Manfaat Minyak Zaitun Bagi Kesehatan. Tahukah kalian apa itu minyak Zaitun? Minyak zaitun merupakan minyak alami yang bisa kita diekstrak dari buah zaitun. Minyak zaitun juga sering disebut sebagai olive oil. Minyak zaitun biasa digunakan dalam kehidupan sehari-hari sebagai pengganti dari minyak goreng yang sering digunakan. Di dalam minyak zaitun terdapat 24 persen yang terdiri dari lemak jenuh, omega 6, serta asam lemak omega 3. Di dalam minyak zaitun terdapat asam lemak yang sangat banyak yaitu asam omelat yang diyakini baik atau sehat. Asam oleat ini bisa digunakan untuk membantu mengurangi sakit peradangan.

manfaat-minyak-zaitun-bagi-kesehatan

Minyak zaitun atau olive oil lebih banyak memiliki lemak baik dibandingkan dengan minyak goreng biasa atau minyak kelapa murni. Di dalam satu sendok makan, minyak zaitun mengandung sekitar 11 gram lemak tak jenuh tunggal dan 1 gram lemak tak jenuh ganda. Minyak zaitun atau olive oil bisa dikatakan memiliki 5 hingga 10 kali jumlah lemak baik yang sangat diperlukan oleh tubuh.

Meskipun minyak zaitun memiliki harga yang lebih mahal daripada minyak goreng biasa, tetapi masih banyak orang yang rela membeli minyak zaitun dan menggunakannya untuk mendapatkan manfaatnya yang sangat beragam dan begitu multifungsi. Minyak zaitun dapat digunakan sebagai bahan pangan dan bahan nonpangan. Misalnya untuk bahan pangan, minyak zaitun digunakan untuk memasak dan sebagai saus salad. Dalam penggunaan bahan nonpangan, minyak zaitun sering digunakan untuk minyak pijat, kosmetik, bahan bakar, dan yang lainnya.

Baca juga: Jangan Jadi 6 Tipe Orang Tua Ini!

8 Manfaat Minyak Zaitun Bagi Kesehatan


Sudah bisa kita ketahui, minyak zaitun memiliki banyak manfaat bagi kesehatan yang sangat beragam. Apa saja manfaat minyak zaitun untuk kesehatan?

Berikut ini manfaatnya :

1. Menurunkan Kolesterol
Seperti yang sudah banyak diketahui orang, minyak zaitun memiliki manfaat yang bisa menurunkan kolesterol dalam tubuh. Minyak zaitun memiliki kandungan campuran antioksidan yang dapat menurunkan kolesterol buruk, tetapi tetap mempertahankan kadar kolesterol baik dalam tubuh. Cara mengonsumsinya mudah, yaitu dengan konsumsilah dua sendok makan minyak zaitun tersebut. Bisa juga mencampurkannya dengan menggunakan salad atau sayur lainnya.

2. Mencegah Terjadinya Kanker
Untuk mencegah kanker dalam tubuh, kita bisa mengonsumsi minyak zaitun saat sedang makan. Hal ini dapat meningkatkan kadar antioksidan yang ada di dalam tubuh. Cara inilah kemudian dapat berdampak baik untuk tubuh dalam pencegahan penyakit kanker.

3. Untuk Penyakit Jantung
Di dalam minyak zaitun terdapat sebuah kandungan yang berfungsi untuk mencegah terjadinya penyakit jantung, yaitu kandungan polifenol. Cara mengonsumsinya adalah konsumsi sekitar empat sendok makan minyak zaitun tiap harinya.

4. Menghindari Obesitas
Olive oil atau minyak zaitun jika dikonsumsi ternyata tidak dapat menambah berat badan dan justru dapat mencegah obesitas. Kandungan antioksidan yang tinggi pada olive oil ini dapat membantu mengolah lemak dalam tubuh yang bisa bermanfaat dalam menjaga berat badan.

5. Merawat Kesehatan Rambut
Kandungan vitamin E yang ada pada minyak zaitun dapat mengatasi kerusakan pada rambut, seperti rambut rontok, kering, patah-patah, dan dapat memelihara rambut menjadi lebih sehat. Manfaat lainnya adalah rambut bisa menjadi lebih tebal dan bersinar secara alami. Bagi yang memiliki masalah kebotakan, minyak zaitun dapat menjadi solusi dalam merangsang pertumbuhan rambut kepala.

6. Mengencangkan Kulit Wajah
Di dalam minyak zaitun terdapat kandungan zat lioneic acid yang mampu menjaga kadar aid pada kulit wajah, dan tidak muncul keriput pada usia dini. Minyak zaitun juga mengandung antioksidan yang membantu melindungi sel-sel dari ancaman kerusakan.

7. Mengatasi Jerawat
Minyak zaitun memiliki kandungan antioksidan yaitu polifenol. Polifenol ini berfungsi untuk mengeluarkan racun dalam tubuh serta mencegah segala macam jenis infeksi. Sifat anti-inflamasi di dalamnya juga berfungsi untuk menyembuhkan jerawat dan bekas-bekasnya.

8. Menghaluskan Wajah
Menghaluskan wajah dengan menggunakan minyak zaitun bisa menjadi cara yang cukup baik. Kita bisa mencampurkan minyak zaitun dengan buah pepaya dan dijadikan masker wajah. Enzim papain yang ada dalam buah pepaya ini dapat membantu meregenerasi kulit. Vitamin A, C, dan E berfungsi sebagai antioksidan yang dapat menutrisi kulit, melembabkan kulit, dan menghaluskan wajah.

Baca juga: Teknologi Perintah Suara di Mobil BMW

5 Macam Minyak Zaitun yang Bermanfaat Bagi Kesehatan


Masih banyak sekali manfaat minyak zaitun bagi kesehatan. Tetapi tahukah Anda minyak zaitun terdiri dari berapa jenis? Berikut beberapa jenis minyak zaitun :
  1. Minyak Zaitun yang terbaik adalah minyak zaitun extra virgin olive oil. Jenis minyak ini diekstrak langsung dari buah zaitun. Proses mengekstraknya hanya melalui perasan. Kadar keasaman extra virgin olive oil adalah 1 persen.
  2. Minyak zaitun yang kedua adalah minyak zaitun virgin. Didapat melalui perasan pertama buah zaitun yang memiliki kadar keasaman 3 persen.
  3. Berikutnya adalah minyak zaitun jenis fino. Minyak zaitun yang satu ini didapat dari pencampuran antara minyak extra virgin dan virgin.
  4. Kemudian ada juga minyak zaitun yang diperoleh dari kombinasi minyak zaitun virgin yang telah diolah dan extra virgin. Minyak zaitun ini dinamakan pure.
  5. Jenis yang terakhir adalah light. Minyak zaitun ini melalui proses saring yang hasilnya memengaruhi warna minyak zaitun.
Demikian Catatan Kang Sodikin seputar 5 Macam dan Manfaat Minyak Zaitun Bagi Kesehatan. Semoga bermanfaat.

0Komentar

Sebelumnya Selanjutnya