Macam Buah Naga dan Manfaat Buah Naga. Mengonsumsi buah-buahan merupakan hal yang banyak orang sukai. Dikarenakan buah-buahan mempunyai rasa dan kandungan gizi dan vitamin yang sangat tinggi, yang baik untuk tubuh. Buah mempunyai jenis yang sangat beragam, mulai dari yang rasanya manis hingga asam. Buah-buahan kerap kali dijadikan olahan pangan, seperti pemberi rasa pada es krim, salad buah, hidangan penutup, sup buah, dan masih banyak lagi. Kandungan dalam buah-buahan juga sering dijadikan obat atau bahan untuk kecantikan dan kesehatan. Seperti dijadikan bahan masker wajah, bahan lulur badan, bahkan ada juga lipstik yang diberi perasa dari buah-buahan tertentu, dan masih banyak lagi.

macam-buah-naga-dan-manfaat-buah-naga

Di indonesia, buah yang pernah sempat heboh di kalangan masyarakat adalah buah naga. Banyak orang belum mengetahui bahwa buah naga merupakan tanaman dari jenis kaktus. Tanaman atau buah ini tumbuh di daerah tropis. Saat kemunculannya di Indonesia, buah ini membuat heboh karena bentuk buahnya yang tidak biasa dan harganya yang cukup mahal. Saat ini, buah naga sudah mudah didapatkan oleh masyarakat di supermarket maupun pasar serta toko buah yang ada di pinggiran jalan.

Buah naga yang ada di Indonesia umumnya adalah buah naga merah dan buah naga putih. Tetapi sebenarnya buah naga memiliki ragam jenis atau macam yang di dalamnya terkandung banyak sekali manfaat serta gizi yang baik bagi tubuh manusia. Sebelum mengenal jenis-jenis buah naga, ada baiknya kita mengetahui cara memilih buah naga yang sudah matang. Yaitu, cobalah untuk menekan bagian permukaan kulit buah naga, bila kulit buah naga bisa segera kembali ke bentuk semula, artinya buah naga tersebut sudah matang. Jika tekstur buah naga masih keras, itu berarti buah naga masih memerlukan waktu untuk mencapai tingkat kematangan.

Baca juga: Manfaat Daun Sirsak untuk Obat Penyakit

4. Macam Buah Naga


Berikut akan dijelaskan macam-macam buah naga :

1. Buah Naga Merah

Buah naga yang satu ini pastinya tidak begitu asing kita lihat. Pasalnya buah naga ini paling banyak dikonsumsi oleh orang-orang. Kulit buah naga merah memiliki warna kulit merah pekat dan isinya atau daging buahnya berwarna merah. Buah naga merah memiliki tekstur daging yang lebih berair. Buah naga merah memiliki rasa yang manis dan harganya pun cukup mahal. Khasiat yang bisa didapat dari mengonsumsi buah naga merah adalah mengurangi resiko diabetes melitus.

2. Buah Naga Putih

Buah naga putih merupakan jenis buah naga yang mudah untuk dibudidayakan. Kelebihannya, buah naga ini pun bisa ditanam atau dipelihara hanya di pot saja, dan bisa bertumbuh subur. Daging buah naga ini pun berwarna putih dan memiliki ujung sisik pada kulitnya yang berwarna kehijauan. Rasanya pun sedikit manis dan ada rasa asamnya. Olahan yang kerap menggunakan buah naga putih ini adalah es buah dan salad buah.

3. Buah Naga Hitam

Keberadaan buah naga hitam masih belum diketahui oleh banyak masyarakat. Pasalnya, budidaya buah naga hitam masih sangat terbatas. Daging buahnya berwarna hitam pekat. Warna daging buah yang hitam pekat dihasilkan atau berasal dari pupuk alami bernama Black Natural yang bisa meningkatkan kandungan betakaroten sehingga membuat warna daging menjadi hitam pekat.

4. Buah Naga Kuning

Buah naga kuning memiliki warna buah yang lebih cerah dibandingkan ketiga buah naga di atas. Warna kulitnya berwarna kuning cerah, serta daging buahnya berwarna putih cerah. Buah naga kuning memiliki ukuran buah yang lebih kecil dibandingkan buah naga lain. Buah ini keberadaannya masih dibilang langka. Harga buahnya pun lumayan tinggi di pasaran.

Baca juga: Susi Pudjiastuti, Menteri Tak Lulus SMA

Manfaat Buah Naga


Selain memiliki macam atau ragam yang sangat banyak, buah naga juga memiliki kandungan nutrisi atau gizi baik bagi tubuh. Bukan hanya dagingnya saja, tetapi kulit buah naganya pun memiliki banyak manfaat.

Buah naga dapat mencegah penyakit kanker. Kandungan yang kaya akan antioksidan pada buah naga dapat membantu pembentukan jaringan yang dapat menangkal radikal bebas di dalam tubuh. Juga terdapat zat yang dapat mengeluarkan racun-racun penyebab sel kanker.
Buah naga diyakini dapat menurunkan berat badan. Kandungan serat yang ada di dalamnya serta unsur airnya dapat membantu dalam proses pencernaan kita menjadi lancar.

Buah naga dapat membantu kita untuk meningkatkan sel darah merah. Vitamin A yang terkandung dalam buah naga tidak hanya bisa membantu dalam kesehatan mata tetapi juga dalam meningkatkan jumlah sel merah atau hemoglobin dalam tubuh.

Seperti yang sudah dijelaskan pada macam-macam buah, buah naga merah dapat membantu mencegah penyakit diabetes melitus. Buah naga ini dapat memusnahkan sel-sel yang tidak baik yang dihasilkan dari pola hidup yang kurang sehat.

Jerawat merupakan permasalahan yang banyak dialami orang terutama remaja. Mungkin buah naga ini dapat menjadi salah satu solusi dalam menangani masalah jerawat. Vitamin yang terkandung dalam buah naga berfungsi untuk menjaga kesehatan kulit. Juga kita bisa membuat masker wajah dari buah naga tersebut.

Demikian Catatan Kang Sodikin tentang Macam Buah Naga dan Manfaat Buah Naga. Semoga bermanfaat. Dan semoga kita semua terhindar dariberbagai macam penyakit berbahaya.

0Komentar

Sebelumnya Selanjutnya