12 jenis penyakit jantung yang wajib diketahui. Penyakit jantung dikenal sebagai silent killer. Dan menjadi penyebab kematian tertinggi di dunia. Makanya, penyakit ini harus diwaspadai, diantisipasi dan cegah.

12-macam-penyakit-jantung-yang-wajib-diketahui

Di bawah ini disebutkan 12 jenis penyakit jantung yang wajib diketahui, yaitu:

1. Arteri koroner

Ini merupakan jenis penyakit jantung yang paling umum menyerang pada banyak orang yang mempunyai penyakit jantung. Penyakit jantung arteri koroner terjadi bila dinding arteri menjadi tebal karena akumulasi banyak lemak yang terus menumpuk. Kemudian tumpukan lemak akan memutus aliran darah yang akn ke jantung dan berdampak tekanan darah terus meningkat.

2. Trachycardia

Pada prinsipnya trachycardia merupakan istilah medis untuk menerangkan tentang meningkatnya detak jantung. Terjadinya peningkatan detak jantung bisa dikarenakan merokok, minum minuman yang beralkohol, dan juga karena stres.

Baca juga: Cara Menjaga Kesehatan Gigi Secara Alami

3. Penyakit otot jantung

Kadangkala otot jantung bisa melemah. Jika otot jantung telah melemah maka tidak mampu memompa darah yang sangat dibutuhkan oleh tubuh manusia.

4. Penyakit katup jantung

Sebagaimana diketahui bahwa jantung mempunyai 4 katup. Bila satu diantaranya atau lebih dari satu katup jantung tak bekerja secara normal, maka dapat berakibat stroke jantung atau yang umum dinamakan dengan angina.

5. Bradycardia

Bradycardia adalah istilah medis jika detak jantung menjadi lambat. Bradycardia  terjadi bilamana  otot-otot jantung kelelahan. Alat pacu jantung bisa membantu memulihkan memulihkan kembali denyut jantung.

6. Penyumbatan

Penyumbatan bisa terjadi ketika lemak dalam darah terkumpul sampai menutup salah satu arteri utama jantung. Penyumbatan dalam arteri dapat mengakibatkan terjadinya serangan jantung. Penyumbatan ini bisa diatasi dengan operasi jantung terbuka atau yang diebut dengan angiplasti.

7. Gagal jantung

Gagal jantung terjadi pada saat jantung tidak mampu lagi memompa darah sehingga seperti berhenti bekerja. Gagal jantung bisa terjadi ketika tubuh mengalami shock atau karena terjadi gangguan pada paru-paru.

Baca juga: 6 Obat Alami Atasi Jerawat

8. Penyakit jantung bawaan

Penyakit jantung bisa juga terjadi karena bawaan sejak seseorang dilahirhan. Bayi yang ketika dilahirkan dengan keadaan terdapat lubang di hati maupun hati yang lemah maka menjadi rentan terkena penyakit jantung.

9. Gangguan serebrovaskular

Gangguan serebrovaskular terjadi saat terdapat hambatan dalam peredaran darah dari jantung menuju otak. Jenis penyakit jantung yang satu ini sangat berbahaya mengingat bisa mengakibatkan stroke pada otak besar.

10. Angina

Angina merupakan istilah medis untuk menggambarkan rasa sakit dan juga sesak di sekitar dada yang terjadi ketika dada tidak mendapatkan asupan oksigen atau udara yang cukup. Angina dapat menimbulkan penyumbatan kecil di arteri jantung ataupun koroner.

11. Penyakit rematik jantung

Penyakit  rematik jantung dikarenakan adanya infeksi bakteri yang terjadi pada sendi dan juga katup jantung. Satu-satunya cara untuk menyembuhkan penyakit jenis ini adalah dengan dilakukan operasi.

Baca juga: Pengetahuan Dasar Tentang Diabetes

12. Atherosclerosis

Pada prinsipnya, atherosclerosis merupakan pengerasan arteri yang terdapat di dalam jantung. Pengerasan bisa terjadi karena adanya endapan lemak dan/atau racun. Adanya wabah penyakit juga dapat menimbulkan terjadinya penyakit ini. Atherosclerosis dapat memacu terjadinya tekanan darah di jantung dan juga stroke jantung.

Sahabat, jantung merupakan organ yang sangat vital bagi tubuh. Jaga kesehatan jantung agar Anda terhindar dari berbagai macam penyakit berbahaya ini.

Anda baru saja membaca catatan Kang Sodikin seputar 12 jenis penyakit jantung yang wajib diketahui. Semoga bermanfaat.

0Komentar

Sebelumnya Selanjutnya