Manfaat Daun Kelor Terbukti Ampuh. Memanfaatkan kembali sumber daya alam yang di berikan Tuhan juga merupakan bentuk mensyukuri anugerah-Nya. Contohnya tumbuh-tumbuhan yang ada. Di Indonesia sendiri dengan berbagai tanaman yang memiliki segudang kemampuan dan manfaat harusnya bisa kita manfaatkan sebaik-baiknya.

manfaat-daun-kelor-terbukti-ampuh-bagi-tubuh-manusia

Sebagai negara yang terkenal sebagai penghasil rempah, di Indonesia sendiri selain penghasil makanan yang lezat dengan rasa yang kuat, berbagai produk-produk obat herbal dari tumbuh-tumbuhan juga sudah marak di pasaran.

Bahkan sudah kita sering dengar kata-kata “TOGA” yang dimaksud adalah tanaman obat keluarga dimana memang banyak sekali tanaman yang dapat digunakan sebagai obat yang mudah ditanam dan dirawat.

Contohnya seperti kunyit, kencur, jahe, brotowali. Nah selain tumbuhan-tumbuhan tersebut, ada juga tumbuhan yang mempunyai segudang manfaat nih. Tanaman apakah itu? Yap pohon kelor. Apa sih itu pohon kelor?

Pohon yang terkenal karena daunnya yang ampuh dengan berbagai manfaat yang dimilikinya. Mungkin sebagian besar orang sudah tau apa saja sih manfaat dari daun kelor ini.

Baca juga: Apa Saja Manfaat Bawang Putih Untuk Kesehatan

7 Manfaat Daun Kelor


Nah buat kamu yang belum tau apa aja sih manfaat daun kelor, tenang aja karena di bawah ini bakal di bahas berbagai manfaat daun kelor yang terbukti ampuh :

Daun kelor bagus untuk kesehatan sistem pencernaan

Mengapa daun kalor bagus untuk sistem pencernaan? Hal ini dikarenakan kandungan kalsium dan serat yang tinggi memberikan efek yang baik bagi sistem pencernaan.

Selain itu kandungan yang terdapat di dalamnya juga dapat memberikan rasa kenyang yang lama sehingga dapat membuat stabolisme menjadi stabil dan juga ampuh untuk mengontrol berat badan.

Daun kelor baik untuk kesehatan mata

Jika selama ini wortel lah yang didamba-dambakan bagus untuk kesehatan mata karena kandungan vitamin A –nya yang tinggi, maka berarti kamu belum tau kandungan vitamin A yang terdapat dalam daun kelor ini.

Kandungan vitamin A yang terdapat pada daun kelor memiliki jumlah 4 kali lipat lebih banyak dibandingkan yang terkandung di dalam wortel. Memang yang selama ini kita ketahui bahwa makanan yang berwarna merah atau jingga lah yang memiliki kandungan vitamin A tinggi.

Namun hal ini tidak berlaku bagi daun kelor yang memiliki warna hijau ini. Kandungan vitamin A yang tinggi inilah yang memberikan kontribusi yang baik bagi mata.

Kandungan kalsium yang tinggi

Sudah tidak diragukan lagi bahwa kalsium sangat baik bagi tubuh terutama bagi perkembangan tulang. Bagi kamu yang sedang dalam masa pertumbuhan dan ingin mencapai tubuh yang tinggi, maka tidak salah kalau kamu mengkonsumsi daun kelor ini.

Baca juga: Resep Membuat Es Pensil Susu Segar dan Cemilan Pizza Goreng

Kandungan kalsium yang terdapat dalam daun kelor ini sebanyak 4 kali lipat lebih tinggi dibandingan kalsium yang terdapat pada susu. Selain bagus untuk pertumbuhan tulang, kalsium juga bagus untuk melangsingkan tubuh.

Nah buat para wanita yang paling banyak mengeluhkan soal tubuh yang gemuk alias tidak langsing. Kamu bisa banget mengonsumsi daun kelor yang penuh kalsium ini.
Selain itu kalsium juga dapat mencegah osteoporosis, membantu melawan kanker, mengatasi nyeri haid serta mampu menjaga kesehatan jantung.

Daun kelor bagus untuk kulit wajah

Selain untuk kesehatan tubuh, ternyata daun kelor juga ikut ambil bagian dalam menyehatkan dan mempercantik kulit loh.

Tidak hanya untuk kesehatan tubuh, kelor juga mampu mengencangkan kulit wajah, mencegah jerawat dengan khasiatnya membersihkan kotoran, menghaluskan kulit wajah serta memperbaiki pori-pori wajah.

Dengan banyaknya produk kimia yang menawarkan khasiat anti penuaan dini, kamu bisa memilih daun kelor sebagai produk anti penuaan dini atau istilah kerennya anti aging alami yang paling baik.

Karena jelas dong bahan-bahan yang alami berasal dari alam baik itu makanan ataupun bahan kecantikan tentunya lebih baik daripada racikan bahan-bahan kimia yang tak jarang terdapat efek samping di dalamnya.

Ampuh mengobati sariawan karena kandungan vitamin C yang tinggi

Buat kamu yang menderita sariawan ataupun masalah lain kekurangan vitamin C, bisa banget nih kamu mengonsumsi daun kelor.

Jika selama ini kamu mangandalkan jeruk untuk mengatasi masalah seperti yang disebutkan di atas, sekarang kamu bisa gunakan daun kelor sebagai cara baru.

Kenapa sih? Karena kandungan vitamin C yang terdapat pada daun kelor mempunyai jumlah 7 kali lipat lebih tinggi jika dibandingkan dengan jeruk.

Daun kelor sangat bagus dikonsumsi oleh ibu menyusui

Memang benar bahwa daun kelor sangat bagus untuk ibu menyusui karena daun kelor mengandung flavonoid yang dapat meningkatkan kualitas dan jumlah ASI yang dapat ibu menyusui berikan pada anaknya.

Maksud dari kualitasnya meningkat itu gimana sih? Jadi dengan menonsumsi daun kelor, ASI yang dihasilkan akan mengandung lebih banyak protein, vitamin C serta zat besi.

Daun kelor juga ampuh meningkatkan kekebalan tubuh

Daun kelor mengandung zat antioksidan berupa polyphenol yang sangat ampuh men-detoks racun sehingga kekebalan tubuh kita akan semakin meningkat.

0Komentar

Sebelumnya Selanjutnya