Catatan Kang Sodikin tentang Apakah Hidup Sehat Itu Mahal ? dan 10 Cara Mudah Hidup Sehat. Belum lama ini, saya mengalami demam. Dan demam itu sangat mengganggu aktivitas saya seperti biasanya yang saya lakukan sehari-hari. Karena sakit demam yang disertai dengan pusing dan badan lemas yang menyerang tubuh, membuat saya tidak berdaya dan hanya terkurung dalam sebuah kamar dan tempat tidur yang kecil serta obat-obatan yang harus diminum. Dan itu sangat tidak enak bagi saya. Karena yang dapat saya lakukan hanya berbaring, makan, nonton tv, dan tidur, main ponsel tidak lebih.

apakah-hidup-sehat-itu-mahal

Ternyata, sangatlah penting kita memiliki tubuh yang sehat dan juga bugar. Karena tubuh yang sehat juga akan mencerminkan rohani yang sehat dan kuat. Orang yang memiliki tubuh yang sehat berarti orang tidak memiliki gangguan dalam tubuh secara fisik maupun non fisik. Gangguan tubuh fisik artinya penyakit-penyakit yang menyerang tubuh kita dan dapat kita lihat pada tubuh dan juga fisik kita. Sedangkan gangguan nonfisik menyangkut kesehatan kondisi jiwa, hati, dan juga pikiran seseorang.

Kedua hal ini haruslah didapat secara seimbang. Bayangkan, apa jadinya bila seseorang memiliki tubuh yang sehat tetapi memiliki rohani yang sakit atau dalam keadaan pemurung dan memiliki beban yang amat besar? Pasti tidak akan memiliki kebahagiaan dalam hidupnya, tetapi stress yag besar yang ada dalam hidupnya. Karena salah satu syarat orang memiliki kebahagian hidup dalam hidupnya adalah disaat orang itulah memiliki tubuh yang sehat dan rohani yang sehat. Atau mungkin sebaliknya, bagaimana bila seseorang memiliki rohani yang sehat tetapi keadaan tubuh dan fisik dalam keadaan sakit? Pasti tidak akan maksimal dalam melakukan aktivitas seperti biasanya di hari harinya. Jadi, kesehatan sangatlah penting di dalam kehidupan kita, apalagi saat kita akan dalam meraih kebahagian hidup.

Baca juga: 4 Cara Diabetes Dapat Mempengaruhi Mata Anda

Oleh karena itu, mulailah kita untuk membiasakan diri dengan hidup sehat. Karena hidup sehat adalah salah satu resep mencapai kebahagiaan. Bahkan Seorang pujangga yang sangat terkenal dahulu yang bernama Salomo pernah mengatakan bahwa, "Hati yang gembira tanpa beban adalah obat..."

10 Cara Mudah Hidup Sehat


Berikut adalah 10 cara yang sangat mudah dari saya untuk Anda agar dapat memiliki hidup sehat:

1. Aturlah pola makan dengan baik dan benar. Artinya Anda harus tidak sembarangan dan berlebihan dalam memakan atau meminum sesuatu. Hal ini dinamakan self control. Jika Anda sudah mengatur pola makan dengan baik maka anda tidak akan kekurangan gizi.

2. Olah ragalah dengan teratur atau tidak berlebihan dan juga tidak pernah (seimbang). Artinya Olah raga sangat berguna untuk meningkatkan daya tahan tubuh manusia, membakar lemak, serta meningkatkan metabolisme dalam tubuh Anda. Jika Anda sudah menerapkan sistem olahraga yang teratur, otomatis badan Anda akan terlihat segar dan terasa bugar.

3. Jangan terlalu memikirkan masalah secara berlarut-larut dan dalam waktu yang lama. Tetapi selesaikanlah masalah itu secara perlahan sambil mengucap syukur atas apa yang sedang Anda hadapi. Seperti ada pepatah yang mengatakan: "Hati yang gembira adalah obat, tetapi semangat yang patah akan mengeringkan tulang." Jadi, Bersukacitalah senantiasa dalam menjalani bagian dari hidup.

4. Makanlah makan-makanan yang bergizi dan cukup. Sepertinya pola 4 sehat 5 sempurna yang sangat perlu di tingkatkan dan juga dijaga lagi.

5. Istirahatlah dengan cukup. Istirahat akan sangat berguna untuk merefleksikan pikiran Anda sejenak dari aktivitas keseharian dalam kehidupan yang Anda lakukan.

6. Berusahalah untuk menyediakan waktu luang refreshing untuk diri Anda sendiri bersama dengan teman-teman.

7. Berusahalah untuk berpikir positif terhadap sesuatu yang datang untuk menantang sifat maupun sikap ego Anda.

8. Jagalah kebersihan lingkungan. Karena terdapat pepatah yang mengatakan: "Kebersihan termasuk sebagian dari iman."

Baca juga: Mengapa Artis Terlibat Bisnis Prostitusi?

9. Berdoa. Doa ini dimaksudkan untuk menjaga hubungan rohani Anda dengan Tuhan si pemberi kehidupan dan kesehatan dan lain lain.

10. Minumlah air putih setiap hari dan minimal 8 gelas dalam sehari. Hal ini akan sangat berpengaruh terhadap kesehatan Anda.

Kebanyakan orang bilang berpola hidup sehat membutuhkan banyak sekali biaya yang akan dikeluarkan, hingga mereka harus membayar berbagai hal yang sebenarnya bisa dilakukan sendiri di rumah secara murah dan bahkan gratis.

Maka hal tersebut bisa dimanfaatkan dan dijadikan patokan untuk Anda dalam ber pola hidup sehat. Tidak perlu dengan yang mahal-mahal. Lakukan saja langkah langkah yang sudah dijelaskan diatas dengan sedikit demi sedikit dan otomatis nantinya akan terbiasa dalam ber pola hidup sehat.

Dengan demikian diketahui bahwa ber pola hidup sehat tidak harus dengan biaya yang mahal, seharusnya cukup lakukan yang terjangkau terjangkau dengan kegiatan kita sehari hari saja dan meninggalkan kebiasaan buruk kita.

Semoga catatan Kang Sodikin tentang Apakah Hidup Sehat Itu Mahal? dan 10 Cara Mudah Hidup Sehat ini membantu. Terimakasih

0Komentar

Sebelumnya Selanjutnya