5 Kondisi mata merah yang bisa merusak penglihatan. Ketika penglihatan terasa gatal atau mungkin tidak nyaman, orang biasanya suka menguceknya. Tindakan seperti itu bisa menyebabkan mata merah. Dalam dunia medis, kondisi itu lebih dikenal sebagai konjungtivitis. Pada mata ada lapisan tipis yang berfungsi melapisi permukaan. Jika lapisan ini mengalami iritasi yang disebabkan oleh virus ataupun bakteri, maka akan keluar warna merah pada mata atau yang biasa disebut pink eye.

Gejala mata merah umumnya tergolong masih ringan, tetapi dalam kasus tertentu yang lebih parah, penglihatan bisa terancam atau terpengaruh.

5-kondisi-mata-merah-yang-bisa-merusak-mata-jika-tidak-segera-di-obati

Untuk kasus yang masih ringan, mata merah bisa diobati dengan kompres dingin atau menggunakan obat tetes mata. Tetapi dalam kasus demikian yang lebih parah, maka bantuan dokter jelas dibutuhkan.

Dilansir dari laman Health, pada Senin (4/24/2019), ada 5 macam kondisi mata merah yang bisa merusak penglihatan :

1. Iritasi, terbakar, atau gatal-gatal

Dari semua masalah konjungtivitis pada mata, kondisi tersebut paling banyak terjadi. Terasa terbakar, Iritasi, gatal-gatal, atau layaknya ada yang mengganjal di mata umumnya diakibatkan adanya alergi. Mata bisa jadi terimbas paparan alergen seperti asap, serbuk sari, atau bulu hewan peliharaan.

Baca juga: Begini Cara Melihat Pesan WhatsApp yang Dihapus

2. Kemerahan

Gangguan mata yang seperti ini menyebabkan bagian putih pada mata nampak merah. Faktor penyebabnya adalah konjungtiva yang meradang sehingga meyebabkan pembuluh darah lebih terlihat jelas.

Jika terjadi pada bayi, maka kondisi ini dapat lebih mengkhawatirkan. Karena bayi lebih rentan terjadi pembengkakan pada kelopak mata dan juga keluarnya nanah. Jika kondisi seperti ini terjadi, maka sangat disarankan untuk segera membawa ke dokter.

3. Belekan

Konjungtiva terbentuk karena adanya jaringan penghasil lendir yang selalu melapisi mulut dan hidung.

Sebagaiana halnya hidung yang selalu meler ketika flu atau air liur yang mungkin keluar berlebih ketika sariawan, konjungtiva juga dapat mengeluar rair ketika mengalami peradangan. Air yang muncul tersebut terlihat lebih seperti nanah kental yang dapat menyebabkan bulu mata menempel satu sama lain. Kondisi seperti itu biasa disebut dengan kata belekan. Ketika belekan terjadi pada seseorang maka akan cenderung megalami kesulitan untuk membuka mata ketika bangun tidur.

Kecuali itu, belekan juga bisa mengaburkan penglihatan terhadap satu obyek. Umumnya kondisi seperti ini akan teratasi dengan cara mengusapkan air hangat pada menggunakan kapas dan sejenisnya sehingga kotoran lendir yang lengket terangkat. Namun jika kondisi seperti ini sulit diatasi maka segeralah mengunjungi dokter mata Anda.

4. Pembengkakan

Konjungtivis yang dialami seseorang bisa menyebabkan mata mengalami bengkak. Begitu pun dengan kelopaknya. Bahkan sangat mungkin menyebabkan munculnya benjolan pada kelenjar getah bening di sekitar telinga. Jika seperti itu maka kondisi tersebut dapat dikatakan telah cukup serius.

5. Sensitivitas terhadap penglihatan cahaya

Umumnya, gejala mata merah tidak sampai mempengaruhi penglihatan. Namun pada kasus yang lebih parah bisa mengakibatkan jaringan parut yang terdapat pada kornea yang secara permanen bisa merusak daya penglihatan.

Baca juga: Suzuki GSX-1300R Hayabusa Kalahkan Kecepatan Mobil dan Motor Super ini

Kondisi tersebut ditandai dengan penglihatan yang memburam dan munculnya ketidakmampuan mata untuk mentolerir cahaya terang. Jika kondisi seperti ini terjadi, maka sangat mungkin infeksi sudah menyebar di luar area konjungtiva. Maka segeralah pergi ke dokter mata untuk pememriksaan dan pengobatannya.

Demikian catatan Kang Sodikin seputar 5 kondisi mata merah, konjungtivitis atau pink eye yang bisa merusak penglihatan jika tidak segera ditangani dengan benar.

0Komentar

Sebelumnya Selanjutnya