11 Cara Mempercepat WordPress Agar Wush.... Wush

11 Cara Mempercepat WordPress. ada banyak teknik yang bisa Anda terapkan untuk menyelesaikan pekerjaan. Situs WordPress Anda jauh lebih cepat.
Kang Sodikin
11-cara-mempercepat-wordpress-agar-wush-cepat-catatan-kang-sodikin

11 Cara Mempercepat WordPress. Cara mempercepat WordPress pasti merupakan topik hangat akhir-akhir ini. Untungnya, ada banyak teknik yang bisa Anda terapkan untuk menyelesaikan pekerjaan. Jadi, tujuan kami di sini adalah mendaftar setiap trik yang kami tahu yang dapat membuat situs WordPress Anda jauh lebih cepat.

Mengapa Anda harus mempercepat WordPress?

Ada banyak alasan yang membunyikan lonceng alarm, beberapa di antaranya bahkan mungkin menimbulkan kekhawatiran besar bagi Anda:

  1. Mesin pencari (seperti Google) memberi peringkat situs web dengan waktu pemuatan cepat lebih tinggi daripada yang memuat lambat. Jadi, jika Anda ingin meningkatkan posisi Anda di SERP, meningkatkan kecepatan harus menjadi salah satu prioritas Anda.
  2. Penelitian telah menunjukkan bahwa kecepatan memuat situs lebih dari 2 detik biasanya menghasilkan sekitar 47 persen pengunjung pergi dari situs web. Jadi, untuk membuat setengah dari pengunjung Anda tertarik, Anda harus mempercepat WordPress Anda.
  3. Pembeli online adalah yang paling tidak sabar; mereka mengharapkan halaman dimuat dalam sedetik. Jadi, jika Anda menjalankan toko e-commerce di WordPress maka Anda lebih baik bersiap-siap untuk melakukan perbaikan besar sehingga bisnis Anda bisa lebih menguntungkan.

Bagaimana cara menguji waktu pemuatan situs web Anda?

Sebelum membahasa 11 cara mempercepat WordPress, Anda perlu memahami hal pertama yaitu Anda perlu menganalisis waktu buka saat ini untuk situs web Anda. Perlu diingat bahwa kecepatan ini mungkin berbeda dari halaman ke halaman. Hal kecepatan setiap halaman sangat tergantung pada berbagai faktor, yaitu:

  1. ukuran halaman tertentu itu,
  2. berapa banyak permintaan yang dihasilkannya,
  3. apakah itu di-cache atau tidak,
  4. dan terakhir, konten seperti apa (statis atau dinamis) yang dihostingnya.

Beranda situs web biasanya digunakan sebagai patokan untuk menguji waktu buka. Untuk memeriksa kecepatan situs web, tiga alat berikut telah digunakan secara luas di seluruh web:

  • WebPageTest.org
  • Tools.Pingdom.com
  • PageSpeed Insights (ini tidak benar-benar melaporkan waktu pemuatan halaman, tetapi menyoroti elemen yang dapat Anda atur untuk mempercepat WordPress)

Oke, sudah waktunya untuk mulai berbicara bisnis! Berikut adalah 11 cara mempercepat WordPress:

1. Pilih penyedia hosting web yang lebih baik

Faktor utama yang memengaruhi kecepatan sebuah situs web adalah hosting situs web WordPress Anda. Ini mungkin tampak seperti ide bagus untuk meng-host situs web baru Anda pada penyedia hosting bersama yang menawarkan bandwidth, ruang, email, domain, dan banyak lagi tanpa batas. Namun, poin yang biasanya kita lewatkan mengenai penawaran ini adalah bahwa hosting bersama gagal memberikan waktu pemuatan yang baik pada jam-jam lalu lintas puncak, dan sebagian besar gagal memberikan 99 persen uptime dalam bulan tertentu.

Hosting bersama atau shared hosting cenderung menghasilkan kinerja yang lebih buruk karena Anda berbagi ruang server yang sama dengan banyak situs web lain, dan tidak ada yang tahu berapa banyak sumber daya yang digunakan orang lain. Plus, Anda tidak tahu persis seberapa baik server dioptimalkan.

Untungnya, industri hosting web telah maju dengan teknologi, dan harga penyedia cloud hosting telah menurun seiring berlalunya waktu. Di masa sekarang, Anda dapat membeli server cloud khusus dari SiteGround, DigitalOcean, Amazon Web Services, dan bahkan Google Compute Engine dengan harga nominal. Namun, pengaturan server itu bisa menjadi tugas yang menakutkan karena Anda diharuskan untuk mengatur server dari awal. Ada penyedia web hosting seperti Cloudways yang membuat tugas untuk mengatur server cloud yang dioptimalkan semudah klik dan luncurkan.

2. Gunakan tema / kerangka WordPress yang ringan

Cara kedua dari 11 cara mempercepat WordPress adalah memperhatikan thema WordPress. Tema dengan banyak elemen dinamis, slider, widget, ikon sosial dan banyak lagi elemen mengkilap sangat menarik bagi mata. Tapi ingat ini, jika situs web memiliki terlalu banyak elemen dan ukuran halaman yang lebih tinggi, maka elemen-elemen penghias tersebut pasti akan menyebabkan server web Anda lelet.

Opsi terbaik di sini adalah menggunakan tema ringan, seperti tema default WordPress. Tema Twenty Fifteen yang baru selalu merupakan cara yang baik untuk memulai sebuah blog. Untuk situs web yang kaya fitur, Anda juga dapat memilih tema yang menggunakan kerangka kerja yang baik seperti Bootstrap atau Foundation. Misalnya, semua tema di ThemeIsle dibangun di atas Bootstrap, yang menyediakan cara hebat untuk mempercepat WordPress.

Baca juga: Unsur Penting Sebuah Blog

3. Kurangi ukuran gambar

Gambar adalah kontributor utama peningkatan ukuran halaman web yang diberikan. Caranya adalah dengan mengurangi ukuran gambar tanpa mengurangi kualitasnya. Mengurangi ukuran gambar merupakan bagian penting dari 11 cara mempercepat WordPress.

Jika Anda mengoptimalkan gambar secara manual menggunakan ekstensi Chrome PageSpeed Insights atau Photoshop atau alat lain, prosesnya akan memakan waktu lama. Untungnya, ada plugin yang tersedia untuk apa saja yang dapat Anda pikirkan, termasuk pengoptimalan gambar. Yang layak disebutkan adalah:

  • Optimole
  • WP Smush
  • EWWW Image Optimizer

Menggunakan salah satu dari plugin yang disebutkan di atas di situs WordPress Anda akan secara drastis mengurangi ukuran gambar, sehingga meningkatkan kecepatan situs web Anda.

4. Minimalkan file JS dan CSS

Meminimalkan file JS dan CSS sangat mutlak untuk dilakukan demi memperoleh speed loading maksimal. Jika Anda menjalankan situs web Anda melalui alat Google PageSpeed Insights, Anda mungkin akan diberi tahu tentang meminimalkan ukuran file CSS dan JS Anda. Artinya, dengan mengurangi jumlah panggilan CSS dan JS dan ukuran file-file itu, Anda dapat meningkatkan kecepatan pemuatan situs. Dan cara ini juga termasuk yang sangat direkomendasikan dalam 11 cara mempercepat WordPress.

Juga, jika Anda tahu jalan keluar tentang tema WordPress, Anda dapat mempelajari panduan yang disediakan oleh Google dan melakukan beberapa perbaikan manual. Jika tidak, maka ada plugin yang akan membantu Anda mencapai tujuan ini; yang paling populer adalah Autoptimize yang dapat membantu mengoptimalkan CSS, JS, dan bahkan HTML situs WordPress Anda. Dan untuk yang pro, Anda bisa mencon WPRocket yang sangat rekomended.

5. Gunakan mekanisme caching lanjutan dengan plugin caching

Cara memeningkatkan kecepatan WordPress selanjutnya bisa dilakukan dengan plugin caching WordPress (mis. W3 Total Cache). Dengan plugin ini, membuat tugas kompleks menambahkan aturan caching ke elemen situs web Anda menjadi lebih mudah. Menggabungkan plug-in seperti itu dengan mekanisme caching canggih seperti Varnish dapat membantu Anda mempercepat kecepatan memuat situs web Anda dan akhirnya mempercepat WordPress.

6. Gunakan CDN

Menggunakan CDN termasuk cara meningkatkan kecepatan WordPress. Orang-orang yang mengunjungi situs web Anda berasal dari berbagai lokasi di dunia, dan tentu saja, kecepatan pemuatan situs akan berbeda jika pengunjung berada jauh dari tempat situs Anda dihosting. Ada banyak CDN (Jaringan Pengiriman Konten) yang membantu menjaga kecepatan pemuatan situs ke minimum bagi pengunjung dari berbagai negara. CDN menyimpan salinan situs web Anda di berbagai pusat data yang terletak di tempat yang berbeda. Fungsi utama CDN adalah untuk melayani halaman web bagi pengunjung dari lokasi terdekat yang memungkinkan. Cloudflare dan MaxCDN adalah beberapa layanan CDN paling populer.

7. Aktifkan kompresi GZIP

Termasuk 11 cara mempercepat WordPress adalah mengaktifkan kompresi GZIP. Sebagai ilustrasi, mengompresi file di komputer lokal Anda dapat menghemat banyak ruang disk. Demikian pula dengan web, kita dapat menggunakan kompresi GZIP. Manuver ini akan secara dramatis mengurangi penggunaan bandwidth dan waktu yang dibutuhkan untuk mendapatkan akses ke situs web Anda. GZIP memampatkan berbagai file sehingga setiap kali pengunjung mencoba mengakses situs web Anda; browser mereka terlebih dahulu harus membuka ritsleting situs web. Proses ini menurunkan penggunaan bandwidth sampai batas tertentu.

Anda dapat menggunakan plugin seperti PageSpeed Ninja, yang memungkinkan kompresi GZIP, atau menambahkan kode berikut dalam file .htaccess Anda.

AddOutputFilterByType DEFLATE text/plain
AddOutputFilterByType DEFLATE text/html
AddOutputFilterByType DEFLATE text/xml
AddOutputFilterByType DEFLATE text/css
AddOutputFilterByType DEFLATE application/xml
AddOutputFilterByType DEFLATE application/xhtml+xml
AddOutputFilterByType DEFLATE application/rss+xml
AddOutputFilterByType DEFLATE application/javascript
AddOutputFilterByType DEFLATE application/x-javascript

8. Bersihkan database WordPress

Cara meningkatkan kecepatan WordPress selanjutnya adalahdengan menghapus data yang tidak diinginkan dari basis data Anda akan menjaga ukurannya seminimal mungkin dan juga membantu mengurangi ukuran cadangan Anda. Anda juga perlu menghapus komentar spam, pengguna palsu, draf lama konten Anda dan bahkan mungkin plugin yang tidak diinginkan serta tema. Semua ini akan mengurangi ukuran database dan file web Anda, dan dengan demikian mempercepat WordPress – WordPress Anda.

9. Nonaktifkan atau hapus instalan plugin

Cara kesembilan dari 11 cara mempercepat WordPress dengan menyingkirkan plugin yang tidak Anda gunakan. Menyimpan plugin yang tidak diinginkan di situs web WordPress Anda akan menambah jumlah sampah yang luar biasa ke file web Anda. Selain itu, ini juga akan meningkatkan ukuran cadangan Anda dan menempatkan jumlah yang berlebihan pada sumber daya server Anda saat file cadangan sedang dibuat.

Anda bisa mencari metode alternatif untuk menggunakan layanan pihak ketiga untuk mengotomatisasi atau menjadwalkan tugas (seperti berbagi posting terbaru Anda ke media sosial).

IFTTT atau Zapier adalah dua layanan web yang membantu dalam mengotomatisasi tugas-tugas tersebut dan mengurangi beban pada situs web dan sumber daya server Anda.

Baca juga: Cara Mudah Menghasilkan Uang dari Blog

10. Simpan skrip eksternal seminimal mungkin

Yang kesepuluh dari 11 cara mempercepat WordPress adalah menggunakan sejumlah kecil skrip, termasuk hanya yang penting seperti alat pelacakan (seperti Google Analytics) atau sistem komentar (seperti Disqus). Penggunaan skrip eksternal pada halaman web Anda akan menambah sejumlah besar data ke total waktu pemuatan Anda.

11. Nonaktifkan pingback dan trackback

Termasuk dari 11 cara mempercepat WordPress adalah menonaktifkan pingback dan trackback. Pingbacks dan trackbacks adalah dua komponen inti WordPress yang mengingatkan Anda setiap kali blog atau halaman Anda menerima tautan. Mungkin terdengar bermanfaat, tetapi Anda juga memiliki hal-hal seperti Google Webmaster Tools dan layanan lain untuk memeriksa tautan situs web Anda.

Terus melakukan pingback dan trackback juga dapat menyebabkan ketegangan yang tidak diinginkan pada sumber daya server Anda. Ini karena setiap kali ada orang yang mencoba menautkan ke situs Anda, itu akan membuat permintaan dari WordPress bolak-balik. Fungsi ini juga banyak disalahgunakan ketika menargetkan situs web dengan serangan DDoS.

Anda dapat mematikan semuanya di WP-Admin → Pengaturan → Diskusi . Hapus centang ” Izinkan pemberitahuan tautan dari blog lain (pingback dan trackbacks). “Ini akan membantu Anda mempercepat WordPress lagi.

Kesimpulan dari 11 cara mempercepat WordPress

Keuntungan terbesar dari menurunkan waktu pemuatan situs web Anda adalah akan sangat membantu dalam meningkatkan pengalaman pengunjung Anda. Kasingnya tetap sama apakah mereka menggunakan perangkat seluler atau PC. Selain itu, ini juga akan meningkatkan peringkat Anda di SERP. Lagi pula, pengurangan penggunaan bandwidth hosting Anda dan kecepatan pemuatan situs yang lebih cepat di sisi klien hanya akan menguntungkan Anda berdua dalam jangka pendek maupun jangka panjang.

Demikian 11 cara mempercepat WordPress dari Catatan Kang Sodikin di sodikin.com.

Kang Sodikin
Seorang blogger pemula dan penggemar fotografi makro. Belakangan, meski terbilang terlambat, sejak tahun 2017 mulai menekuni dunia blogging. Kang Sodikin suka berbagi informasi tentang banyak hal. Pengalaman pribadi dan dari hasil baca-baca dishare melalui blog sodikin.com ini. Mempunyai motto hidup "sekecil apapun, hidup harus memberi manfaat kepada orang lain"
Komentar
Silahkan berkomentar dengan bijak. Semoga komentar Anda berdampak pada kebaikan.