Skip to main content
Kang Sodikin

follow us

Manfaat Tomat Bagi Kesehatan

Manfaat tomat bagi kesehatan. Halo sahabat sehat? Gimana kabarnya? Semoga sehat selalu gan hehe. Ketemu lagi nih. Kali ini kita akan membahas tentang tomat yang sering diperdebatkan oleh masyarakat di Indonesia, termasuk jenis buah atau sayuran ?

Yak, apa yang terlintas dipikiran kalian gan? Kali ini kita akan membahas tentang tomat. Tahukah kalian agan agan? buah atau sayuran satu ini berasal dari Benua Amerika yaitu Amerika Tengah dan Amerika Selatan yang tersebar dari Meksiko sampai Peru.

Nah, sebelum kita berlanjut, menurut agan agan tomat yang mempunyai nama latin Solanum lycopersicum ini sering menjadi perdebatan termasuk ke dalam golongan buah atau golongan sayuran.

Mungkin agan agan sekalian berpikir kenapa ada perdebatan, apakah termasuk buah atau sayur itu terlalu dipikirkan? Kenapa biar saja perorangan yang berpikir dan terserah mereka mau menyebut buah atau sayur?

Jadi gini gan, kalau menjadi komoditas impor ataupun ekspor, hal ini dapat menjadi pertimbangan. Hah, kok bisa? Jadi dalam pajak impor buah itu tidak terkena pajak. Sementara itu sayuran terkena pajak sebesar 10 persen.

Jika kita mungkin menganggap remeh tentang perbedaan tomat buah atau sayur. Akan tetapi, tahukah agan? Hal ini sampai menjadi topik persidangan lho! Siapa yang mengasuskan hal tersebut?

Nah, yaitu dari pihak pengadilan di Amerika untuk memutuskan di pengadilan tomat itu adalah buah atau sayur. Dan pada akhirnya pengadilan tersebut memutuskan tomat itu bukan buah, melainkan adalah sayur.

Sebuah keputusan ini diambil karena penggunaan tomat yang seperti sayur yang biasanya digunakan untuk campuran sup, digunakan sebagai campuran salad dan digunakan di sandwich.

Baca juga: Resep Cap cay Kuah yang Lezat dan Sehat

Sementara tomat tidak ditemukan pada makanan makanan pencuci mulut misalnya pada kue bolu, kue kering atau pu buah yang umumnya digunakan sebagai makanan pencuci mulut.

Oleh karena itu tomat disebut secara legal disebut sebagai sayuran dan bukan termasuk ke dalam golongan buah. Dan tak hanya itu, tomat juga dikenakan pajak sebesar 10 persen karena termasuk sayuran.

Namun hal berbeda dengan yang diutarakan oleh The Daily Meal. Di situ disebutkan tomat termasuk ke dalam golongan buah. Karena secara botani, tomat berbentuk seperti buah yang mempunyai struktur benih seperti tanaman berbunga.

Macam-macam dan Manfaat Tomat Bagi Kesehatan

Agan pasti tahu kan wana tomat itu berwarna warni? Mulai dari warna hijau ketika sudah mask, kuning, merah, ungu dan juga ada yang belang belang. Berikut ini ada pengelompokkan tomat berdasar dari ukuran dan bentuk:

1. Granola.

Tomat dalam kelompok ini berbentuk bulat dan mempunyai pangkal buah yang mendatar dan mencakup. Biasanya disebut sebagai tomat buah karena dapart dimakan secara langsung.

Sayur. Tomat dalam kelompok ini biasanya berbuah padat dan biasanya digunakan untuk masakan seperti misalnya sup.

2. Ceri.

Tomat dalam kelompok ini seperti namanya memiliki ukuran yang kecil dan memiliki tangkai buah yang panjang.

3. Gondol.

Tomat yang ditanam di Indonesia ini memiliki bentuk lonjong.

Bagi agan agan yang ingin bercocok tanam sendiri tetapi bingung tidak tau caranya, tenang di sini ada cara untuk menanam tomat. Oke daripada terlalu lama, langsung cek aja!

Langkah pertama yaitu pilih lah tomat yang ingin agan tanam. Hindari tomat jenis hibrida atau tomat yang sudah menggunakan bahan kimia.

Kemudian belah lah menjadi dua atau lebih bagian tomat tersebut. Kemudian ambil lah sendok atau alat apapun yang bisa digunakan untuk mengambil biji buah tomat tersebut. Agan tidak perlu repot repot mengambil biji satu persatu.

Setelah itu letakkan biji buah tersebut ke dalam mangkuk bersih dan biarkan selama 2-3 hari. Biarlah biji tomat itu ber fermentasi di dalam mangkok tersebut agar saat tumbuh lagi tanaman tidak terkena penyakit lagi.

Jika sudah, cuci lah biji tomat tersebut hingga bersih. Agan bisa menambahkan cuka atau garam. Setelah dicuci akan terlihat biji yang buruk akan mengapung, maka sebaiknya buang saja.

Setelah itu, keringkan biji tadi dan masukan dalam plastik. Kemudian masukan dalam freezer dan biarkan selama 1-2 minggu.

Baca juga: Kriteria Keren

Nah sekarang waktuinya untuk menanam. Letakkan 2 hingga 3 biji tomat tersebut ke dalam pot yang berisi tanah. Kemudian tutup dengan tanah. Biarkan hingga tomat tersebut tumbuh

Jangan lupa untuk menyiram walaupun dengan sedikit air untuk menjaga kelembapan tanaman tersebut.

Pot tanaman sebaiknya disimpan di tempat yang hangat.

Jika tanaman sudah tumbuh sekitar 4 hingga 5 cm, pindahkan ke kebun dan jangan lupa untuk menyiramnya.

Nah di bagian akhir, inilah manfaat tomat bagi kesehatan :
  • Dapat mencegah penyakit kanker dan diabetes
  • Tomat melindungi jantung
  • Dapat mengurangi depresi
  • Memperjelas penglihatan
  • Melancarkan proses pencernaan
  • Dapat mencegah infeksi pada saluran kemih.
Demikian catatan Kang Sodikin tentang Manfaat Tomat Bagi Kesehatan. Semoga bermanfaat.

You Might Also Like:

Comment Policy: Silahkan tuliskan komentar Anda yang sesuai dengan topik postingan halaman ini. Komentar yang berisi tautan tidak akan ditampilkan sebelum disetujui.
Buka Komentar

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel