Cara Memulai Sebuah Blog - Panduan Pemula untuk 2021

Cara memulai membuat sebuah Blog - Panduan bagi pemula untuk 2021
Kang Sodikin

Jadi, Anda ingin memulai blog ya? Ide yang hebat!

Tapi… bagaimana sih Anda memulainya? Ada begitu banyak info di luar sana di web, dan semua orang menyuruh Anda melakukan hal yang berbeda. Siapa yang kamu dengarkan? Dimana titik awalnya?

Sial, mungkin Anda harus melupakannya - ini terlalu membingungkan!

Baiklah, tunggu. Saya juga seorang pemula blogging. Saya memiliki masalah yang sama. Saya memulai blog saya ( sodikin.com ) sejak tahun 2016, dan saya tidak tahu apa-apa tentang blogging. Nyatanya, hanya seminggu sebelum saya mengetahui apa itu blog.

Sekarang saya tahu banyak tentang mereka, dan blog saya berjalan cukup baik - Saya menerima lebih dari 300.000 pengunjung unik per bulan yang membuat saya menganggap diri saya seseorang yang dapat Anda dengarkan dan pelajari ketika membangun blog Anda sendiri. Saya bukan semacam Guru , tapi saya pasti tahu dasar-dasarnya.

Saya berjanji itu akan sederhana , relatif mudah , dan pasti mudah dipahami (bukan jargon bodoh). Kedengarannya bagus?

Luar biasa, mari kita lanjutkan.

Mengapa Anda harus membuat blog dan bergabung dengan komunitas blogging

Jadi di bawah ini, saya akan menjelaskan dengan tepat apa yang perlu Anda lakukan untuk memulai dan membuat blog pribadi Anda sendiri . Sebelum kita menyelami, saya benar-benar ingin berbicara tentang MENGAPA Anda harus membangun blog.

Catatan : Jika Anda sudah memiliki gagasan yang kuat tentang mengapa, lewati ini dan lanjutkan dengan panduan.

  1. Blogging dengan cepat menjadi salah satu cara paling populer untuk mengkomunikasikan dan menyebarkan informasi dan berita. Ada jutaan blog daring (jangan khawatir, Anda dapat membuat blog Anda menonjol dan diperhatikan!).
  2. Ini cara yang bagus untuk mengekspresikan diri dan juga cara yang luar biasa untuk berbagi informasi dengan orang lain.
  3. Anda menjadi orang yang lebih baik dan penulis yang lebih baik.
  4. Alasan terbaiknya? Anda dapat menghasilkan uang dengan melakukannya!
Saya yakin Anda sudah tahu semua itu, tapi senang diingatkan.

Satu sangat hal terakhir sebelum kita mulai:
Membuat blog Anda sendiri bisa memakan waktu cukup lama, mungkin hingga 30 menit. Jadi ambillah kopi atau jus untuk diri Anda sendiri (apa pun yang Anda suka) dan mari kita lanjutkan. Jika Anda memerlukan bantuan selama proses penyiapan, hubungi saya di sini dan saya akan membantu sebaik mungkin dan menjawab pertanyaan Anda. mungkin).

Pengungkapan: Panduan untuk memulai blog Anda sendiri ini berisi beberapa tautan afiliasi. Jika Anda membeli layanan apa pun melalui salah satu tautan ini, saya dapat memperoleh komisi kecil, ini tanpa biaya tambahan bagi Anda.

Langkah-Langkah yang Dicakup Dalam Panduan Blogging Ini

Ini sama sekali tidak sesulit menyiapkan situs web dari awal (hanya ada sedikit kemampuan teknis yang diperlukan di sini). Faktanya, Anda tidak perlu membuat kode. Kabar baik, ya?
Jadi, kami berhasil. Fiuh. Lebih baik terlambat daripada tidak sama sekali! Jadi, tanpa basa-basi lagi, mari lompat ke langkah 1.

Langkah 1 - Pilih platform blog yang Anda sukai


Memilih di mana Anda ingin membangun blog adalah hal pertama yang harus Anda lakukan. Saya akan mengambil lompatan dan menganggap Anda pernah mendengar tentang WordPress, dan ini adalah platform yang saya anjurkan. Itu sangat besar .

Sejauh ini, ini adalah salah satu platform blog terbesar di dunia, dengan plugin dan add-on yang tak terhitung jumlahnya dan cara yang hampir tak terbatas untuk merancang dan mengatur tata letak blog Anda.

Ada lebih dari 82 juta pengguna aktif WordPress = banyak, pada dasarnya.

wordpress


Ada yang alternatif lain, bagaimanapun, dan mereka tercantum di bawah ini:
  • Blogger - Jelas hal terbaik berikutnya untuk WordPress.
  • Tumblr - Setengah jaringan sosial, setengah blog. Menarik, dan sangat mudah digunakan.
Meskipun WordPress lebih besar (dan mungkin lebih baik) daripada keduanya, berikut adalah alasan saya mengapa Anda tetap harus menggunakan WordPress :

  1. Pengaturan super mudah dan gratis untuk digunakan
  2. Banyak tema dan tata letak gratis (saya tidak bercanda, ada gazillions).
  3. Ada forum dukungan yang sangat besar jika Anda mengalami kebuntuan (Anda tidak mau, tetapi senang memilikinya di sana jika Anda membutuhkannya).
  4. Blog Anda akan menjadi sangat cepat dan juga akan terlihat Fungsi dan bentuk - sempurna!
  5. Orang dapat berinteraksi dengan Anda dengan mudah. Konten Anda dapat dibagikan, dikomentari, dan sebagainya.

Sekarang , Langkah 2 (lihat, kita sedang bergerak cepat sekarang!)

Langkah 2 - Hosting mandiri atau alternatif gratis?

Wah, pelan-pelan di sana! Ini adalah keputusan terbesar yang harus Anda buat sebelum kita melangkah lebih jauh. Anda perlu memutuskan apakah akan membayar untuk blog Anda atau mendapatkan yang gratis.

WordPress, Tumblr, dan Blogger semuanya menawarkan blog gratis untuk siapa saja. Luar biasa, bukan? Ini sempurna untuk kita yang tidak terlalu serius tentang blogging. Tapi itu tidak memiliki kelemahan :

1) Anda tidak akan bisa mendapatkan nama domain SENDIRI



Di blog gratis, alamat web blog Anda (URL Anda) akan sangat jelek. Seperti, sangat jelek. Singkatnya, buat blog gratis dengan layanan blog gratis lainnya di atas dan akan terlihat seperti ini:
  • bloganda.wordpress.com
  • bloganda.blogspot.com
  • yourblog.tumblr.com

Aku tahu, jelek kan?

2) Batasan dan batasan lainnya


Ada beberapa batasan untuk blog gratisan. Anda tidak dapat sepenuhnya memonetisasinya, dan Anda tidak memiliki kemungkinan untuk mengunggah semua video dan gambar yang ingin Anda tunjukkan kepada semua orang - semuanya terbatas. Lebih buruk lagi, Anda bahkan tidak akan memiliki akses ke tema gratis yang ditawarkan oleh WordPress.

3) Anda TIDAK MEMILIKI blog Anda


Mungkin terdengar konyol pada awalnya, tetapi Anda sebenarnya tidak memiliki blog Anda. Itu dihosting di properti web orang lain dan mereka dapat menghapusnya jika mereka mau. Mereka telah melakukannya di masa lalu, dan terus melakukannya di masa depan. Yang berarti semua kerja keras Anda di blog Anda, semua jam menulis posting blog yang tak terhitung jumlahnya itu mungkin lenyap dalam hitungan detik. Sedih…

Di sisi lain, dengan blog yang dihosting sendiri di nama domain Anda sendiri - Anda adalah pemilik NYATA dari blog Anda. Anda akan dapat memberi nama blog Anda apa pun yang Anda inginkan, misalnya, "NamaAnda.com" atau "YourAwesomeBlog.com. Anda dapat mengakhirinya dengan .com, .co.uk, .net, .org, atau hampir semua akhiran web lainnya. Tambahkan ke bandwidth tak terbatas itu untuk video, gambar, dan konten plus tema gratis dan Anda akan mendapatkan kombinasi kemenangan.

Jadi berapa hosting dan nama domainnya? Untungnya, tidak sebanyak yang Anda pikirkan. Biasanya menghasilkan sekitar $ 5 hingga $ 10 per bulan, tergantung pada penyedia hosting Anda yang kurang dari beberapa kopi.

Langkah 3 - Mulai blog di domain Anda sendiri (jika Anda memilih hosting sendiri dan domain kustom)

platform blogging wordpress

Saya akan melanjutkan berdasarkan premis yang Anda pilih WordPress, dan jika belum, Anda harus melakukannya. Serius, itu yang terbaik.

Jika Anda masih sedikit bingung dengan apa yang diri-host blog adalah , izinkan saya untuk menjelaskan dan bagaimana Anda dapat pergi tentang pengaturan satu untuk diri sendiri.

Anda harus membuat nama domain yang Anda suka dan juga memilih perusahaan hosting yang dapat menghosting blog Anda.
  • Domain: Domain pada dasarnya adalah URL situs web Anda. Contoh: google.com (Google.com adalah domainnya), Facebook.com (Facebook.com adalah domainnya). Lihat? Sederhana!
  • Hosting: Hosting pada dasarnya adalah perusahaan yang memasang situs web Anda di internet sehingga semua orang dapat melihatnya. Semuanya akan disimpan di sana. Anggap saja sebagai hard-drive komputer di internet tempat blog Anda akan disimpan.

Pengungkapan: Saya merekomendasikan menggunakan Niagahoster untuk web hosting. Jika Anda mengklik salah satu link saya dan melakukan pembelian, saya akan menerima komisi, yang membantu saya terus menjalankan sodikin.com.com.

Secara pribadi, saya menggunakan Niagahoster (untuk domain blog dan hosting saya) untuk blog sodikin.id dan inimadrasah.com, dan saya tidak punya apa-apa selain hal-hal baik untuk dikatakan tentangnya.


Ini mungkin salah satu penyedia hosting termurah (kurang dari $ 3 per bulan) di luar sana. Nama domain akan berharga sekitar $ 10-15 setahun, tetapi dengan Niagahoster, Anda bisa mendapatkannya secara baik dan sangat memuaskan.

Jika Anda mendaftar dengan di Niagahoster pastikan untuk mendaftar terlebih dahulu disini karena ini akan membuka diskon maksimum yang mereka tawarkan untuk semua paket hosting mereka.

:). Senyuman lebar untuk itu!

Mereka adalah penyedia yang saya gunakan untuk semua blog saya, termasuk yang Anda baca sekarang.

Jika karena alasan apa pun Anda tidak ingin menggunakan Niagahoster, silakan pilih perusahaan hosting Anda sendiri. Sebagian besar, jika tidak semuanya, harus memiliki solusi penginstalan WordPress " satu klik" di panel admin mereka.

Tombol itu secara otomatis akan menginstal WordPress di blog Anda. Apakah saya mengatakan itu sederhana atau apa?

Yang perlu Anda lakukan adalah mendaftar dengan Niagahoster (atau penyedia yang Anda pilih), pilih paket hosting dan nama domain Anda dan cari tombol instal WordPress sekali klik di panel admin.

Hal-hal penting WordPress tidak sering diperlukan, tetapi saya akan merekomendasikan privasi whois (yang akan membuat semua detail pribadi Anda tetap pribadi) dan pasti cadangan otomatis (yang akan menyimpan situs web Anda kalau-kalau ada yang gagal atau hilang sehingga Anda tidak akan kehilangan apa pun atau sangat sedikit dari blog Anda).

Mulailah Blog dengan Niagahsoter hari ini dan dapatkan diskon eksklusif 75%

Setelah WordPress diinstal di situs web Anda, yang harus Anda lakukan untuk memulai blog adalah masuk ke halaman WP-Admin Anda biasanya www.yourblognamehere.com/wp-admin dan mulai menulis dengan menambahkan posting baru.

Pada awalnya, tata letak terlihat membingungkan, tetapi menjadi sangat mudah dimengerti. Jangan khawatir!

Langkah 4 - Mendesain blog WordPress Anda

Sekarang, bagian yang menyenangkan.

Mari buat blog Anda terlihat persis seperti yang Anda inginkan. Untuk memilih tema baru, Anda dapat menuju ke Appearance> Themes dan menginstal tema WordPress gratis atau Anda dapat mengunjungi situs web tema premium seperti ThemeForest.net dan membeli tema dengan harga sekitar $ 40.

Saya biasanya memilih sesuatu yang terlihat profesional dan cukup mudah untuk disesuaikan. WordPress juga memiliki fitur luar biasa ini yang memungkinkan Anda mengubah tema hanya dengan beberapa klik. Jadi jika Anda mulai bosan dengan template blog Anda saat ini, Anda dapat beralih ke yang lain tanpa kehilangan konten atau gambar yang berharga.

pilih-blog-tema


Ingat, desain blog Anda harus mencerminkan Anda dan kepribadian Anda, tetapi juga tentang apa blog itu. Tidak ada gunanya memiliki tema yang berorientasi pada sepak bola jika blog Anda tentang tenis, paham?

Selain itu, harus mudah dinavigasi jika Anda ingin orang lain bertahan. Jika sulit dan sulit untuk bergerak di sekitarnya, orang tidak akan tinggal. Bagaimanapun, desain adalah seni subjektif; artinya setiap orang menyukai hal yang berbeda.

Tetapi tidak ada yang menyukai situs web yang jelek.

Langkah terakhir! Merayu!

Langkah 5 - Sumber Berguna Untuk Blogger Pemula

Blogger datang ke arena blogging dengan berbagai tingkat pengalaman media online dan sosial, tetapi kita semua telah membuat lebih dari beberapa kesalahan pemula - selalu ada ruang untuk lebih banyak pembelajaran dan peningkatan, apakah Anda seorang pemula atau Anda sudah pernah ngeblog.

Dan itu dia! Saya lebih dari yakin bahwa pengaturan awal blog Anda sekarang harus selesai dan siap digunakan, dan semua itu seharusnya sangat mudah (tidak seperti yang pertama kali saya lakukan, Anda beruntung!). Jika Anda mengalami masalah saat menginstal WordPress di Niagahoster, maka Anda dapat meminta bantuan kepada admin di sana.

Jika karena keadaan yang tidak menguntungkan Anda terjebak atau memiliki pertanyaan untuk saya tentang cara membuat blog, hubungi saya atau tinggalkan komentar di bawah ini. Saya akan membantu Anda dengan masalah apa pun selagi saya mampu dan bisa.

Selamat menikmati blog baru Anda!
Kang Sodikin
Seorang blogger pemula dan penggemar fotografi makro. Belakangan, meski terbilang terlambat, sejak tahun 2017 mulai menekuni dunia blogging. Kang Sodikin suka berbagi informasi tentang banyak hal. Pengalaman pribadi dan dari hasil baca-baca dishare melalui blog sodikin.com ini. Mempunyai motto hidup "sekecil apapun, hidup harus memberi manfaat kepada orang lain"
Komentar
Silahkan berkomentar dengan bijak. Semoga komentar Anda berdampak pada kebaikan.