Ini dia Pola Hidup Sehat yang Wajib Kamu Ketahui

Catatan Kang Sodikin seputar Ini dia Pola Hidup Sehat yang Wajib Kamu Ketahui.
Kang Sodikin
Ini dia Pola Hidup Sehat yang Wajib Kamu Ketahui. Kesehatan adalah sebuah harta yang tidak akan ternilai harganya. Oleh karena itu untuk tetap menjadi sehat orang rela melakukan apa saja yang bisa tetap menjaga kesehatan tubuhnya. Segala cara yang dilakukan baik yang kegiatab bernilai medis maupun non medis, dari kegiatan yang logis hingga yang bernuansa supernatural adalah bagian dari beragam usaha yang dilakukan oleh banyak orang dari berbagai kalangan untuk senantiasa sehat atau mendapatkan kembali kesehatannya ketika sedang sakit.

pola-hidup-sehat-wajib-diketahui

Tidak jarang cara yang dilakukan tersebut telah menghabiskan begitu banyak biaya dan bahkan juga tidak jarang menabrak aneka norma dan juga berbagai logika. Tetapi sebenarnya menjaga diri untuk tetap sehat tidaklah sulit untuk dilakukan, bahkan juga kadangkala tidak memerlukan biaya sama sekali dalam semestinya. Tetapi tentunya butuh ekstra sebuah kesabaran dan juga ketelatenan yang hanya sedikit orang bisa untuk tetap konsisten menjalaninya. Berikut akan sajikan bagaimana cara hidup sehat yang dapat Anda jadikan sebagai rujukan untuk tetap sehat dan juga senantiasa bahagia dalam menjalani hidup. Berikut ini adalah paparannya untuk Anda.

1. Perbanyak Konsumsi Air Putih

Yang pertama adalah dengan perbanyak Konsumsi Air Putih. Tahukah Anda bahwa sebagian besar dari kita sendiri itu sebenarnya seringkali kurang minum cukup air dalam setiap hari? Ini tentu saja menjadi hal yang tidak baik sebab seperti yang kita ketahui air sangat penting bagi tubuh kita dalam berbagai keseharian. Ini karena kita kehilangan sebagian besar air setiap hari melalui urine, buang air besar, keringat dan juga pernapasan, sehingga kita perlu mengisi asupan air kita yang ada dalam tubuh.

Ada sebuah penelitian yang telah menunjukkan jumlah air yang kita butuhkan adalah tergantung pada berbagai faktor yang ada. Seperti dalam kondisi iklim dan juga kondisi cuaca, aktivitas fisik yang kita lakukan , dan juga berat badan, tetapi pada umumnya kita perlu 2,7-3,7 liter asupan air untuk tubuh. Jika muncul berbagai tanda-tanda seperti misalnya; urine Anda berwarna atau agak menjadi kuning, bibir yang kering, mulut kering dan sedikit buang air kecil. Segeralah minum air karena itu tanda-tanda yang akan muncul karena tubuh Anda mulai kekurangan asupan cairan. Sehingga pastikan bahwa tubuh Anda menerima asupan air yang cukup.

2. Tidur dan Beristirahatlah yang Cukup

Langkah yang kedua adalah tidur dan Beristirahatlah yang Cukup. Tidur dan juga istirahat yang cukup adalah salah satu kunci dari kebiasaan hidup yang sehat setiap orang. Ini sangatlah beralasan sebab tubuh sangat membutuhkan istirahat yang cukup untuk dapat beraktifitas kembali dengan maksimal esok harinya. Tetapi bila Anda tidak beristirahat dengan cukup baik, Anda bisa mengkompensasi dengan makan yang lebih banyak, tetapi ini sangat tidak direkomendasikan oleh para ahli kesehatan yang ada. Cukup istirahat dan juga dengan tidur juga mencegah penuaan dini pada diri Anda. Sehingga pastikan bahwa tubuh Anda beristirahat dan tidur dengan cukup.

3. Meditasi

Cara yang ketiga bisa dilakukan dengan meditasi. Meditasi akan menenangkan pikiran dan juga menenangkan jiwa Anda. Ketenangan sendiri sangatlah akan bermanfaat untuk kesehatan karena dapat menjauhkan kita dari gangguan stress yang menjadi sumber dari banyak penyakit dan gangguan kesehatan yang dapat menimpa tubuh Anda. Sehingga Anda bisa melakukan meditasi untuk menjaga kesehatan tubuh Anda.

Baca juga: Apa Itu Teh Hijau Dan Manfaatnya Bagi Kesehatan?

4. Berolahraga Teratur

Hal selanjutnya yang bisa Anda lakukan adalah dengan berolahraga secara teratur. Penelitian telah menunjukkan bahwa dengan berolahraga setiap hari membawa manfaat yang luar biasa bagi kesehatan kita, termasuk dengan peningkatan rentang hidup, menurunkan risiko penyakit, kepadatan tulang yang menjadi lebih tinggi dan juga penurunan berat badan. Jika Anda tidak mempunyai waktu untuk berolahraga atau dengan pergi ke pusat kebugaran, berjalan kaki atau dengan aktifitas sehari-hari seperti dengan memilih untuk naik tangga dan buka lift akan menjadi aktifitas pengganti olahraga yang mudah dan juga murah tentunya. Sehingga pastikan bahwa Anda bisa berolahraga dengan teratur tanpa memforsir tenaga Anda dengan olahraga yang berlebihan.

5. Lakukan Olahraga Sebagai Bagian dari Kesenangan

Cara yang kelima adalah dengan Lakukan Olahraga Sebagai Bagian dari Kesenangan. Ketika Anda menikmati berbagai olahraga, Anda akan secara alami ingin melakukannya tanpa sebuah paksaa . Sebab olahraga yang dilakukan secara terpaksa akan menimbulkan sebuah penderitaan yang alih-alih menyebabkan Anda ingin terus melakukannya tetapi malah menjadikan Anda malas untuk melakukan olahraga. Jadi pilih olahraga yang Anda senangi dan lakukanlah secara rutin untuk hidup sehat yang Anda inginkan.

Baca juga: Manfaat Jahe yang Jarang Orang Ketahu

Itulah beberapa hal yang bisa anda lakukan untuk tetap menjaga kesehatan anda. Olahraga yang teratur, istirahat yang cukup, dan mengatur pola makan yang sehat akan membuat hidup anda menjadi lebih sehat. Sehingga ketika beraktivitas tubuh anda akan merasa menjadi lebih bugar. Dan sistem kekebalan tubuh anda juga akan menjadi lebih kuat daripada yang biasanya. Untuk itu mulailah hidup sehat sekarang ini untuk jangka panjang kehidupan anda di masa yang akan datang.

Demikian catatan Kang Sodikin seputar Ini dia Pola Hidup Sehat yang Wajib Kamu Ketahui.
Kang Sodikin
Seorang blogger pemula dan penggemar fotografi makro. Belakangan, meski terbilang terlambat, sejak tahun 2017 mulai menekuni dunia blogging. Kang Sodikin suka berbagi informasi tentang banyak hal. Pengalaman pribadi dan dari hasil baca-baca dishare melalui blog sodikin.com ini. Mempunyai motto hidup "sekecil apapun, hidup harus memberi manfaat kepada orang lain"
Komentar
Silahkan berkomentar dengan bijak. Semoga komentar Anda berdampak pada kebaikan.