4 Cara Diabetes Dapat Mempengaruhi Mata Anda

4 Cara diabetes dapat mempengaruhi kesehatan mata atau pandangan Anda.
Kang Sodikin
4 Cara diabetes dapat mempengaruhi mata atau pandangan Anda. Diabetes adalah suatu kondisi yang disebabkan ketika kadar gula darah dalam tubuh menjadi terlalu tinggi dan dapat mempengaruhi orang-orang dari segala usia.

Ada berbagai efek samping dari diabetes dan itu adalah kondisi yang harus diperhatikan secara serius dan dipantau secara ketat. Menjaga mata Anda ketika Anda menderita diabetes sangat penting. Hal itu penting karena memiliki kondisi demikian dapat menyebabkan masalah pada mata. Jika tidak dirawat dengan benar, dapat menyebabkan kerusakan dan potensi kerusakannya adalah tidak dapat diperbaiki.

4-cara-diabetes-dapat-mempengaruhi-mata

Pada artikel ini saya akan menunjukkan 4 cara diabetes dapat mempengaruhi mata atau pandangan Anda.

1. Retinopati Diabetik - Diabetic Retinopathy

Retinopati diabetik mungkin merupakan komplikasi diabetes yang paling umum diketahui dan harus dianggap serius karena dapat menyebabkan kebutaan.

Retinopati diabetik mempengaruhi retina, yang merupakan bagian belakang mata. Retina adalah bagian mata yang mengubah cahaya yang kita lihat menjadi sinyal yang dikirim ke otak melalui saraf optik, ini kemudian diproses oleh otak menjadi gambar yang kita lihat.

Retinopati diabetik disebabkan ketika pembuluh darah kecil di retina Anda tersumbat, bocor atau tumbuh abnormal karena tingginya kadar gula darah.

Baca juga: Mengapa Artis Terlibat Bisnis Prostitusi?

Ada 3 jenis retinopati diabetik:

Retinopati diabetik latar belakang - tipe ini adalah perubahan retina yang sangat awal, biasanya tidak mempengaruhi penglihatan tetapi harus dipantau dengan hati-hati untuk memastikan tidak menjadi lebih buruk.

Makulopati diabetik - tipe ini adalah ketika retinopati diabetik latar belakang telah berkembang di atau sekitar makula. Makula sangat penting ketika memberikan visi yang baik karena memberikan visi sentral. Memiliki makulopati diabetes dapat mempengaruhi penglihatan.

Retinopati diabetik proliferatif - tipe ini disebabkan ketika retinopati diabetik latar belakang menjadi lebih buruk. Ketika pembuluh darah menjadi rusak atau tersumbat di area yang luas oleh kedua jenis di atas, hal itu menyebabkan berkurangnya pasokan darah ke retina. Tubuh mencoba untuk mengkompensasi ini dengan menumbuhkan pembuluh baru di permukaan retina, tetapi pembuluh ini cenderung sangat lemah dan berdarah, yang pada gilirannya dapat mempengaruhi penglihatan.

Pendarahan juga dapat menyebabkan jaringan parut yang menarik retina, ini dapat menyebabkan ablasi retina. Sementara ablasi retina dapat diperbaiki, kadang-kadang ini tidak mungkin dilakukan, yang menyebabkan gangguan penglihatan atau kebutaan.

2. Katarak - Cataracts

Sementara mengembangkan katarak sangat umum dan merupakan bagian dari proses penuaan alami mata, penderita diabetes dapat mengembangkan katarak lebih awal dan lebih cepat.

Katarak disebabkan oleh penuaan mata, menjadi keruh dan lebih kaku. Gejala katarak cenderung penglihatan kabur dan silau atau lingkaran cahaya, terutama pada malam hari. Katarak biasanya mudah dihilangkan dengan menjalani operasi katarak dan sebagai gantinya lensa intraokular buatan ditanamkan untuk mengembalikan penglihatan.

3. Glaukoma - Glaucoma

Glaukoma disebabkan oleh peningkatan tekanan mata. Tekanan berkembang ketika cairan mata tidak bisa dikeringkan seperti biasa. Ini kemudian dapat menyebabkan kerusakan pada pembuluh darah dan saraf di dalam mata yang menyebabkan gangguan penglihatan, dan jika tidak dipantau dan diobati dengan benar, dapat menyebabkan kebutaan.

Jika Anda menderita diabetes, kemungkinan besar Anda menderita glaukoma langka yang disebut glaukoma neovaskular. Jenis glaukoma langka ini disebabkan ketika pembuluh darah baru tumbuh dan tumbuh di iris, yang merupakan bagian berwarna mata, dan ini menghalangi aliran normal cairan mata dan pada gilirannya meningkatkan tekanan internal mata.

Sementara jenis glaukoma biasa dapat diobati dengan obat tetes mata dan kemungkinan pembedahan jika diperlukan, glaukoma neovaskular sulit diobati dan operasi laser atau implan mungkin harus digunakan untuk mengendalikan glaukoma.

4. Penglihatan kabur - Blurred Vision

Penglihatan kabur mungkin disebabkan oleh sesuatu yang lain, seperti katarak, tetapi ketika Anda menderita diabetes kadang-kadang dapat disebabkan oleh ketidakseimbangan kadar gula darah Anda yang dapat dengan mudah diperbaiki.

Kadar gula darah yang tinggi dapat menyebabkan lensa di dalam mata Anda membengkak, yang memberikan efek penglihatan kabur. Untuk mengobati ini, Anda mungkin hanya perlu mendapatkan kadar gula darah Anda kembali terkendali dan dalam batas. Mungkin butuh beberapa bulan sampai penglihatan kabur menghilang.

Baca juga: Begini Cara Nonaktifkan Notifikasi Aplikasi Atau Game Android Dengan Mudah 2019

Jika Anda mengalami penglihatan kabur, buat janji dengan dokter umum dan dokter mata atau klinik mata Anda, sehingga mereka dapat memastikan itu tidak lebih serius.

Ingat jika Anda memiliki diabetes untuk memeriksakan mata secara teratur. Setiap orang yang berusia di atas 12 tahun yang menderita diabetes harus diundang ke skrining mata diabetes tahunan dan penting untuk tidak melewatkan ini. Deteksi dini penyakit mata diabetes bisa menyelamatkan penglihatan Anda.

Demikian catatan Kang Sodikin di sodikin.com tentang 4 Cara diabetes dapat mempengaruhi kesehatan mata atau pandangan Anda. Semoga kita semua terhindar dari penyakit ini.
Kang Sodikin
Seorang blogger pemula dan penggemar fotografi makro. Belakangan, meski terbilang terlambat, sejak tahun 2017 mulai menekuni dunia blogging. Kang Sodikin suka berbagi informasi tentang banyak hal. Pengalaman pribadi dan dari hasil baca-baca dishare melalui blog sodikin.com ini. Mempunyai motto hidup "sekecil apapun, hidup harus memberi manfaat kepada orang lain"
Komentar
Silahkan berkomentar dengan bijak. Semoga komentar Anda berdampak pada kebaikan.