• 5 Terbaru

    March 3, 2017

    Cara Berhemat Air Di Rumah

    Cara Berhemat Air Di Rumah

    Kiat dan cara berhemat air harus diketahui oleh semua orang, baik di rumah atau di kantor dan atau dimanapun. Faktanya, banyak yang melakukan pemborosan air dalam pemakaiannya. Jangankan untuk kepentingan mandi dan cuci, dalam berwudhupun banyak yang menggunakan air secara berlebihan.

    Air merupakan sahabat setia di rumah, terlebih ketika berhadapan dengan semua yang serba kotor. Kalau sudah demikian maka airlah satu-satunya benda yang dibutuhkan. Sebab rasanyanya tidak cukup bersih hanya dengan mengelap benda-benda kotor, tetapi harus mencucinya dengan air. Walau demikian, pemborosan atau berlibihan dalam menggunakan air merupakan langkah tidak bijak dan harus segera dihentikan.

    Kita bisa melakukan penghematan terhadap semuanya, termasuk air. Dengan berhemat air, sesungguhnya kita telah melakukan penghematan hal-hal lainnya. Sebagai contoh, jika dalam menggunakan air memanfaatkan jasa maka berarti Anda telah menekan biaya bulanan yang harus dibayarkan terhadap PDAM. Dan jika Anda memakai air dari sumur, maka berhemat air sama dengan menghemat biaya yang harus disetorkan ke PLN karena penggunaan listrik.

    Baca: Cara Mengarahkan Subdomain Ke Hosting Berbeda Registrar

    Ada banyak cara atau kiat yang bisa kita terapkan dalam menghemat penggunaan air di rumah. Berikut ini adalah kitanya:

    1. Dalam penggunaan mesin cuci, gunakan dengan memanfaatkan kapasitas penuhnya. Dengan seperti itu, Maka Anda akan dapat memanfaatkan air secara efisien.

    2. Ketika mandi, janganlah berlama-lama. Jika Anda mandi menggunakan shower, maka gunakanlah semprotan air yang lemah sehingga bisa terhemat air berliter-liter dalam tiap menitnya. Memang, mandi dengan pancaran air yang kencang bagi sebagian orang terasa lebih mantap dan menyegarkan. Tapi, air yang dipancarkan juga 'mantap' banyaknya.

    3. Jangan membiarkan air menetes dari kran atau pipa bocor. Tutp dengan rapat setiap kali selesai menggunakan kran. Dan bila pipa bocor maka segeralah perbaiki. Dengan memperbaiki kebocoran air akan dapat menghemat puluhan ribu liter air dalam tiap tahunnya.

    4. Jjangan membiasakan air terbuang percuma. Jika air yang terbuang tersebut bisa digunakan maka manfaatkanlah. Sebagai contoh, jika Anda mencuci buah atau sayuran yang hendak dikonsumsi dengan menggunakan air keran maka jangan dibiarkan air yang mengalir dari keran terbuang percuma. Tampunglah air tersebut dan gunakan untuk menyiram tanaman. Begitupun dengan air akuarium ketika Anda menguras dan mencucinya. Curahan air hujan dari talang bisa ditampung atau diarahkan pada pohon-pohon dan tanaman yang ada di taman atau halaman rumah Anda.

    5. Agar air menjangkau tanaman secara lebih baik maka siangilah tanah kebun dan taman Anda dengan teratur.

    6. Jika Anda menggunakan sprinkler dalam menyiram tanaman di kebun atau taman dan juga pot maka pastikan alat semprot tersebut menyirami tanamannya dengan tepat dan bukan jalanan atau bagian yang tak membutuhkan penyiraman.
    Demikian cara dan tips atau kiat berhemat air, gampang kan? semoga bermanfaat dan selamat mencoba kiat dalam menghemat air. Dengan menghemat air berarti kita turut serta dalam menyelamatkan lingkungan dan juga berarti mengamalkan ajaran Agama, yaitu tidak boros dan berlebihan.

    No comments:

    Post a Comment

    sodikin.com adalah blog pribadi yang diterbitkan oleh Sodikin Masrukhin. Ia seorang guru yang suka ngeblog di sela waktu senggangnya. Ada banyak hal yang bisa dibaca dan dinikmati dalam blog ini.
    Blog ini berisi tips dan cara, catatan, renungan dan hal lain yang bermanfaat. Pembaca boleh memanfaatkan konten blog ini untuk hal-hal yang bermanfaat. lanjut»»

    Indonesiaku