: www.lik)
    13. akhiri dengan klik "Add Record"

    Selesai sudah tahapan yang dibutuhkan untuk membuat dan mengarahkan subdomain ke Hosting berbeda registra atau tempat membeli. Yang perlu dilakukan adalah menunggu proses propagasi. Biasanya tidak terlalu lama (kurang lebih 15-20 menit). Namun untuk kaksus tertentu bisa lebih lama.

    Mengapa menambahkan A Record-nya dua kali. Tujuannya adalah agar subdomain yang kita buat bisa diakses dengan www atau tanpa www.

    Demikian tutorial cara membuat dan mengarahkan subdomain ke Hosting berbeda registrar atau tempat membeli.

    Tutorial ini sengaja dibuat dengan tidak menyertakan gambar. Karena dibawah ini akan disertakan video untuk lebih memperjelas.

    No comments:

    Post a Comment

    sodikin.com adalah blog pribadi yang diterbitkan oleh Sodikin Masrukhin. Ia seorang guru yang suka ngeblog di sela waktu senggangnya. Ada banyak hal yang bisa dibaca dan dinikmati dalam blog ini.
    Blog ini berisi tips dan cara, catatan, renungan dan hal lain yang bermanfaat. Pembaca boleh memanfaatkan konten blog ini untuk hal-hal yang bermanfaat. lanjut»»

    Indonesiaku