Ngantar Anak Mondok

Setelah lulus MI Muhammadiyah Gembong, Purbalingga,
anakku aku daftarkan di Pondok Pesantren modern Zam-Zam Cilongok Banyumas.

Aku Suka Motret

Meski aku seorang guru Madrasah, tetapi aku punya hobi fotografi

Belajar Digital Imaging

Temans, aku juga suka lho belajar digital imaging.
Itu tuh edit-edit gambar, olah gambar, atau gabung beberapa gambar

Tips Memiliki Rumah Asri

Tips Memiliki Rumah Asri – Bagi sebagaian orang, mempunyai rumah idaman tidak cukup hanya dengan bagunannya yang bagus dan mewah. Rumah idaman adalah rumah yang tampak indah dan asri bila dipandang. Sehingga terkesan menyejukkan hati bagi yang memandang dan terlebih bagi penghuninya.

Rumah dengan hamparan taman yang luas dan indah memang menjadi impian banyak kalangan. Hal tersebut dikarenakan efek psikis yang ditimbulkan memang luar biasa. Dengan model rumah seperti itu maka siapapun yang menghuninya akan terbawa suasana sejuk, damai, nyaman, ceria, dan menyenangkan.

Mungkin Anda akan berkomentar, “itu kan, kalau mempunyai lahan yang luas. Bagaimana dengan orang yang tinggal di pemukiman padat? Bagaimana pula dengan rumah dengan halaman yang sangat sempit?”

Sesungguhnya, tidak ada yang menghalangi bagi siapapun untuk mempunyai rumah dengan suasana sejuk, damai, nyaman, ceria, dan menyenangkan. Demikian juga, lahan yang terbatas dan halaman rumah yang sempit bukan hambatan untuk memiliki rumah dengan suasana yang asri dan menyejukkan asal tahu tipsnya. Maka terkait dengan hal ini, sodikin.com menyajikan tulisan ini dengan judul Tips Memiliki Rumah Asri.

Apakah Anda mempunyai lahan yang sempit dan terbatas di rumah? Lahan yang Anda miliki tersebut dapat dimanfaatkan sebaik-baiknya guna menciptakan suasana yang hijau dan asri. Untuk tujuan itu, yang Anda perlukan adalah mengetahui Tips Memiliki Rumah Asri di lahan sempit serta cara dan teknik berkebun yang tepat dalam melakukannya.

Tips Memiliki Rumah Asri dengan halaman dan lahan yang sempit menjadi sangat penting untuk diketahui mengingat hal ini sangat cocok dengan suasana lingkungan perumahan di perkotaan. Maka apabila tema yang diangkat adalah "Urban Farming",  sebuah keniscayaan bila Anda memahami Tips Memiliki Rumah Tampak Asri tersebut.

Untuk Anda yang tinggal di apartemen atau perumahan yang hanya mempunyai lahan yang tidak banyak, maka tidak perlu risau. Dengan sedikit sentuhan kreativitas, Anda dapat menciptakan lingkungan atau suasana tempat tinggal Anda yang hijau dan asri tanpa menyingkirkan nilai estetika hunian Anda. Di sinilah pentingnya memahami Tips Memiliki Rumah Asri.

Tips Memiliki Rumah Tampak Asri


Yang dimaksud dengan tips memiliki rumah tampak asri adalah cara dan teknik bertaman yang baik dan tepat agar lahan sempit yang dimiliki dapat menciptakan suasana nyaman, sejuk dan asri.

Jika Anda benar-benar terkendala oleh lahan yang sempit maka manfaatkanlah teras rumah. Ya teras rumah. Teras rumah Anda dapat disulap menjadi taman indah yang asri dan hijau untuk menggantikan fungsi halaman.

Tanaman yang diletakkan di teras dapat menambah situasi indah, asri, dan nyaman. Tanaman apa yang sesuai untuk teras ? tentukan tanaman yang memiliki sifat indoor yaitu yang tak dapat terkena sinar matahari. Umpamanya adalah draecena, sri rejeki, kuping gajah, palem wregu, suplir, pakis.

Tanaman-tanaman penghias teras baiknya diletakkan didalam pot. besar dan bentuk pot juga disesuaikan dengan besarnya tempat teras. seandainya ukuran teras cukup luas baiknya diberi pot-pot yang besar. namun, bila lahannya sempit, potnya juga yang kecil atau ramping dan janganlah menempatkan tanaman sangat ramai.

Supaya kegiatan di teras tak terganggu, baiknya jumlah pot dan tanaman yang dipajang tak terlalu banyak. Peletakan pot yang paling tepat adalah pada sudut-sudut saja dengan tanaman yang meninggi. Dibagian depan teras dapat diberi tanaman yang menggantung layaknya bunga anggrek. Pastilah bila hendak memajang tanaman gantung mesti mempertimbangkan kegiatan yang sering dikerjakan di teras tersebut.

Supaya terkesan bersih, warna pot di teras baiknya seragam. Sebagai contoh adalah warna hijau semua. Penggunaan pot yang berwarna-warni bisa saja seandainya pilihan warnanya sesuai. Selanjutnya disarankan, agar teras terlihat bersih dan tanaman lebih terawat baiknya memakai mantel pot. mantel pot ini untuk melindungi agar pot yang terlihat dari luar tak berlumut. Jadi, ada dua pot yaitu pot yang didalam untuk menanam tanaman dan pot yang di luar yang berperan menjadi mantel pot agar terkesan bersih terus.

Jika Anda memakai mantel pot, satu perihal yang mesti diingat yaitu pot yang didalam mesti lebih pendek dengan pot yang diluar agar terlihat lebih cantik.

Permasalahan peletakan tanaman ini berlaku di teras depan ataupun belakang. Adapun untuk teras belakang umumnya digunakan istirahat dan fungsinya lebih berbentuk untuk keluarga. Sebab itu, baiknya diletakkan sejenis dipan atau seperangkat kursi santai yang ada busanya dan bahannya yang gampang dicuci atau dibersihkan. Tanaman untuk teras belakang ada baiknya jika tanaman buah-buahan, supaya dapat dinikmati keluarga. Jikalau teras belakangnya sempit, barangkali diberi tanaman buah didalam pot dan tanaman hias berikutnya.

Sebab sifat tanaman teras yang tak tahan terhadap sinar matahari dan dapat rimbun daunnya, maka hal tersebut sangat membutuhkan perhatian yang khusus. Supaya tanaman terus segar dan hijau setiap harinya perlu disiram agar kelihatan dan tampak lebih cantik, mengkilap layaknya diberi minyak.  Bila memungkinkan, paling tidak seminggu sekali hendaknya daunnya dilap satu per satu memakai busa dengan santan segar.

Selain itu, diberi pupuk secukupnya dan janganlah banyak-banyak dan disemprot anti hama 1 bulan sekali. Jika tanaman belum lama alias baru ditanam, maka janganlah langsung diberi pupuk supaya tak mati. Pemberian pupuk terhadap tanaman baru, sekurang-kurangnya seminggu atau 1 bulan sesudah ditana.

Demikian artrikel tentang Tips Memiliki Rumah Asri. Saya berharap artikel dengan tema Tips Memiliki Rumah Asri ini bermanfaat dan memberikan inspirasi bagi Anda.
Advertisemen 336x280
Disqus Comments

ABOUT

Tentang Admin & Blog
About

CONTACT

Hubungi kami disini
Hubungi

PAYMENT

Cara pembelian template di Goomsite
Privacy

Disclaimer

Pasang iklan Anda di Blog kami
Disclaimer

Catatan Kang Sodikin

sodikin.com merupakan catatan dan pikiran Kang Sodikin di waktu senggang dan tidak sedang melakukan apa-apa. Bisa juga merupakan hasil lamunan yang tidah jelas arahnya...he he...

NEWSLETTER SIGNUP

Trending Sepekan