Tips berlibur (vacation) hemat di akhir tahun. Bisa menikmati liburan dengan hemat dan murah pasti menjadi idaman setiap orang. Tak pandang sedang banyak duwit atau lagi bokek. Juga tak peduli apapun pekerjaan (profesi) dan apapun bentuk kesibukan yang sedang dialaminya selama satu tahun belakangan ini.

Pada umumnya, akhir tahun akan dimanfaatkan sebagai kesempatan untuk beristirahat dan menjadi waktu yang berkualitas bersama keluarga. Sehingga akan ada agenda yang sudah dirancang atau direncanakan. Berlibur bersama keluarga adalah salah satunya. Sayangnya, liburan seringkali kali menguras isi tabungan. Dan hal ini banyak menjadi keluhan.

tips-berlibur-hemat-di-akhir-tahun

Sesungguhnya, berlibur tidak harus mahal dan menguras isi dompet. Liburan atau vacation bisa dilakukan dengan murah dan hemat.

Nah, seperti apakah berlibur hemat dan murah bersama keluarga di akhir tahun? Berikut ini adalah tipsnya sebagaimana dilansir dari MoneySmart.id.

1. Budgeting

Hal pertama yang harus dipikirkan dan disiapkan dari rencana liburan hemat adalah dana. Namun demikian, jangan menjadikan uang sebagai penghambat untuk melakukan traveling atau berlibur bersama keluarga karena ada banyak cara tepat dan pas dalam mewujudkan keinginan tersebut.

Cara pertama yang harus dilakukan guna merencanakan traveling adalah budgeting atau perencanaan anggaran. Dengan perencanaan yang matang (budgeting yang baik), kita bisa mengatur keuangan untuk keperluan holiday bersama keluarga.

Dengan menentukan bujet pengeluaran untuk sebuah liburan bersama keluarga dengan menyesuaikan destinasi yang dituju, akan membuat Anda lebih terarah dalam merencanakan suatu perjalanan vacation (liburan) yang hemat.

Atur pengeluaran dan pemasukan dalam kehidupan sehari-hari Anda sebelum melakukan traveling dan berlibur. Mulailah menabung untuk kepentingan rencana liburan impian Anda di satu destinasi.

2. Pesan tiket jauh hari

Guna memperoleh liburan yang hemat, Anda dapat melakukan pemesanan tiket jauh hari sebelum waktu yang liburan. Tentu saja, semakin jauh jarak pembelian tiket dengan tanggal traveling yang diinginkan maka akan semakin murah harga yang diberikan.

Sebagai ilustrasi, harga satu tiket pesawat yang tercantum pada 6 bulan sebelum waktu yang liburan pasti akan jauh lebih murah jika dibandingkan dengan harga tiket yang tersedia pada 1 pekan menjelang waktu liburan. Oleh karena itu, lakukan pemesanan tiket sejak dini agar terhindar dari kenaikan harga.

3. Pilihlah tanggal yang tepat

Dalam menentukan waktu liburan, hindari saat peak season. Mengapa? Karena ketika tepat dengan  peak season, destinasi wisata sudah pasti penuh dengan pengunjung. Kondisi itu berakibat Anda dan keluarga kesulitan memperoleh keleluasaan dan menikmati keindahan destinasi wisata tersebut.

Ketika situasi dalam keadaan low season, pastinya pengunjung di suatu destinasi wisata akan semakin sedikit. Sehingga Anda akan jauh lebih leluasa untuk bisa menikmati dan mengeksplor destinasi wisata. Dan Anda akan dapat menciptakan memori traveling bersama keluarga tanpa adanya gangguan riuh ramainya pengunjung yang lain.

Dan tentu saja, traveling atau vacation ketika low season akan membuat isi dompet jauh lebih tidak terganggu karena harga-harga menjadi bersahabat.

4. Manfaatkan promo sebaik-baiknya

Sesudah berusaha dengan maksimal melakukan budgeting (perencanaan anggaran) dan lain sebagainya namun masih saja persiapan finansial liburan seperti yang diinginkan masih belum mencapai target? Tetaplah tenang, masih ada banyak cara agar bujet liburan dapat lebih ekonomis dan bersahabat dengan ketersediaan dana.

Salah satu cara yang bisa dilakukan adalah dengan memanfaatkan adanya penawaran promo dan diskon ataupun cashback! Pada musim liburan terutama ketika menjelang akhir tahun seperti sekarang ini, ada banyak sekali penawaran promo pada harga tiket dan hotel, dan lainnya. Manfaatkan sebaik-baiknya agar tercipta liburan yang hemat dan murah.

5. Gali informasi dan rekomendasi makanan murah

Satu di antara sekian momen yang tak terlupakan dari sebuah perjalanan dan liburan adalah menikmati kuliner khas yang ada di suatu destinasi wista. Bila Anda merupakan traveler yang suka menikmati berbagai jenis kuliner di suatu destinasi wisata maka tidak ada salahnya jika mencari rekomendasi makanan terbaik dengan harga bersahabat di daerah wisata tersebut. Manfaatkan berbagai informasi dalam aplikasi tertentu tentang makanan ataupun bertanya kepada warga sekitar destinasi.

Melalui rekomendasi dari berbagai aplikasi dan website kuliner dan wisata, Anda dapat menemukan ribuan restoran murah dengan cepat dan terpercaya karena biasanya didukung dengan ulasan dari para pengguna lainnya yang sudah lebih dulu pernah datang.

Demikian info keren tentang tips berlibur di akhir tahun dengan hemat dan murah. 

2Komentar

  1. bermanfaat pak!
    *jangan lupa mampir ya blog saya AORLIN(.)com

    BalasHapus

Posting Komentar

Sebelumnya Selanjutnya