10 Tips Hidup Sehat Sehari-hari. Tuntutan kebutuhan yang semakin banyak seiring berkembangnya zaman, membuat aktivitas manusia menjadi semakin padat untuk memenuhinya. Kesibukan aktivitas ini kadang membuat kita sampai lupa untuk mejaga kesehatan.

Padahal kesehatan adalah kunci utama untuk melakukan segala aktivitas menjadi lancar. Namun keterbatasan waktu menjadi kendala dan alasan yang tepat untuk melupakan menjaga kesehatan.

10 tips-hidup-sehat-sehari-hari

Misalnya saja karena seseorang sibuk bekerja seharian, berangkat pagi-pagi sekali dan pulang sudah larut malam dan kelelahan sehingga tidak sempat untuk olahraga atau setidaknya memasak makanan-makanan yang sehat dan bergizi.

Akhirnya hanya memakan makanan junk food setiap hari dan tidak pernah ber-olahraga maupun beristirahat untuk sekedar quality time untuk diri sendiri.

Namun tidak benar jika sampai kita sakit karena gaya hidup yang tidak sehat karena sesibuk apapun aktivitas kita, jika kita mau dan yakin pasti kita tetap bisa hidup sehat. Contohnya dengan menerapkan 10 tips hidup sehat seperti di bawah ini:

1. Makanlah makanan sehat walaupun tidak punya banyak waktu

Meskipun terikat oleh kesibukan tentunya soal makanan kita juga harus tetap pilih-pilih dong. Pilih-pilih di sini bukan berarti memilih yang disuka dan yang gampang saja.

Baca juga: Harga dan Spesifikasi Daihatsu Xenia 2019

Memilih-milih disini bermaksud kamu tetap harus memilih makanan yang sehat meskipun tidak punya banyak waktu untuk membuatnya.

Jika memang tidak punya banyak waktu dan butuh makanan yang cepat disajikan, setidaknya makanlah makanan yang tetap aman bagi tubuh. Contohnya membuat salad sayur. Hanya butuh beberapa menit saja kamu sudah bisa menikmati makanan sehat ini.

Atau jika memang butuh sesuatu yang lebih cepat, kamu bisa memakan roti oles selai yang tentunya lebih sehat daripada makanan instan cepat saji.

2. Perbanyak minum air putih

Bukan hal yang rahasia lagi bahwa meminum banyak air putih dapat membantu menjaga kesehatan. Hal ini karena 70 % tubuh kita mengandung cairan yang harus dipenuhi. Di sela-sela aktivitas kita, usahakan tetap meminum air putih secara berkala.

3. Melakukan peregangan di sela-sela kegiatan

Kegiatan yang statis sepanjang hari pastinya membuat tubuh kita merasa lelah. Misalnya orang yang sepanjang harinya duduk di depan komputer, cobalah untuk melakukan peregangan meskipun hanya peregangan sederhana. Contohnya melakukan peregangan leher dan tangan.

4. Berpuasa

Jika memang selama melakukan aktivitas tidak dapat memakan makanan yang sehat, lebih baik kamu berpuasa. Karena puasa sudah terbukti dapat menyehatkan tubuh.
Karena saat kita berpuasa, organ pencernaan kita akan beristirahat. Namun berpuasa juga tetap harus sesuai dengan aturan berpuasa pada umumnya dan jangan terlalu memaksakan diri.

5. Memakan maknaan yang berwarna cerah

Memakan makanan berwarna cerah, selain menambah semangat juga ternyata bagus juga untuk menjaga kesehatan tubuh kita. Mengapa demikian? Karena makanan terutama buah dan sayuran yang berwarna cerah biasanya mengandung anti-oksidan yang baik bagi tubuh.
Anti-oksidan tersebut mampu mengusir radikal bebas yang berbahaya bisa merusak sel-sel dalam tubuh.

6. Makanlah makanan dalam porsi cukup

Daripada sekali makan dalam porsi banyak dan berlebihan, akan lebih baik jika kamu makan dengan porsi sedikit namun berkali-kali.

Mengapa demikian? Karena dengan sedikit makan yang teratur tentunya akan memberikan energi yang cukup untuk mencerna makanan yang sebelumnya.

7. Mengurangi meminum kopi

Bagi sebagian para pekerja atau pemilik aktivitas padat yang sampai harus lembur begadang semalaman pastinya tidak bisa jauh-jauh dari kopi. Karena memang sudah bukan rahasia lagi jika kopi dapat membuat kamu tahan melek alias begadang.
Namun ternyata terlalu banyak minum kopi juga tidak baik loh. Kenapa tidak baik? Karena jikatubuh mengonsumsi kaein yang berlebihan, hal ini dapat berdampak pada menurunnya kinerja jantung.

8. Kurangi meminum minuman dengan isotonik

Memang minuman dengan isotonik sangatlah enak dan menyegarkan apalagi setelah melakukan aktivitas yang sangat padat. Namun terlalu sering mengonsumsinya juga bukanlah hal yang bagus.
Kenapa sih bisa begitu? Hal ini jelas karena minuman yang mengandung isotonik mengandung banyak bahan kimia dan pengawet yang tidak begitu bagus untuk tubuh.

9. Berpikiran yang baik dan positif

Yak benar, berpikir positif dapat membantu menjaga kesehatan karena dengan berpikir positif kita akan terhindar dari stress yang tidak perlu. Jika kita berpikir positif maka jiwa kita akan menjadi sehat dan kuat.

Baca juga: Busana Muslimah, Kenapa Harganya Sangat Mahal?

Jika jiwa kita sehat maka tubuh kita pun akan ikut sehat. Hal ini sebagaimana dengan pepatah yang menyatakan “mens sana in corpore sano, dalam tubuh yang sehat tedapat jiwa yang kuat”

10. Merasa bahagia

Hidup dengan perasaan bahagia tentunya akan membawa pada kehidupan yang damai dan sehat. Bahagia tidak berarti harus selalu berkecukupan dan segala sesuatu berjalan lancar.

Cobalah untuk menerima setiap kejadian atau setiap hal baik itu baik maupun buruk dengan lapang dada. Dan cobalah untuk mencintai diri sendiri dan bersyukur.

Demikian catatan Kang Sodikin di sodikin.com tentang 10 Tips Hidup Sehat-Sehari-hari.

0Komentar

Sebelumnya Selanjutnya