• 5 Terbaru

    April 14, 2018

    Bahaya dan Efek Banyak Duduk Pada Kesehatan Jantung

    Bahaya Banyak Duduk Pada Kesehatan Jantung
    Bahaya dan Efek Banyak Duduk Pada Kesehatan Jantung - Apakah Anda termasuk orang yang terlalu banyak duduk dan jarang bergerak? Jika ya, maka Anda wajib waspada karena terlalu banyak duduk dan jarang bergerak sangat berpengaruh pada kesehatan Jantung Anda. Banyak duduk mempunyai efek negatif bagi kesehatan jantung.

    Ada dua kemungkinan sebab jika Anda adalah orang yang terlalu banyak duduk. Pertama, Anda adalah orang yang suka bermalas-malas, menonton TV dan tidak mempunyai aktifitas yang lain. Atau kedua, Anda mempunyai pekerjaan yang memang mengharuskan Anda duduk di belakang meja. Apapun penyebabnya, Anda tetap harus waspada terhadap rutinitas duduk ini. Anda harus paham bahwa ada Bahaya dan Efek Banyak Duduk Pada Kesehatan Jantung.

    Oleh karena itu, untuk mengurangi bahkan mengeliminir Bahaya dan Efek Banyak Duduk Pada Kesehatan Jantung, jangan melakukan duduk terlalu lama. Jika Anda menginginkan jantung Anda sehat, maka aktif dan perbanyaklah aktifitas serta bergerak. Orang-orang yang banyak banyak bergerak memiliki resiko timbunan lemak pada organ jantung lebih sedikit jika dibandingkan dengan orang yang terlalu lama duduk dan tidak bergerak.

    Fakta tentang Bahaya Banyak Duduk Pada Kesehatan Jantung

    Lemak yang terlanjur menempel pada jantung sangatlah berbahaya. Lemak yang merupakan Efek Banyak Duduk Pada Kesehatan Jantung ini akan sulit dihilangkan meskipun orang yang bersangkutan kini mulai rajin melakukan aktifitas bergerak dan berolahraga.

    Dari hasil penelitian yang telah dipaparkan dalam sebuah pertemuan American Heart Association, dilaporkan bahwa tim peneliti telah melakukan CT Scan atau oemindaian terhadap lebih dari 500 orang usia lanjut yang tidak banyak melakukan kegiatan bergerak alias hanya menghabiskan waktunya dengan duduk-duduk. Hasil dari CT Scan adalah bahwa mereka mempunyai timbunan lemak yang banyak di area sekitar jantungnya.

    Perlu diketahui bahwa meskipun manusia telah melakukan aktifitas bergerak seperti berolahraga setiap hari, akan tetapi jika manusia melakukan aksi duduk sesudahnya selama 6-8 jam dalam setiap harinya maka akibatnya tetap saja buruk.

    Ada beberapa jenis lemak yang ditemukan pada tubuh para responden, yaitu lemak subkutan yang terdapat di bawah kulit, lemak visceral yang umumnya terletak pada area sekitar organ dalam, lemak intramuscular yang berada pada otot, lemak intrathoratic dan lemak pericardial yang menempel pada area seputar jantung.

    Baca juga: Fungsi Masjid Bagi Masyarakat

    Maka waspadalah terhadap Bahaya dan Efek Banyak Duduk Pada Kesehatan Jantung. Semakin bertambah lama kita melakukan aksi hanya duduk di setiap harinya maka kita akan menjumpai area timbunan lemak yang makin meluas di sekitar jantung. Jenis lemak pericardial sangat erat kaitannya dengan penyakit kardiovaskular. Lemak jenis ini jelas akan sangat mengganggu fungsi jantung dan dapat menyumbat atau menutup pembuluh darah.

    Saran terkait Bahaya dan Efek Banyak Duduk Pada Kesehatan Jantung

    Mengingat aktifitas olahraga kurang efektif untuk menghilangkan lemak pericardial, maka sangat disarankan agar kita lebih konsentrasi melakukan dua hal, yaitu berolahraga dengan cukup dan juga mengurangi waktu duduk dalam setiap harinya dengan banyak melakukan aktifitas bergerak.

    Untuk Anda yang aktifitas bekerjanya lebih banyak dilakukan dengan duduk maka sangat disarankan untuk selalu memanfaatkan sekecil apapun kesempatan untuk sekedar bangkit dari kursi dan sedikit bergerak. Sebagai contoh aktifitas yang dapat dilakukan adalah berjalan-jalan sebentar dalam rentang waktu dua jam sekali, naik turun tangga sekedar untuk menggerakkan otot, atau Anda berjalan  mendekati rekan kerja saat membutuhkannya dengan langsung daripada menggunakan tetepon untuk menghubunginya.

    Baca juga: Menikmati Kemudahan Fitur PayTren

    Demikian artikel tentang Bahaya dan Efek Banyak Duduk Pada Kesehatan Jantung. Semoga memberikan manfaat apa yang tertulis dalam posting Efek Banyak Duduk Pada Kesehatan Jantung ini.

    3 comments:

    1. wah infonya manfaat sekali pak..intinya harus diimbangi degan berjalan atau olahraga yg cukup ya

      ReplyDelete
    2. dulu saya sering olahraga, tapi sekarang lebih banyak duduk. bahaya nih...
      terima kasih pak sodikin infonya, ini membuat saya harus lebih berolahraga lagi seperti dulu..

      ReplyDelete
    3. Wah ternyata beresiko besar ya?!

      ReplyDelete

    sodikin.com adalah blog pribadi yang diterbitkan oleh Sodikin Masrukhin. Ia seorang guru yang suka ngeblog di sela waktu senggangnya. Ada banyak hal yang bisa dibaca dan dinikmati dalam blog ini.
    Blog ini berisi tips dan cara, catatan, renungan dan hal lain yang bermanfaat. Pembaca boleh memanfaatkan konten blog ini untuk hal-hal yang bermanfaat. lanjut»»

    Indonesiaku