Fakta : Durian Tidak Mengandung Kolesterol Jahat. Selama ini banyak yang beranggapan bahwa buah durian mengandung banyak kolestrol. Tahukan Anda bahwa anggapan itu ternyata hanyalah mitos. Justru sebaliknya, buah durian banyak mengandung vitamin yang bermanfaat bagi tubuh dan kesehatan.

Rachel Olsen, seorang spesialis nutrisi di Medan, pada Kamis lalu menybutkan bahwa durian sama sekali tidak mempunyai kolesterol. Pendapatnya itu dinyatakan berdasarkan riset US National Library of Medicine. Bahkan, menurutnya durian banyak dan kaya akan kandungan gizi. Hal ini disebabkan pada setiap daging buahnya mengandung karbohidrat, protein, lemak baik, serat, vitamin dan sekaligus mineral.

akta-durian-tidak-mengandung-kolesterol-jahat-ldl

"Jadi durian adalah buah yang mempunyai komposisi nutrisi yang sngat baik untuk dikonsumsi di setiap hari," jelas Rachel Olsen, sebagaimana dikutip oleh sodikin.com dari Antara.

"Sehingga Anda tidak perlu khawatir untuk makan durian. Mengapa? karena kandungan gizi pada durian relatif lengkap bagi kebutuhan harian manusia," tambahnya.

Dalam daging durian terkandung vitamin A, B kompleks, C dan mineralnya sangat beragam. Mineral yang terkandung dalam durian misalnya kalsium, kalium, zat besi, sodium, mangan, zinc, dan fosfor. Kecuali itu, durian juga mempunyai anti oksidan yang cukup tinggi guna membantu dalam pencegahan penyakit kanker.

Meski durian sudah mempunyai nilai gizi yang bagus, tetapi mengonsumsi buah dan sayur yang berganti-ganti tetaplah dibutuhkan untuk memcukupi kebutuhan akan vitamin dan juga mineral harian.

"Sesungguhnya ketika kita telah rutin makan buah dan sayur, namun terkadang tubuh tidak mampu menyerap semua itu dengan optimal dikarenakan banyak faktor ," terangnya.

Di antara hal yang menyebabkan berkurangnya kandungan vitamin dan juga mineral dari sayur-sayuran dan buah adalah cara memasak ataupun mengonsumsinya yang tidak benar.

8 Fakta Sehat Buah Durian


Pembaca Catatan Kang Sodikin di sodikin.com, supaya Anda tidak salah kaprah mengenai manfaat sehat dari buah durian, di bawah ini ditunjukkan 8 fakta sehat buah durian, seperti yang ditulis dalam situs healthxchange.

1. Kaya akan nutrisi

Ada kabar gembira buat Anda para pecinta buah durian yang berbau menyengat ini. Durian sangat kaya akan serat, kalium, vitamin C, vitamin B kompleks dan zat besi. Buah yang sering disebut dengan raja buah ini sangat bagus untuk mengoptimalkan tekanan darah dan kekuatan otot.

Tidak cuma itu, buah durian juga sangat berguna untuk kesehatan kulit dan melancarkan buang air besar. Di samping itu, durian juga dapat mensupport meningkatkan kekebalan tubuh, meningkatkan dan mengoptimalkan pembentukan sel darah merah, dan sistem saraf.

2. Menyebabkan tubuh gemuk

Meski mengandung banyak nutrisi yang bermanfaat, terdapat satu fakta "pahit" yang perlu Anda ketahui dari buah durian ini. Dalam setiap satu kilogram buah durian terandung sebanyak 1.350 kalori. Menikmati satu kilogram buah durian sama saja Anda sudah mencukupi sebesar 68 persen kebutuhan akan harian kalori atau sebesar 2000 kalori yang disarankan untuk orang dewasa. Satu biji besar buah durian mengandung sebanyak 54 kalori.

3. Durian tak baik bagi penderita diabetes

Dapat dikatakan bahwa buah durian sangat tidak disarankan untuk dikonsumsi oleh Anda yang menderita diabetes. Mengapa? Karena dalam buah durian terkandung kadar gula yang lumayan tinggi. Gula sederhana seperti fruktosa, sukrosa, dan glukosa terkandung dalam buah durian.

4. Energi instan

Karbohidrat yang lumayan tinggi terkandung di dalam buah durian. Oleh karenanya buah durian dapat digunakan untuk mengembalikan energi rendah yang lebih cepat pada orang sehat. Adapun kandungan kalium dalam buah durian dapat membantu dalam mengurangi kelelahan dan juga mengusir stres atau kecemasan.

5. Non-kolesterol

Banyak orang menyangka bahwa buah durian merupakan sumber kolesterol tinggi. Namun faktanya, buah durian mempunyai kandungan lemak tak jenuh tunggal yang sangat baik untuk jantung. Kecuali itu, durian juga bagus guna menurunkan kadar kolesterol jahat (LDL).

6. Kombinasi manggis dan durian

Terdapat mitos yang menyebutkan bahwa manggis merupakan buah pendingin yang dapat mengurangi efek panas yang diakibatkan dari mengonsumsi buah durian. Faktanya, hingga sekarang ini belum ada studi ilmiah yang sudah membuktikan kebenaran akan hal itu.

7. Kombinasi durian dan alkohol sangat mematikan 

Meskipun kombinasi durian dan alkohol yang menyebabkan kematian dianggap sebagai mitos dan kenyatannya belum ada penelitian ilmiah yang sudah membuktikannya, Anda tetap harus hati-hati. Sangat disarankan Anda untuk tidak mengkonsumsinya. Fakta bahwa alkohol sangat merusak fisik dan mental adalah sebuah kebenaran. Oleh karenanya Tuhan pun melarang untuk mengkonsumsinya. Janganlah menggabungkan makanan yang halal dengan sesuatu yang haram dan dilarang oleh Tuhan.

Kecuali itu, mengonsumsi keduanya secara bersamaan akan menyebabkan gangguan pencernaan, perut kembung, dan rasa tidak nyaman yang dirasakan pada organ hati. Organ hati dipaksa bekerja dengan lebih keras untuk memetabolisme lemak dan gula tinggi yang terdapat dalam buah durian dan juga alkohol. terlebih jika Anda mengonsumsinya dalam jumlah yang banyak.

8. Tidak Meningkatkan libido

Buah durian dapat menyebabkan badan menjadi lebih panas, namun tidak pada buah afrodisiak. sehingga, buah durian tidak akan menyebabkan libido Anda ataupun pasangan menjadi meningkat.

Durian merupakan buah yang kaya akan kandungan nutrisi bila dikonsumsi dengan jumlah yang wajar. Buah ini akan mnsupport tubuh Anda dengan vitamin, mineral,  dan lemak sehat. Anda cukup menikmati 2-3 biji durian saja dalam sekali duduk. Sayangnya, terdapat banyak orang yang menjadi terlena dan sulit untuk berhenti ketika sudah mulai mengonsumsi buah durin.

Demikian Catatan Kang Sodikin dalam sodikin.com tentang Fakta : Durian Tidak Mengandung Kolesterol Jahat dan 8 fakta buah durian.

0Komentar

Sebelumnya Selanjutnya