CARA RISET KEYWORD UNTUK MENCARI IDE KONTEN BLOG

Cara riset keyword kata kunci untuk mencari ide konten blog. Tools Untuk Analisa Kata kunci (keyword).
Kang Sodikin

CARA RISET KEYWORD UNTUK MENCARI IDE KONTEN BLOG

cara-riset-keyword-untuk-mencari-ide

Analisa kata kunci (keyword) seringkali jadi trick ampuh saat alami deadlock inspirasi posting. Diluar itu, analisa kata kunci (keyword) harus dikerjakan bila Teman dekat Qwords ingin mempunyai web/website dengan beberapa traffic yang dapat tingkatkan kekuatan penjualan. Sayangnya, tidak beberapa blogger yang tahu bagaimanakah cara analisa kata kunci (keyword) yang benar dan baik hingga artikel yang dicatat terkadang kurang maksimal.

Lalu, apa dampak dari artikel yang kurang dioptimalkan? Diantaranya yaitu artikel akan susah masuk di halaman pertama Google. Jadi penulis pasti Anda tidak ingin alami nasib demikian kan?

Kata kunci (keyword) atau keyword adalah satu atau serangkaian beberapa kata yang diketikkan oleh pemakai dengan arah untuk memperoleh info dari web yang berada di internet. Contoh dari kata kunci (keyword) contohnya “Cara membuat web WordPress”, “Hosting Indonesia terbaik”, atau “Beli domain”

Dalam arti digital marketing kata kunci (keyword) dibedakan jadi dua type, yaitu paid kata kunci (keyword) serta organic kata kunci (keyword). Sama dengan namanya, paid kata kunci (keyword) adalah keyword berbayar yang ada dari iklan. Sedang organic kata kunci (keyword) ialah keyword yang dengan alami datang dari pengunjung tanpa ada butuh keluarkan uang.

Cari kata kunci (keyword) yang banyak dicari memang gampang-gampang susah. Anda dapat temukan kata kunci (keyword) long tail atau short tail yang banyak dicari sekaligus juga rendah persaingan lewat beberapa langkah. Berikut ini telah kami kumpulkan panduan serta panduan langkah analisa kata kunci (keyword) memakai beberapa tool bila Anda tertarik untuk mempelajarinya.

Panduan Analisa Kata kunci (keyword) yang Pas


1. Konsentrasi Pada Long Tail Kata kunci (keyword)

Bila Anda sedang meningkatkan website baru semestinya Anda lebih konsentrasi untuk membidik kata kunci (keyword) panjang dengan tenggang dari mulai 4 sampai 6 kata. Penentuan kata kunci (keyword) yang digolongkan jadi Long-tail itu mempunyai tujuan supaya web Anda langsung bisa masuk ke page one Google sebab umumnya sedikit yang membidik kata kunci (keyword) itu.

Lepas dari itu, long-tail kata kunci (keyword) sedikit banyak pula dapat membuat ciri-ciri pembaca di web Anda. Masalahnya infrormasi info yang diberikan lebih detil dan terancang sesuai dengan apa yang sedang dicari pemakai.

2. Banyak Membaca & Bercakap dengan Orang Lain


Langkah berikut dapat Anda kerjakan dimana saja serta kapan saja. Jadilah pendengar yang baik serta cerna setap persoalan / kepentingan yang sedang banyak diperlukan oleh orang lain. Sesudah bertemu, selanjutnya Anda dapat memberi respon jadi jalan keluar atas permasalahan itu. 

Baca juga: Tips mencegah pertengkaran menjelang pernikahan setelah membaca Cara riset keyword kata kunci untuk mencari ide konten.

3. Tetapkan Prioritas Kata Kunci Berdasar Type Content

Salah satunya panduan paling tepat dalam lakukan analisa keyword ialah mengetahui karakter content web selanjutnya memastikan prioritas. Saat memakai tools jadi alat analisa kata kunci (keyword) pasti Anda akan temukan info seperti volume penelusuran, tingkat kompetisi / kata kunci (keyword) difficult, sampai arah.

Walau seringkali diacuhkan, tetapi cara ini sebetulnya cukup ampuh bila diaplikasikan. Misalnya, bila Anda adalah satu orang pelapak digital karena itu cara utrutan analisa keyword yang perlu Anda prioritaskan ialah volume penelusuran, selanjutnya tujuan serta arah (intent), lalu baru tingkat kompetisi. Beda bila Anda mempunyai web layanan, karena itu cara analisa yang dipakai semestinya mengutamakan pada tujuan & arah, volume penelusuran, baru tingkat kompetisi.

Lalu, bagaimana bila web yang dipakai mempunyai type informatif seperti website untuk cari uang di Internet lewat Adsense? Untuk ide web semacam itu semestinya memakai cara analisa yang memprioritaskan besar volume penelusuran, selanjutnya tingkat kompetisi, serta yang paling akhir intent.


Tools Untuk Analisa Kata kunci (keyword)

Telah tahu ingin dibawa ke mana arah web Anda? Yuk, langsung kita praktikkan ilmunya dengan panduan analisa keyword di bawah ini.

1. Langkah Analisa Kata kunci (keyword) Gratis Memakai Ubersuggest


Ubersuggest bikinan Neil Patel adalah salah satunya tools analisa kata kunci (keyword) gratis yang paling pas untuk kepentingan belajar beberapa pemula. Web ini didalamnya dapat memberi bermacam info dari mulai tren, volume pencarian, besaran CPC (Biaya Per Klik), PD (Paid Difficulty), dan SD (SEO Difficulty) yang umumnya jadi tanda penting dalam memastikan kekuatan artikel masuk dalam halaman pertama mesin perayap.

Untuk langkah lihat kata kunci (keyword) yang banyak dicari berada di kolom ke-2 antara tren serta CPC, sesaat untuk mempertimbangkan kesusahan dalam merangking artikel dapat disaksikan pada kolom paling kanan.

Berikut adalah beberapa langkah langkah memakai Ubersuggest:

  •  Masuk ke web https://neilpatel.com/ubersuggest/ 
  • Selanjutnya masukan inspirasi kata kunci (keyword) yang ingin dianalisa ke kolom paling kiri, janganlah lupa tetapkan negara/bahasa sebelum Anda mendesak tombol search.


Sampai di sini sebetulnya Anda bisa memperoleh inspirasi content untuk artikel. Namun, infonya masih berbentuk rangkuman yang belum detil. Bila Anda ingin memperoleh penambahan seperti hasil SERP terbaru serta keleluasaan untuk mengeksplore hasil penelusuran ke Microsoft Excel Anda dapat mengeklik pada salah satunya keyword. Saat ini waktunya Anda lakukan analisis pada inspirasi fundamen yang dianjurkan oleh Ubersuggest.

2. Langkah Analisa Kata kunci (keyword) Memakai Kata kunci (keyword) Tool


Tidak hanya Ubersuggest, Keywordtool.io jadi salah satunya web favorite untuk dapat temukan inspirasi content website yang banyak dicari. Tetapi, sayangnya versus gratis dari tools ini tidak dapat digunakan untuk melihat kandungan kompetisi antar kata kunci (keyword) di mesin perayap. Contohnya seperti volume pencarian, besaran CPC (Biaya per Klik), tren, sampai tingkat kompetisi pesaing.

Di bawah ini beberapa langkah langkah analisa kata kunci (keyword) yang pas memakai Kata kunci (keyword) Tool:

  • Pertama, masuk ke halaman https://keywordtool.io/
  • Ke-2, masukan inspirasi kata kunci (keyword) awal yang ingin di analisa. Untuk kesempatan ini kami memakai contoh keyword “Beli domain” untuk pencarian bahasa/ negara Indonesia. Kemudian, click search yang dtampilkan dengan lambang kaca pembesar berlatar warna orange.
  • Sampai di sini Anda telah memperoleh penampilan Ubersuggest berisi kelompok inspirasi berkaitan kata kunci (keyword) “Beli domain” tadi telah dimasukkan. Dengan deffault, Anda dapat pilih dari posisi teratas untuk memperoleh kata kunci (keyword) dengan volume pencarian tinggi.


Itu langkah analisa kata kunci (keyword) untuk memperoleh inspirasi artikel website. Lepas dari itu, Kata kunci (keyword) Tool dapat juga dipakai untuk meriset keyword di Youtube, Instagram, Twitter, BING, Amazon, eBay, serta sampai Play Store. Mengagumkan kan? 

Baca Konsep pemodelan perangkat lunak setelah membaca Cara riset keyword kata kunci untuk mencari ide konten.

3. Langkah Analisa Kata kunci (keyword) Simpel Memakai Google Suggest


Langkah analisa kata kunci (keyword) ini umumnya dikerjakan oleh beberapa blogger pemula atau yang telah profesional untuk cari judul artikel dengan cepat. Triknya yaitu dengan menuliskan kata kunci (keyword) hasil analisa dari tools seperti Ubersuggest atau Ahrefs untuk lihat keyword long tail yang ada.

Anda dapat mencobanya dengan masuk ke halaman google.com, lalu menuliskan kata kunci (keyword) “Hosting Murah”. Karena itu hasilnya Anda akan memperoleh pendapat seperti hosting murah Jogja, hosting murah Indonesia, atau hosting murah gratis domain selama-lamanya yang ada lewat tab dropdown sama dengan gambar di bawah ini.

Rangkuman Cara Riset Keyword untuk Mencari Ide Konten Blog


Langkah analisa kata kunci (keyword) di atas adalah salah satunya knowledge base yang dapat Anda pakai untuk beberapa jenis keperluan. Bukan sekedar terbatas pada inspirasi judul artikel, tetapi dapat juga digunakan untuk lakukan analisa produk yang sedang terkenal, tema web paling mungkin untuk mengantongi penghasilan dari iklan, sampai memonitor sejauh mana kapasitas web pesaing.

Demikian Cara riset keyword kata kunci untuk mencari ide konten blog. Semoga bemanfaat. Happy Blogging!

Kang Sodikin
Seorang blogger pemula dan penggemar fotografi makro. Belakangan, meski terbilang terlambat, sejak tahun 2017 mulai menekuni dunia blogging. Kang Sodikin suka berbagi informasi tentang banyak hal. Pengalaman pribadi dan dari hasil baca-baca dishare melalui blog sodikin.com ini. Mempunyai motto hidup "sekecil apapun, hidup harus memberi manfaat kepada orang lain"
Komentar
Silahkan berkomentar dengan bijak. Semoga komentar Anda berdampak pada kebaikan.