Skip to main content
Kang Sodikin

follow us

Inilah Kunci Utama Mencegah Kanker Payudara Kambuh Lagi

Gaya hidup sehat adalah kunci atau cara jitu dalam mencegah kanker payudara kambuh lagi. Terdapat banyak sekali bukti yang mempresentasikan bahwa ketika seorang survival yang berhasil selamat dari kanker payudara stadium awal yang dijalani adalah menjalani gaya hidup sehat yaitu dengan memakan makanan sehat dan rajin melakukan olahraga dengan teratur atau. Dengan itu semua, memperbesar kemungkinan kembalinya penyakit menakutkan tersebut.

Jadi, mendasarkan pada penemuan baru tersebut, kunci utama dari pencegahan kambuhnya kanker payudara adalah menjalani gaya hidup sehat.

"Gaya hidup yang sehat menyebabkan meningkatnya prognosis pasien kanker payudara jika mempunyai tingkat kepatuhan tinggi," Demikian dikatakan oleh penulis utama studi Dr. Wolfgang Janni sebagaimana dilansir dari laman WebMD.

Janni dan juga timnya telah mengembangkan dan mengaplikasikan program baru untuk menolong para penderita kanker payudara menjaga perubahan gaya hidup agar tetap berada di tracknya. Temuannya tersebut dijadwalkan akan dipresentasikan dalam satu Simposium tahunan Kanker Payudara San Antonio. Janni telah menganalisis dari hasil sekitar 2.300 pasien kanker payudara stadium awal yang sudah mendapat pengobatan dengan cara kemoterapi.

Separuh dari pasien kanker payudara tersebut secara acak telah diminta untuk melakukan gaya hidup sehat selama dua tahun dengan berbasis telepon yang dilakukan dengan kontinyu. Sedangkan separuh lainnya, yaitu kelompok kontrol mendapatkan saran umum tentang pola hidup yang sehat. Mereka yang menjalani gaya hidup sehat yang dipersonalisasi dilatih dalam berbagai bidang seperti halnya mengurangi asupan lemak, meningkatkan aktivitas fisik dan meningkatkan diet.

Baca juga: 5 Cara Mengatasi Gigi Berlubang

Sesudah dua tahun, orang-orang yang berada dalam kelompok intervensi atau kelompok yang menerapkan gaya hidup yang sehat melihat adanya penurunan berat badan rata-rata mencapai 2,2 pound. Sedangkan kelompok kontrol justru sebaliknya, yaitu mengalami peningkatan berat badan rata-rata hingga 2,1 pound.

Namun perbedaan yang lebih sinifikan terjadi pada hasil kanker. Tingkat kelangsungan hidup dengan bebas penyakit kanker di antara sekitar 1.500 pasien yang mau menyelesaikan intervensi gaya hidup sehat mencapai 35% lebih tinggi dibandingkan mereka yang tidak berhasil menyelesaikan program.

Kecuali itu, penemuan tersebut menunjukkan 50% lebih tinggi dibandingkan wanita yang tidak memperoleh intervensi sama sekali.

"Temuan ini seharusnya bukanlah sebuah kejutan besar. Karena dalam penelitian sebelumnya telah dipresentasikan bahwa aktivitas fisik yang rendah dan obesitas sangat terkait dengan tingkat risiko lebih tinggi terpapar kanker payudara. Dan berpengaruh terhadap peningkatan risiko kambuh kembali dan mengurangi tingkat kelangsungan hidup penderita," jelas Janni.

Jadi, melalui programnya, janni dan timnya ingin para penderita kanker payudara stadium awal memahami bahwa cara agar kanker payudara tidak kambuh lagi adalah dengan menjalani gaya hidup sehat, memakan makanan sehat dan berolahraga secara teratur.

Sementara itu, Dr Alice Police yang merupakan direktur regional operasi payudara di Institut Kanker Kesehatan Northwell, di Sleepy Hollow, NY memberikan penjelasan bahwa banyak sekali wanita yang berhasil selamat dari kanker payudara mungkin merasa tidak berdaya, tetapi sangat baik untuk bisa memberi tahu penderita bahwa ada sesuatu yang bisa mereka kerjakan guna menolong diri sendiri mencegah kambuh kembali penyakitnya.

"Memang terkadang ada perempuan yang memerlukan adanya sedikit dorongan dari orang lain untuk tetap sehat. Ini adalah pandangan yang sangat khusus dan terfokus pada isu-isu tentang bagaimana perubahan gaya hidup dan program diet harus terlihat dan berfungsi," kata Police.

Baca juga: Begini Resikonya Jika Kurang Tidur

Terkait dengan penelitian tersebut, Lauren Cassell yang merupakan kepala operasi payudara di Lenox Hill Hospital di New York City sepakat bahwa program baru yang digagas janni dan timnya tampaknya baik. Dengan program intervensi gaya hidup melalui telepon yang dilakukan secara sistematis, membuat para penderita kanker payudara mampu meningkatkan kepatuhan nya.

"Saya yakin bahwa pasien berkeinginan untuk membantu diri mereka sendiri. Namun, terkadang mereka memerlukan sedikit support ekstra dari orang lain," kata Cassell.

Demikian informasi seputar gaya hidup sehat merupakan kunci utama mencegah kanker payudara kambuh lagi dari Kang Sodikin - sodikin.com.

You Might Also Like:

Comment Policy: Silahkan tuliskan komentar Anda yang sesuai dengan topik postingan halaman ini. Komentar yang berisi tautan tidak akan ditampilkan sebelum disetujui.
Buka Komentar

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel