Skip to main content
Kang Sodikin

follow us

Manfaat Jahe yang Jarang Orang Ketahui

Catatan Kang Sodikin tentang manfaat Jahe bagi kesehatan yang jarang orang ketahui.

Manfaat Jahe yang Jarang Orang Ketahui. Kesehatan merupakan salah satu nikmat yang luar biasa, penyakit menyerang tubuh menggerogoti kesehatan. Secara alami tubuh akan menyembuhkan diri, bila perlu mengonsumsi obat mempercepat kinerja tubuh untuk melawan penyakit. Obat terbagi menjadi obat tradisional dan obat medern. Bisa obat herbal maupun obat kimia, banyak jenisnya. Contoh obat herbal yang diolah secara tradisional seperti tumbukan rempah-rempah, rebusan tanaman herbal. Dan ada obat hebal yang diolah modern di pabrik-pabrik besar seperti halnya produk berkemasan yang beredar. Untuk obat terdapat juga kemoterapi yaitu obat kimia yang dikembangkan.

Obat yang banyak digunakan di indonesia adalah obat yang herbal, karena obat tersebut dipercaya lebih ampuh dari obat dari pabrik karena obat yang langsung diolah dari alam. Bahan obat yang digunakan berasal dari tanaman herbal seperti, jahe, lengkuas, kunyit, dan lain-lain.
Jahe (Zingiber officinale), adalah tanaman jenis rempah-rempah yang tumbuh rimpang dan cukup populer di masyarakat. Rimpang berbentuk jemari yang menggembung di antara ruasnya. Jahe memiliki senyawa zingeron yang menjadikan jahe berasa pedas, jahe juga memiliki aroma yang sangat khas dan menyengat.

Selain memiliki senyawa zingeron jahe juga memiliki senyawa kimia lainnya yang dapat bereaksi positif di dalam lambung dan usus yang berakibat mengurangi nyeri dan mual. Selain di usus dan lambung, senyawa tersebut bekerja baik di otak dan sistem saraf guna mengurangi nyeri. Dan masih banyak manfaat yang positif lainnya yang didapatkan dari jahe.

Dibawah ini adalah manfaat yang dapat diperoleh dengan mengonsumsi jahe :

Mengurangi rasa sakit saat datang bulan.

Menurut penelitian jahe, menunjukkan jahe bermanfaat seperti obat ibuprofen dan asam mefenamat. Yang berkhasiat dapat mengurangi nyeri, bagi perempuan yang sedang mengalami nyeri datang bulan disarankan mengonsumsi ekstrak jahe sebanyak 0,5 – 2 gram di hari awal datang bulan.

Mengurangi gejala pusing secara instan.

Pusing adalah penyakit yang yang berada di kepala dan berhubungan dengan otak. Pusing dapat membuat Anda berkurang keseimbangan, penglihatan memudar, dan bisa digejalai dengan mual, bahkan dapat membuat kehilangan kesadaran. Gejala pusing ini bisa diredam dengan mengonsumsi jahe karena jahe mengurangi nyeri di kepala.

Mengurangi nyeri gejala kehamilan.

Rasa mual, pusing dan muntah yang merupakan tanda-tanda kehamilan merupakan hal yang lumrah. Gejala tersebut dapat diminimalkan mengonsumsi jahe, namun yang perlu diingat dan diperhatikan adalah seorang ibu hamil tidak boleh minum obat-obatan secara sembarangan. Disarankan untuk konsultasi ke dokter secara langsung.

Memperbaiki masalah pencernaan.

Usus adalah salah satu organ dalam sistem pencernaan, usus memiliki banyak fungsi, salah satunya adalah menyerap nutrisi dari makanan. Meminum air rebusan jahe dapat meningkatkan kinerja usus dan meperbaiki usus sehingga dapat menyerap nutrisi dari makanan dengan baik.

Antioksidan alami.

Kemajuan teknologi yang cepat membuat dunia berkembang sangat cepat, namun dampaknya yaitu banyaknya polusi yang bertebaran. Polusi dapat menyebabkan penyakit. Jahe memiliki antioksidan yang berguna untuk melawan penyakit di tubuh.

Meredakan nyeri sendi.

Sendi adalah sekat penghubung antar tulang yang membuat manusia dapat bergerak, namun sendi dapat mengalami kerusakan apabila cedera, obesitas atau kelebihan berat badan, dan penuaan sendi. Menurut penelitian, mengonsumsi ekstrak jahe dapat mengatasi nyeri tersebut. Dan juga pijat menggunakan minyak terapi yang berbahan jahe dan jeruk dapat mengurangi nyeri.

Mencegah dari penyakit mematikan.

Gingerol, salah satu kandungan jahe yang berguna untuk mencegah penyakit mematikan, kanker. Dalam percobaan universitas Minnesota melakukan penelitian terhadap gingerol. Suatu kelompok tikus percobaan yang terdiri dari 4 tikus yang bertumor usus dan 13 tikus yang memiliki tumor berkembang. 4 tikus tersebut diberi gingerol dan 13 tikus tidak diberi gingerol. Pada hari ke-49 13 tikus yang tidak diberi gingerol mengalami tumor yang sangat besar sedangkan pada tikus yang diberi gingerol mengalami pertumbuhan tumor setengah dari tikus yang tidak diberi gingerol. Selain dapat mencegah kangker, gingerol berguna mencegah penyebaran dan mengurangi keparahan penyakit tumor.

Meningkatkan jumlah sperma.

Salah satu jenis jahe adalah jahe merah, jahe merah dalam percobaan dapat meningkatkan hormon testosteron, kualitas dan jumlah sperma.

Jahe sangat banyak memiliki manfaat dalam kesehatan, dalam mengonsumsi secara berkala pun aman-aman saja. Namun dalam dunia ini tidak ada yang benar-benar aman, dalam penggunaan jahe diluar batas, jahe dapat berakibat sakit perut, kembung dan terasa panas hingga masalah pencernaan yang lainnya. Gunakan jahe secukupnya dan seperlunya. Hentikan penggunaan bila terasa efek yang negatif.

Konsultasi ke dokter untuk berjaga-jaga. Karena penggunaan jahe dapat berinteraksi dengan obat lain yang anda minum seperti obat pengencer darah dan dikhawatirkan menimbulkan efek yang berbahaya.

Demikian catatan Kang Sodikin tentang Manfaat Jahe yang Jarang Orang Ketahui.

You Might Also Like:

Comment Policy: Silahkan tuliskan komentar Anda yang sesuai dengan topik postingan halaman ini. Komentar yang berisi tautan tidak akan ditampilkan sebelum disetujui.
Buka Komentar