Skip to main content
Kang Sodikin

follow us

Cara Menjaga Kesehatan Gigi Secara Alami

Cara Menjaga Kesehatan Gigi Secara Alami. Menjaga kesehatan gigi merupakan hal yang sangat penting bagi setiap orang. Banyak ditemukan iklan-iklan yang menggalakkan untuk sikat gigi supaya gigi dan mulut tidak menjadi sarang bertumbuhnya kuman.

Penyakit gigi dapat disebabkan karena jarang menyikat gigi, mengonsumsi makanan yang dapat merusak gigi, atau bisa juga salah saat menyikat gigi. Sakit gigi tidak hanya menyebabkan gigi saja yang sakit, namun dapat berakibat fatal bagi organ tubuh lainnya bila tidak langsung diobati.

Maka dari itu, lebih baik mencegah daripada mengobati. Menjaga kesehatan gigi dapat dilakukan dengan cara yang alami atau yang sering disebut dengan herbal. Cara ini lebih aman dibanding dengan menggunakan obat-obatan kimia. Di samping itu, menggunakan cara alami tidak membutuhkan biaya mahal karena bahan-bahannya dapat ditemukan di sekitar kita.

Cara menjaga kesehatan gigi menggunakan cara-cara alami:

1. Sikat gigi secara teratur

Menyikat gigi secara teratur merupakan salah satu cara menjaga kesehatan gigi. Tetapi jangan cuma menyikat gigi saja, Anda juga perlu menyikat bagian mulut lainnya dan lidah. Karena kuman dan kotoran bekas makanan juga bersarang di bagian itu selain di gigi. Gunakan pasta gigi saat menyikat gigi supaya bersih secara maksimal.

2. Hindari menyikat gigi terlalu cepat maupun terlalu kasar

Menyikat gigi dilakukan dengan tujuan menghilangkan plak pada gigi. Akan tetapi, apabila menyikat gigi terlalu cepat atau keras dapat merobek gusi dan mengikis enamel gigi yang relatif tipis.

Hal itu bisa menyebabkan gigi menjadi lebih sensitif, bahkan dapat menyebabkan plak gigi menjadi menumpuk dan mengeras yang dapat mengakibatkan peradangan gigi. Oleh sebab itu, menyikat gigi harus secara lembut dengan gerakan memutar dan memijat gigi agar tidak menimbulkan rasa sakit.

Baca juga: 6 Obat Alami Atasi Jerawat

3. Kumur dengan air garam

Karang gigi dapat disebabkan karena mengonsumsi kopi atau teh berlebihan. Karang gigi dapat menyebabkan gusi meradang dan gigi berlubang. Jika tidak ingin hal itu terjadi, Anda dapat mencegahnya dengan cara menjaga kebersihan mulut dan gigi secara teratur. Air garam dapat digunakan sebagai bahan kumur. Caranya yaitu dengan menyampurkan air dengan garam lalu gunakan untuk berkumur setelah menyikat gigi.

4. Berkumur menggunakan air lemon

Pada air lemon mengandung senyawa asam sitrat yang berfungsi untuk memutihka gigi dan membuat gigi berkilau. Senyawa asam sitrat tersebut juga berfungsi sebagai perangsang pembuatan air liur untuk proses pembersihan mulut.

Cara menjaga kesehatan gigi dan mulut dengan menggunakan air lemon yaitu cukup dengan menyampurkan air hangat 1 sendok teh, garam secukupnya, dan air lemon segar 1 sendok teh.

Selanjutnya campuran semua bahan tersebut, kemudian gunakan untuk menggosok gigi selama satu menit. Jika sudah, bilas dengan air dan juga pasta gigi supaya air lemon tidak menempel pada gigi lebih dari 15 menit karena dapat mengikis gigi.

5. Kumur dengan menggunakan campuran kencur, kunyit, dan daun sirih

Berkumur menggunakan campuran kencur, kunyit, dan daun sirih bagus bagi kesehatan gigi dan mulut terutama untuk menghilangkan bau mulut. Obat herbal ini dapat dibuat dengan cara menyampur 1 ruas kunyit dan 1 ruas kencur yang telah dihaluskan, lalu rebus dengan menambahkan daun sirih beberapa helai hingga mendidih. Selanjutnya saringlah air rebusan itu, jika sudah dingin gunakan air rebusan tersebut untuk berkumur sebelum menyikat gigi.

6. Minum lebih banyak air mineral

Air mineral merupakan minuman yang paling baik untuk menjaga kesehatan tubuh secara keseluruhan, termasuk kesehatan mulut dan gigi. Karena saat minum, air yang diminum tersebut dapat membantu membersihkan mulut dan gigi dari makanan maupun minuman yang tertinggal di dalam mulut.

7. Banyak mengonsumsi sayuran hijau

Menjaga kesehatan tulang dan gigi dapat dilakukan dengan cara memperbanyak konsumsi sayuran hijau. Karena pada sayuran yang berwarna hijau mengandung alkali. Contohnya adalah mengunyah batang seledri dapat mengurangi produksi plakat berlebih pada gigi.

Baca juga: Pengetahuan Dasar Tentang Diabetes

8. Konsumsi buah

Buah juga bermanfaat bagi kesehatan gigi dan mulut. Misalnya, stroberi mempunyai kandungan malid acid yang bisa menghilangkan kotoran pada gigi. Selain itu, apel memiliki senyawa asam yang berfungsi untuk membersihkan dan membuat gigi tampak lebih putih. Buah ini dapat dikonsumsi secara langsung atau bisa juga dibikin es buah.

Dari beberapa cara di atas belum tentu efektif dalam menjaga kesehatan gigi dan juga mulut karena tipe gigi setiap orang dapat berbeda-beda. Pada dasarnya berkumur dan menyikat gigi secara teratur merupakan cara yang terpenting dan harus dilakukan.

Cara yang lain hanyalah penunjang saja, bisa jadi Anda menemukan cara lain untuk menjaga kesehatan gigi selain cara-cara yang telah disebutkan di atas. Semoga artikel ini bermanfaat bagi Anda yang sedang mencari cara untuk menjaga kesehatan mulut dan gigi secara alami.

You Might Also Like:

Comment Policy: Silahkan tuliskan komentar Anda yang sesuai dengan topik postingan halaman ini. Komentar yang berisi tautan tidak akan ditampilkan sebelum disetujui.
Buka Komentar

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel