Suzuki GSX-1300R Hayabusa Kalahkan Kecepatan Mobil dan Motor Super ini

Suzuki GSX-1300R Hayabusa banyak mengalahkan kecepatan mobil dan motor super seperti Honda CBR1100XX Super Blackbird, Kawasaki Ninja ZX-12R, dan Nissan GTR, Ferrari 458, Bugatti Chiron dan Lamborghini Aventador. Suzuki GSX-1300R Hayabusa hanya kalah dari Dodge Demon. Dan ia harus mengakui keunggulannya. Uraian lengkap mengenai Suzuki GSX-1300R Hayabusa dapat disimak dalam posting ini.
Kang Sodikin
Suzuki GSX-1300R Hayabusa kalahkan kecepatan mobil dan motor super. Hayabusa bukan merupakan motor sembarangan. Dalam catatan Kang Sodikin, terdapat berbagai merek motor yang menjadi korban keganasannya. Sebut saja Honda CBR1100XX Super Blackbird dan juga Kawasaki Ninja ZX-12R pernah dibuat tak berkutik dan malu di lintasan balap.

Motor Suzuki GSX-1300R atau yang disebut Hayabusa, diluncurkan pertama kali pada 1988. Kata "Hayabusa" sendiri berasal dari bahasa Jepang yang berarti elang peregrine. Suzuki GSX-1300R ini dikenal mampu mencapai kecepatan penuh hingga 200 mph. Dan dengan kecepatannya tersebut, Hayabusa atau Suzuki GSX-1300R pernah mengasapi Honda CBR1100XX Super Blackbird. Dengan kecepatan tertinggi yang bisa mencapai hingga 186 mph maka itu berarti lebih baik atau lebih cepat 10 mph dari Honda.

daftar-merek-mobil-dan-motor-korban-keganasan-suzuki-hayabusa

Sebagaimana dilansir dari Ridepart, Selasa (11/12/2018), ketika itu, para produsen otomotif Jepang dan Eropa membuat kesepakatan untuk memproduksi motor yang mampu mencapai kecepatan tertinggi hingga 186 mph.

Maka dengan diproduksinya Suzuki GSX-1300R sesuai kesepakatan tersebut maka hal itu berarti menjadikan Kawasaki Ninja ZX-12R sebagai korban kedua si iblis kecepatan tinggi. Dan menjadikannya sebagai sepeda motor tercepat sejagat pada abad ke-20 ini.

Baca juga: Manfaat Minyak Zaitun Bagi Kesehatan

Nissan GTR, Ferrari 458, Bugatti Chiron dan Lamborghini Aventador dikalahkan Suzuki GSX-1300R Hayabusa


Sesungguhnya tidak hanya motor super dengan kecepatan tinggi yang dikalahkan Hayabusa dalam hal kecepatan, bahkan berbagai merek mobil supercar terkenal pun ditaklukkan Hayabusa. Sebut saja di sini Lamborghini aventador, Ferrari 458, Nissan GTR dan Bugatti Chiron. Bahkan tidak hanya tiga jenis kendaraan super tersebut, yang terbaru adalah supercar Dodge Demon yang juga mendapat perlawanan sengit dari Suzuki GSX-1300R Hayabusa dalam event drag strip pada bulan November yang lalu.

Pertandingan antara keduanya merupakan pertandingan ulang atau rematch. Sebelumnya pernah dilakukan drag antara dua kendaraan tersebut. Saat itu Demon keluar sebagai yang tercepat dengan kemampuan melaju dari 0 ke 201 meter. Namun, pengendara motor dan tim Suzuki GSX-1300R Hayabusa menganggap bahwa kekalahannya dikarenakan jarak yang terlalu pendek. Akhirnya antara keduanya kembali diadu. Dan kali ini mereka harus kembali beradu kecepatan dalam drag yang mempunyai jarak lebih panjang, 402 meter.

Suzuki Hayabusa tetap harus mengakui bahwa Dodge Demon tersebut merupakan pesaing yang pantas.

The Dodge Demon mempunyai catatan kecepatan mengesankan saat dilombakan meski tidak mudah untuk bisa mencapai 840 hp (851 PS / 626 kW) dan 770 lb-ft (1.042 Nm) torsi yang dihasilkan oleh HEMI V8 6.2 liter supercharged.

Bahkan ketika Suzuki GSX-1300R Hayabusa versus Ferrari 458, yang merupakan mobil dengan kemampuan super cepat. Sepeda motor yang cuma mempunyai kekuatan 298 tenaga kuda ini tetaplah bukan tandingan dan terlalu cepat bagi sebuah mobil, bahkan Ferrari 458 sekalipun.

Suzuki GSX-1300R Hayabusa mampu mencapai kecepatan super cepat tersebut lewat kinerja mesin 1.299 cc yang dapat menghasilkan 173 tenaga kuda dalam bentuk originalnya.

Suzuki GSX-1300R Hayabusa sudah mengalami desain ulang besar pertama ketika tahun 2008 lalu. Walaupun mempunyai tampilan dan desain baru, tetapi itu masih merupakan evolusi simple dari sepeda motor asli di bawah jubah baru.

Baca juga: Jangan Jadi 6 Tipe Orang Tua Ini!

Dengan redesain itu, membuat mesin Suzuki GSX-1300R Hayabusa harus menerima banyak pekerjaan internal guna memenuhi standar pengetatan Euro 3. Konsep knalpot baru harus memasukkan catalytic converter untuk pertama kalinya. Dengan perubahan itu memberikan dampak pada mesin sehingga menjadi 1.340 cc dan 194 tenaga kuda.

Rem, kopling, dan kemudi Suzuki GSX-1300R Hayabusa juga mengalami peningkatan.

Sayangnya, standar emisi Eropa membuat Suzuki GSX-1300R Hayabusa terancam. Sehingga Suzuki akhirnya memutuskan untuk tidak lagi memproduksinya. Tentu saja keputusan Suzuki untuk menghentikan produksi Hayabusa mengejutkan banyak pihak. Bagaimana tidak, Hayabasa sudah meramaikan jalanan selama dua dasa warsa atau 20 tahun.

Demikian informasi tentang Suzuki GSX-1300R Hayabusa yang sudah banyak mengalahkan kecepatan berbagai tipe motor dan mobil super seperti Honda CBR1100XX Super Blackbird, Kawasaki Ninja ZX-12R, dan Nissan GTR, Ferrari 458, Bugatti Chiron dan Lamborghini Aventador.
Kang Sodikin
Seorang blogger pemula dan penggemar fotografi makro. Belakangan, meski terbilang terlambat, sejak tahun 2017 mulai menekuni dunia blogging. Kang Sodikin suka berbagi informasi tentang banyak hal. Pengalaman pribadi dan dari hasil baca-baca dishare melalui blog sodikin.com ini. Mempunyai motto hidup "sekecil apapun, hidup harus memberi manfaat kepada orang lain"
Komentar
Silahkan berkomentar dengan bijak. Semoga komentar Anda berdampak pada kebaikan.