Ngantar Anak Mondok

Setelah lulus MI Muhammadiyah Gembong, Purbalingga,
anakku aku daftarkan di Pondok Pesantren modern Zam-Zam Cilongok Banyumas.

Aku Suka Motret

Meski aku seorang guru Madrasah, tetapi aku punya hobi fotografi

Belajar Digital Imaging

Temans, aku juga suka lho belajar digital imaging.
Itu tuh edit-edit gambar, olah gambar, atau gabung beberapa gambar

Pengalaman Menggunakan Template AMP

Hari ini, 13 Nopember 2018 jam 12:35 Catatan Kang Soodikin akan berbagi pengalaman menggunakan template AMP untuk Blogspot. Komentar pertamaku ketika install dan pakai adalah LUAR BIASA!. Ya luar biasa repotnya. Karena blogku yang mau aku ganti templatenya dengan AMP sudah berumur cukup lama. Jadi ada banyak script yang menyebabkan tidak valid AMP. Belum lagi jumlah tulisan yang juga sudah banyak.

Setelah install, mulanya seperti tidak ada masalah. Semua aman-aman saja. Tampilan OK dan sedap dipandang. Pokoknya puas hati. Setelah beberapa waktu, mulai dapat email dari google console yang memberitahuan tentang adanya masalah. Pertamanya satu dan aku pikir tidak apa-apa. Makin lama banyak pemberitahuan kesalahan dari google.

Akhirnya aku chek, apa saja yang dianggap salah atau tidak valid AMP. WOW... banyak banget. Dan kesalahan-kesalahan itu tidak dari templatenya, tetapi script yang nempel di posting dan sidebar atau sidebottom yang masukkan.

Di antara hal-hal yang dianggap tidak valid AMP adalah img, style, iframe, dan video. Dan tentu saja tidak hanya itu, tetapi masih banyak lagi. Aduhhhhh pusing aku. Sempat terbersit template blog aku kembalikan lagi ke non AMP. Setelah aku pikir, ah coba di perbaiki kesalahan-kesalahan yang ada agar punya pengalaman baru menggunakan template AMP untuk blogku.

butuh waktu lama untuk edit perbaikan tersebut. Bahkan kalau tidak salah sampai 3 hari lamanya. semua postingan aku edit satu persatu. edit script img, embed video youtube, embed video non youtube, iframe, menghilangkan style, recent post dan lain-lain. Bener-bener repot dah. Setelah perjuangan yang melelahkan akhirnya kelar juga.

Setelah semuanya selesai saatnya uji validitas template AMP dengan validator.ampproject.org. Dan PLONGGG rasanya ketika hasil uji kevalidan dinyatakan lolos alias VALID AMP.

Saran Penggunaan Template AMP


Berikut beberapa saran dari catatan kang sodikin sebelum menggunakan template AMP:
  1. Jika ada teman blogger yang ingin memakai template AMP, Sangat disarankan untuk blog baru saja. Semuanya dari nol sehingga semuanya normal. Jangan digunakan untuk blog lama jika tidak ingin repot edit berbagai kesalahan.
  2. Menggunakan template AMP disarankan juga untuk lebih telaten. Mengingat ketika insert images dan lain-lain ada sedikit perbedaan. Jadi tidak bisa sekedar insert saja langsung beres.... TIDAK. Harus nambah ini dan itu. 
  3. Perbanyak pengetahuan tentang kekhasan template AMP dengan browsing di sana sini. Ada banyak hal yang bisa dipelajari dari blogger berpengalaman.
Demikian pengalamanku ketika mengganti template blog dengan template AMP. wow seru pisan.
Advertisemen 336x280
Disqus Comments

ABOUT

Tentang Admin & Blog
About

CONTACT

Hubungi kami disini
Hubungi

PAYMENT

Cara pembelian template di Goomsite
Privacy

Disclaimer

Pasang iklan Anda di Blog kami
Disclaimer

Catatan Kang Sodikin

sodikin.com merupakan catatan dan pikiran Kang Sodikin di waktu senggang dan tidak sedang melakukan apa-apa. Bisa juga merupakan hasil lamunan yang tidah jelas arahnya...he he...

NEWSLETTER SIGNUP

Trending Sepekan