• 5 Terbaru

    February 5, 2017

    Solusi Font Awesome Tidak Muncul DI Firefox Dan Chrome

    Solusi Font Awesome Tidak Muncul DI Firefox Dan Chrome

    Solusi Font Awesome tidak muncul di Firefox dan Chrome sebagai judul posting blog saya kali ini. Mengapa saya membuat posting ini? Jawabannya simpel, karena di blog sodikin.com font awesome-nya tidak mau nongol ketika dibuka di browser Firefox dan Chrome dan mau menampakkan diri ketika di buka di Opera.

    Ketidakmunculan Font Awesome di Firefox dan Chrome dalam kasus blog saya tersebut saya carikan solusi dengan melaporkan kasus ini kepada pembuat template. Kebetulan saya menggunakan template CB Style paid version buatan ContohBlog.Com. Kemudian dicek olehnya dan ternyata font awesome-nya terlihat di kedua browser tersebut. Dan untuk meyakinkan saya disertakan juga screenshot sebagai bukti. Kemudian saya bertanya-tanya, kenapa bisa menghilang itu font awesome di kedua browser tersebut. Dan anehnya, blog-blog lain font awesome-nya pada mau muncul meski saya akses melalui dua browser itu juga.

    Rupanya, blog saya yang font awesome-nya tidak muncul adalah blog dengan template dari contohblog. Karena penasaran, saya coba buka blog demo buatan contohblog. Hasilnya ternyata sama tidak nongol. Sementara ketika saya buka blog saya yang lain dengan template berbeda, font awesome-nya terlihat dengan baik.

    Kemudian, saya coba bandingkan template keduanya pada bagian script font awesome. Ternyata ada sedikit perbedaan. Pada template buatan ContohBlog tidak ada https:, sedangkan pada template lainnya ada seperti di bawah ini:

    template CB STyle:

    Template lain yang saya punya:

    Dan setelah script https: saya tambahkan pada template CB Style, font awesome di blog sodikin.com menampakkan diri dengan baik.

    Kesimpulan saya, script font awesome pada loadCSS tanpa https: di browser lain tidak masalah tetapi di kedua browser yang saya punya menjadi masalah. Kebetulan saya menggunakan firefox dan chrome terbaru. Jadi kemungkinannya, script aslinya tidak support di browser terbaru dan support di versi lawas.

    Dan setelah saya tambahkan https: ternyata tidak terjadi masalah dengan font awesome-nya. Padahal sebelumnya hanya berupa kotak-kotak yang tak tidak jelas.

    Pengalaman saya ini ternyata juga sudah banyak yang menulisnya dan dishare di blog. Jadi apa yang saya tulis ini menambahkan informasi kepada pembuat atau pengembang template supaya menuliskan script https: atau bisa jadi http: sesuai dengan url aslinya.

    Dan bila script source diletakkan di bagian head maka menurut blogger lain jadi seperti ini:

    <link href='https://netdna.bootstrapcdn.com/font-awesome/4.0.3/css/font-awesome.css' rel='stylesheet' type='text/css'/>

    Demikian informasi pengalaman mengenai Solusi Font Awesome Tidak Muncul DI Firefox Dan Chrome.

    No comments:

    Post a Comment

    sodikin.com adalah blog pribadi yang diterbitkan oleh Sodikin Masrukhin. Ia seorang guru yang suka ngeblog di sela waktu senggangnya. Ada banyak hal yang bisa dibaca dan dinikmati dalam blog ini.
    Blog ini berisi tips dan cara, catatan, renungan dan hal lain yang bermanfaat. Pembaca boleh memanfaatkan konten blog ini untuk hal-hal yang bermanfaat. lanjut»»

    Indonesiaku