4 Cara Membebaskan Diri dari Nyeri Haid

4 Cara Membebaskan Diri dari Nyeri Haid. Beberapa hari sebelum masa haid atau mestruasi tiba, produksi hormon prostaglandin dalam tubuh akan naik. Hal ini akan menyebabkan rahim berkontraksi dan menegang.
Kang Sodikin
4 Cara Membebaskan Diri dari Nyeri Haid. Beberapa hari sebelum masa haid atau mestruasi tiba, produksi hormon prostaglandin dalam tubuh akan naik. Hal ini akan menyebabkan rahim berkontraksi dan menegang. Kondisi tersebut menjadi sebab datangnya nyeri haid alias PMS tidak dapat terhindari bagi sebagian orang.

4-cara-mudah-praktis-mencegah-membebaskan-diri-dari-nyeri-haid atau PMS

Namun Mom, Anda tidak usah risau. Banyak cara yang bisa digunakan untuk meredakan dan mencegah nyeri haid jika datang.

Cara gampang mencegah nyeri haid


Cara paling gampang untuk mencegah terjadinya nyeri haid adalah dengan menempelkan kompres hangat di perut, Lakukan secara berulang dalam beberapa hari ketika menjelang jadwal menstruasi Anda. Anda bisa melakukannya dengan cara memasukkan kain bersih keadalam air hangat lalu diperas dan tempelkan. Atau Anda bisa menggunakan botol yang diisi dengan air hangat dan tempelkan ke perut Anda, Suhu hangat yang ada di media tadi befungsi untuk melemaskan otot-otot dalam perut dan rahim yang menegang saat mestruasi.

Cara direkomendasikan untuk mencegah nyeri haid


Selain dengan mengompress bagian perut menggunakan air hangat, Anda juga dapat melakukan beberapa cara lain seperti yang disebutkan di bawah ini. Cara-cara yang disebutkan ini telah banyak direkomendasikan oleh ginekolog dari seluruh dunia.
  1. Jangan mengkonsumsi makanan asin, manis, dan kafein
    Makanan dengan rasa asin bisa mengakibatkan dehidrasi, perut kembung, dan sakit kepala. Makanan dengan tinggi gula bisa mengganggu gula darah. Sedangkan makanan dengan kandungan kafein seperti teh, kopi, cokelat, dan soda) mampu memperparah mood swing dan sifat lekas marah. Berbagai jenis makanan dan minuman yang sudah disebutkan tersebut memiliki peran dalam memperparah gejala PMS dan nyeri haid Anda.

    Oleh karena itu, sedapat mungkin untuk menghindari makan-makanan tersebut pada saat jadwal haid Anda menjelang.

    Joanne Piscitelli, MD, seorang asisten dosen fakultas kebidanan dan ginekologi klinis di Duke University di North Carolina, Amerika Serikat, menyarakan bagi penderita PMS dan nyeri haid hendaknya membiasakan diri makan dengan teratur agar terhindari dari gula darah naik atau turun terlalu cepat,
  2. Perbanyak asupan makanan yang mengandung zat besi, magnesium, dan asam lemak omega 3.
    Makanan yang dengan kandungan asam lemak omega-3 dan magnesium bisa meminimalisir peradangan pada penyebab nyeri haid. Sedangkan, asupan zat besi mampu membantu mencegah anemia (kurang darah) yang biasa mengiringi datangnya menstruasi.

    Zat besi, magnesium, dan asam lemak omega 3 dapat Anda peroleh dari teri, salmon, sarden, pisang, jeruk, alpukat, susu, gandum, kacang kedelai, tahu, dan sayuran berdaun hijau tua seperti brokoli, bayam, dan sawi.

    Kandungan tersebut bisa saja Anda dapatkan dari makanan dan minuman suplemen, Namun, sangat disarankan untuk berkonsultasi lebih dulu dengan dokter agar lebih aman. Dan perbanyak minum air putih atau teh hangat guna mencegah nyeri saat haid.
  3. Lakukan olahraga ringan
    Sebelum dan saat menstruasi sangat disarankan rutin berolahraga. Berolahraga ringan dengan rutin berfungsi untuk mengendalikan nyeri PMS. Selama berolahraga, tubuh akan menghasilkan endorfin, sebuah senyawa kimia yang dapat membantu meringankan rasa sakit dan juga menstabilkan mood.

    Olahraga aerobik, seperti bersepeda, jalan kaki, lari, dan jogging adalah pilihan olahraga yang pas untuk Anda penderita nyeri haid.
  4. Minumlah obat pereda nyeri sebelum sakitnya muncul
    Jika selama ini Anda justru minum obat nyeri ketika sakitnya sudah telanjur menyerang, cobalah untuk merubah kebiasaan itu menjadi sebelumnya. Minumlah obat seperti aspirin atau ibuprofen yang berfungsi sebagai pereda rasa nyeri pada beberapa hari atau setidaknya 12 jam sebelum haid Anda datang atau sebelum nyeri haid benar-benar muncul.

    Obat-obat tersebut bekerja untuk menghambat produksi prostaglandin. Prostaglandin bermanfaat untuk mengurangi keparahan kontraksi rahim yang menyebabkan nyeri haid.
Demikian ulasan sodikin.com tentang 4 Cara Membebaskan Diri dari Nyeri Haid. Semoga bermanfaat ya Mom.
Kang Sodikin
Seorang blogger pemula dan penggemar fotografi makro. Belakangan, meski terbilang terlambat, sejak tahun 2017 mulai menekuni dunia blogging. Kang Sodikin suka berbagi informasi tentang banyak hal. Pengalaman pribadi dan dari hasil baca-baca dishare melalui blog sodikin.com ini. Mempunyai motto hidup "sekecil apapun, hidup harus memberi manfaat kepada orang lain"
Komentar
Silahkan berkomentar dengan bijak. Semoga komentar Anda berdampak pada kebaikan.