Apa Saja Manfaat Bawang Putih Untuk Kesehatan. Mengenal macam umbi-umbian atau bahan serta bumbu masakan sangatlah penting. Ada berbagai macam bumbu dapur seperti bawang merah, bawang putih, kencur, lengkuas, jahe, garam, dan masih banyak lagi. Bahan atau bumbu dapur tersebut saling keterikatan satu sama lain.

manfaat-bawang-putih-untuk-kesehatan

Kali ini kita akan membahas bumbu dapur yang cukup populer dan banyak dikenali oleh masyarakat, yaitu bawang putih. Bawang putih adalah bahan atau bumbu dapur yang kerap dijadikan obat dan memiliki kandungan berkhasiat di dalamnya. Bawang putih memiliki aroma atau bau yang sangat tajam sekali yang terdapat kandungan enzim allicin yang mampu mengatasi berbagai penyakit dan masalah pada kulit. Manfaat yang di dapat dari bawang putih bisa kita rasakan oleh tubuh secara keseluruhan.

Bawang putih juga dapat bermanfaat untuk dalam perawatan kecantikan kulit dan wajah. Bawang putih memiliki 2 cara dalam mengonsumsinya, yaitu dengan cara dimakan langsung atau secara mentah dan dimasak terlebih dahulu. Orang-orang memiliki caranya masing-masing dalam mengonsunsi bawang putih tersebut tergantung juga penggunannya. Seperti yang kita tahu bawang putih memiliki banyak sekali manfaat bagi kesehatan. Tetapi jangan salah dalam pengonsumsian bawang putih. Bawang putih ada jenisnya yaitu bawang putih lanang atau yang sering disebut juga bawang tunggal dan. Apa saja manfaat dari bawang putih untuk kesehatan. Mari simak ulasannya.

Manfaat Bawang Putih


Berikut ini manfaat bawang putih :

Mencegah Masuk Angin dan Batuk

Jika kita mau mengonsumsi bawang putih ini secara teratur, kita bisa menurunkan resiko terkena masuk angin dan batuk hingga 50 persen. Cara mengonsumsinya sangat mudah, tinggal potong saja 2 siung bawang kemudian seduh dengan menggunakan air hangat dan minum hingga habis.

Baca juga: Resep Membuat Es Pensil Susu Segar dan Cemilan Pizza Goreng

Menurunkan Tingkat Kolesterol

Bawang putih tunggal berfungsi untuk menurunkan kadar kolesterol dalam darah. Bawang putih dapat menekan kolesterol higga 20mg/dl dan dapat menurunkan kadar trigliserida. Cara mengonsumsinya tinggal makan bawang putih 3-4 siung saat perut masih kosong.

Menyembuhkan Penyakit Influenza

Penderita influenza dapat mengonsumsi bawang putih ini dengan menghirup aroma bawang putih yang dapat menstimulasi membran mokus. Dengan begitu, pernapasan akan begitu lega.

Mengatasi Penyakit Diabetes

Kandungan Allicin dalam bawang jika dikombinasikan dengan vitamin B dan thiamine bisa merangsang pankreas untuk mengirimkan insulin ke seluruh tubuh. Cara mengonsumsinya adalah dengan memakan 2 hingga 3 siung bawang putih tunggal yang bisa menurunkan kadar gula dalam darah.

Mengatasi Ambeien atau Wasir

Bawang putih juga bermanfaat dalam mengatasi penyakit wasir atau ambeien yang meradang. Cara pemakaian bawang putih dalam penyakit ini adalah dengan cara mengoles sari bawang tunggal pada area anus yang akan membantu meredakan pembengkakan.

Meningkatkan Kadar Esterogen Pada Wanita

Bawang putih mampu membantu meningkatkan kadar esterogen yang ada pada wanita. Peran bawang putih yaitu untuk membersihkan darah dan membantu sirkulasinya. Konsumsi satu siung bawang putih mentah tiap harinya mampu meningkatkan kemungkinan hamil pada wanita (dilakukan sebelum ovulasi).

Menambah Gairah Seksualitas Pria

Sumber vitamin B6 yang terkandung dalam bawang putih bermanfaat untuk mengatur hormon dan memperkuat imunitas, sedangkan kandungan selenium yang ada pada bawang putih berperan untuk antioksidan yang mencegah rusaknya sperma pada laki-laki. Cara mengonsumsinya adalah dengan cara menghaluskan bawang putih, kemudian campur dengan kuning telur, kemudian bisa dicampurkan dengan madu juga. Minum saat akan melakukan hubungan seksualitas atau saat pagi hari.

Baca juga: 9 Fakta Bubble Tea, Minuman Paling Hits di Dunia

Manfaat Untuk Wajah dan Menghilangkan Jerawat

Bawang putih dapat menjadi solusi untuk wajah kita yang timbul banyak jerawat. Bawang putih memiliki sifat antimikroba atau antibakteri yang dapat membuat wajah terhindar dari jerawat. Cara memakainya adalah iris bawang putih, lalu oleskan ke bagin yang berjerawat (usahakan gunakan pisau atau alat memotong yang bersih dan higienis agar terhindar dari bakteri).

Mencegah Kanker

Bawang putih dapat menekan aktivitas sel kanker. Bawang putih memiliki potensi sebagai sumber antikanker. Orang yang mengonsumsi bawang putih memiliki resiko lebih kecil untuk terkena kanker usus besar.

Menyembuhkan Luka Bakar

Bila ada orang yang terkena atau mengalami luka bakar, bawang putih bisa menjadi alternatif penyembuhannya. Cara menggunakannya sangat mudah, yaitu dengan mengiris bawang putih kemudian mengolesnya pada bagian yang terkena luka bakar. Cara ini dapat membuat luka bakar tak meninggalkan bekas.

Mengobati Keputihan

Masalah ini kerapa dialami oleh sebagian wanita. Banyak wanita yang merasa tidak nyaman atau risih terhadap masalah kewanitaan yang satu ini. Bawang putih bisa menjadi cara untuk mengatasi keputihan yang terjadi. Masalah keputihan ini dapat disembuhkan karena adanya kandungan zat anti jamur, anti mikroba, anti bakteri dalam bawang putih. Mengonsumsinya sangat mudah karena kita bisa mengolah bawang putih tersebut dengan berbagai cara asalkan kita mengonsumsinya secara rutin.

Demikian artikel tentang manfaat bawang putih bagi kesehatan dari catatan Kang Sodikin di sodikin.com

0Komentar

Sebelumnya Selanjutnya