Manfaat Daun Kelor bagi Tubuh Manusia. Daun kelor adalah tanaman yang bernama latin Moringa Oleifera dan berasal dari suku Moringaceae. Jangan dikira daun ini tidak bermanfaat karena bentuknya yang kecil, justru daun kelor memiliki banyak manfaat bagi tubuh.

Bahkan daun kelor bermanfaat bagi bayi dan anak-anak yang sedang dalam masa pertumbuhan hingga orang dewasa. Mengapa demikian? Karena daun kelor memiliki kandungan yang sangat baik bagi tubuh manusia. Misalnya manfaat daun kelor bagi orang dewasa bisa meningkatkan kecantikan sebab daun kelor mengandung vitamin A, vitamin C, kalsium, protein, dan protasium.

manfaat-daun-kelor-bagi-tubuh-manusia

Sebuah penelitian juga telah membuktikan bahwa daun kelor memiliki efek anti-inflamasi dan hipointensif yang mampu meningkatkan aktivitas monoamina otak. Tidak hanya itu saja manfaat dari daun kelor, di bawah ini akan dijelaskan tentang berbagai manfaat lain dari daun kelor bagi kesehatan:

1. Mengatasi diabetes

Kadar gula yang tinggi di dalam darah akan menimbulkan penyakit diabetes. Biasanya apabila sudah terserang penyakit diabetes, maka akan mudah muncul penyakit-penyakit lain yang lebih serius seperti penyakit jantung.

Penyakit diabetes dapat disebabkan kurang selektif dalam memilih makanan. Tetapi jangan khawatir bagi Anda yang sudah terlanjur terserang diabetes. Anda dapat mengatasinya dengan daun kelor karena sudah ada penelitian yang membuktikan bahwa mengonsumsi sebanyak 150 mg secara rutin dapat mengatasi penyakit diabetes.

Baca juga: Tren Fashion Muslimah Tahun 2019

2. Mencegah sakit mata

Daun kelor juga berguna untuk mengatasi sakit mata atau mata lelah. Dengan menggunakan bahan alami daun kelor, mata akan kembali sehat dan segar kembali. Cara mengatasi sakit mata menggunakan daun kelor yaitu haluskan daun kelor dan tambahkan air sebanyak 100 ml. Lalu saring air rebusan daun kelor terasebut, jika sudah air rebusan yang telah disaring itu gunakan untuk membasuh mata. Lakukan cara ini setiap hari agar mata cepat pulih.

3. Menjaga kesehatan ginjal

Salah satu manfaat daun kelor yaitu dapat membantu menjaga kesehatan ginjal. Berbagai penyakit ginjal bisa diobati dengan menggunakan daun kelor. Ginjal akan melakukan penyembuhan secara perlahan jika Anda rutin mengonsumsi daun kelor.

4. Menghilangkan stres

Daun kelor mеruраkаn sаlаh sаtu аdарtоgеn аlаmi. Maksud adaptogen alami adalah tаnаmаn ini mempunyai kеmаmрuаn mеlindungi tubuh dаri еfеk tоksik yаng disebabkan оlеh strеs.

5. Anti kanker

Sel kanker mengalami proses pembentukan yang cukup lama, sehingga tidak disadari apabila penyakit ini sedang berkembang. Penderita kanker akan merasakan penyakitnya apabila kanker tersebut sudah memasuki stadium lanjut. Oleh karena itu, sebaiknya melakukan pencegahan sejak dini.

Bahan alami yang dapat digunakan untuk mencegah kanker yaitu daun kelor. Pernah diteliti bahwa daun kelor bermanfaat sebagai pembunuh sel dan mencegah tumbuhnya sel kanker. Konsumsi daun kelor secara rutin supaya mencegah berkembangnya sel kanker di dalam tubuh.

6. Mencegah atau mengobati penyakit kulit

Daun kelor mengandung antiseptik yang dapat membunuh bakteri penyebab gatal dengan cepat. Kandungan antiseptik pada daun kelor setara dengan antiseptik yang dibuat menggunakan bahan kimia. Tanpa mengeluarkan biaya untuk membeli antiseptik, Anda dapat menggunakan daun kelor saja yang bisa ditemukan di sekitar tempat tinggal Anda.

Jika memiliki alergi kulit atau penyakit kulit lainnya, dapat menyembuhkan dengan daun kelor. Caranya cukup dengan menumbuk daun kelor hingga halus lalu menempelkan tumbukan daun tersebut ke bagian kulit yang gatal atau iritasi.

7. Mengecilkan pori-pori pada kulit wajah

Apabila Anda memiliki wajah dengan pori-pori besar, maka Anda dapat memperkecilnya kembali dengan daun kelor. Biasanya pori-pori pada wajah membesar akibat paparan sinar matahari yang terus menerus atau bisa juga disebabkan karena bekas jerawat. Masalah ini dapat diatasi dengan menggunakan masker daun kelor secara rutin agar mendapatkan hasil yang maksimal.

8. Mencerahkan kulit kusam

Dengan menggunakan masker daun kelor secara rutin, kulit wajah Anda akan terlihat lebih bersih dan terawat. Daun kelor juga dapat menyamarkan bintik hitam yang biasanya muncul di area wajah.

Baca juga: 10 Tips Hidup Sehat Sehari-hari

9. Menurunkan radikal bebas pada tubuh

Аntiоksidаn merupakan sеnyаwа yаng mampu mеlаwаn rаdikаl bеbаs di dаlаm tubuh. Tingkаt rаdikаl bеbаs di dalam tubuh yаng tinggi dараt mеnyеbаbkаn strеs dan bisa juga mеnimbulkаn реnyаkit krоnis. Gunakan daun kelor yаng mengandung banyak аntiоksidаn untuk menangkal atau mengurangi rаdikаl bеbаs dаlаm tubuh. Dengan cara, buat seduhan еkstrаknyа sеbаgаi bаhаn alami реngаwеt mаkаnаn.

10. Menjaga kesehatan rambut

Daun kelor dapat digunakan untuk mengatasi rambut rusak seperti rambut rontok, kotor, apek dan rambut berbau tidak sedap yanh disebabkan oleh polusi udara. Duan kelor dapat membuat rambut kembali sehat.

Mungkin jika hanya sekilas melihat tanaman ini tidak percaya dengan hasilnya. Namun, dari ulasan ini dapat dibuktikan bahwa itulah beberapa manfaat daun kelor bagi kesehatan tubuh hingga merawat kecantikan kulit Anda.

Demikian catatan Kang Sodikin seputar Manfaat Daun Kelor bagi Tubuh Manusia.

0Komentar

Sebelumnya Selanjutnya