Pentingkah Kesehatan Ibu dan Anak? Menjaga kesehatan sudah menjadi hal yang paling utama dalam hidup manusia. Dengan keadaan tubuh yang sehat, maka Anda bisa melakukan berbagai aktifitas tanpa adanya hambatan yang bisa memperlambat segala hal yang sedang atau akan Anda lakukan. Tubuh yang sehat menjadi salah satu modal penting agar Anda bisa menjalani hidup dengan bahagia.

pentingkah-kesehatan-ibu-dan-anak

Bagi seorang ibu hamil menjaga kesehatan tubuh merupakan suatu pekerjaan yang sangat mulia. Dengan sehatnya tubuh si ibu, maka bayi yang ada dalam kandungan juga akan sama sehatnya. Ibu yang menjaga kesehatan dirinya telah ikut serta dalam mejaga kesehatan dua makhluk hidup yang ada di dunia ini. Oleh karena itu, kesehatan ibu maupun anak yang berada di dalam kandungan sangatlah penting untuk bisa menunjang kehidupan agar bisa terus berlangsung. Kesehatan ibu maupun anak, akan terjaga dengan baik jika dilakukan perawatan yang sesuai denngan keadaaan si ibu dan anak.

Dalam fakta ada sekitar 6.6 juta balita yang ada di seluruh dunia tidak bisa bertahan hidup hingga umur yang ke 5 tahun. Terdapat banyak penyebab yang membuat balita-balita ini tidak bisa bertahan hidup lebih lama di dunia. Salah satu faktor yang membuat hal ini terjadi ialah kurangnya gizi bagi balita tersebut. Jika seorang balita kekurangan gizi, maka efek yang ditibulkan akan sangat berpengaruh bagi perkembanagan si balita tersebut. Jika kebutuhan gizinya tidak tercukupi, balita akan mengalami pelambatan pada pertumbuhan, bagian tubuh yang sangat pentinng bagi si balita tidak akan bisa berkembang dengan baik jika hal ini terjadi. Orang-orang dewasa harus bisa dalam menangani permasalahan gizi ini. Baca juga: Kunci Kebahagiaan Bekerja Karyawan

Tingkatan kesehatan balita juga menjadi salah satu faktor yang bisa menyebabkan angka kematian balita meningkat. Beberapa orang tua dari balita terkadang lupa dan menyepelekan kesehatan dari si balita. Hal ini nantinya akan sangat berpengaruh bagi kesehatan si balita sendiri. Terkadang ada juga ibu yang malas untuk menjaga dan merawat kesehatan dirinya sendiri ataupun balitanya. Padahal, hal utama yang harus dilakukan ketika seorang memiliki balita adalah menjaga kesehatan dan kebersihan dari balita itu sendiri dan si ibu. Ayah di sini berperan sebagai pengingat dan penompang agar kesehatan ibu dan balita bisa terjamin dengan maksimal. Jika sang ayah selalu bisa merawat dan memperhatikan kedua orang yang penting tersebut maka, kemungkinan adanya balita yang meninggal akan bisa untuk lebih diminalisir.

Namun, ibu juga harus bisa menjaga kesehatan dan kebersihan diri sendiri dan balita tanpa hanya mengandalkan sang ayah saja. Hal yang perlu si ibu lakukan adalah seperti berikut ini :

Membersihkan tepat tidur untuk balita yang Anda miliki dan tempat tidur Anda sendiri setiap harinnya.

Saat popok atau pempes yang dikenakan balita sudah penuh dan balita sudah merasa tidak nyaman, ada baikknya untuk segera mengganti popok tersebut. Hal ini juga mencegah adanya iritasi yang akan menimbulkan penyakit bagi si balita. Pencemaran udara yang ada di ruangan yang didiami oleh si balita juga bisa terjaga dengan baik.

Setiap bulannya ibu harus rajin untuk mengikut sertakan blita untuk mengikuti pemeriksaan imunisasi. Jika si ibu lupa akan imunisasi tersebut maka ini merupkan tugas ayah untuk mengingatkan masalah imunisasi balita Anda terhadap ibu. Dengan mengikuti imunisasi secara rutin dan teratur, maka kesehatan balita maupun ibu bisa lebih terjamin.

Jiika Anda mendengar balita Anda menangis, sebaiknnya jangan biarkan balita Anda tersebuut menagis terlalu lama.

Pemberiaan asi yang teratur dan sesuai dengan kebutuhan balita juga harus diperhatikan. jika balita tersebut mendapatkan asupan asi yang cukup, maka perkembangan balita tidak akan pernah terhambat, jika perlu Anda juga bisa memberikan vitamin tambahan untuk balita Anda sesuai dengan yang dianjurkan oleh bidan yang menangani masalah Anda dan balita. Baca juga: Yuk Buat Camilan Spesial Macaroni Fritatta dan Boku Pandan

Ketika si ibu sedang akan menyusui balita, harus sangat diperhatikan kebersihan dari diri si ibu. Jangan sampai jika si ibu sedang sakit atau tidak bersih saat menyusui balita, malahan akan menimbulkan penyakit yang serius bagi balita yang sedang disusui.

Jika suatu saat balita Anda megalami demam, maka hal yang harus Anda lakukan adalah segera membawa balita Anda tersebut ke dokter ataupun bidan yang biasanya menangani balita Anda.

Area yang biasanya digunakan untuk bermain balita harus dihindarkan dari debu dan asap rokok. Jadi para ayah sebaiknya dan jangan pernah merokok di dekat balita Anda, hal ini akan sangat berpengaruh untuk kesehatan dari si balita. Ibu juga harus rajin dalam membersihkan ruangan yang biasanya digunakan balita untuk bermain.

Jadi begitulah cara yang benar untuk menjaga kesehatan anak dan ibu. Jika kedua orang tersebut terjaga kesehatannya, Anda tidak perlu khawatir lagi akan banyaknya hal yang bisa saja mempengaruhi tumbuh kembang bayi maupun ibu. Dalam hal ini, dapat disimpulkan jika, menjaga kesehatan ibu dan anak sangatlah penting.

Demikian catatan Kang Sodikin tentang Pentingnya kesehatan bagi ibu dan anak di sodikin.com.

0Komentar

Sebelumnya Selanjutnya