Manfaat Daun Sirsak untuk Obat Penyakit. Pengobatan dengan cara tradisional menjadi salah satu jalur yang banyak ditempuh oleh orang-orang di zaman dahulu maupun di masa sekarang. Meskipun pengobatan dengan obat-obatan tradisional ini sudah ada sejak zaman dahulu namun masih ampuh untuk digunakan hingga saat ini. Malahan, banyak orang yang lebih memilih mengobati penyakit yang mereka derita dengan menggunakan obat tradisional dibanding dengan menggunakan obat yang modern.

manfaat-daun-sirsak-untuk-obat-penyakit

Obat modern yang saat ini banyak dikembangkan, pastinya akan memiliki efek samping yang buruk bagi kesehatan manusia. Meskipun efek yang ditimbulkan kadang tidak terlihat, namun jika daya tahan tubuh yang dimiliki oleh seseorang lemah, maka efek yang ditimbulkan akan sangat jelas terlihat. Maka dari itu, pengobatan menggunakan obat tradisional banyak disukai oleh sebagian besar orang.

Selain lebih aman, saat Anda menggunakan obat-obatan tradisional sebagai perantara untuk menyembuhkan diri Anda dari penyakit, Anda juga akan lebih menghemat pengeluaran biaya pengobatan. Obat yang berasal dari tumbuhan akan lebih murah dalam hal harga. Selain itu, untuk menemukan bahan yang digunakan untuk obat tradisional pun cukup mudah di lingkungan sekitar tempat tinggal Anda sendiri.

Jika Anda tinggal di tempat pedesaan, maka obat tradisional akan sangat mudah untuk ditanam ataupun ditemukan. Dengan menggunakan obat tradisional sebagai obat, maka Anda juga sudah membatu dalam mengurangi banyaknya zat kimia yang digunakan dalam dunia obat-obatan.

Baca juga: Susi Pudjiastuti, Menteri Tak Lulus SMA

Terdapat banyak jenis obat tradisional yang bisa Anda gunakan dengan fungsi yang berbeda. Setiap obat akan berguna untuk penyakit yang cocok dengan obat tersebut.

Salah satu obat tradisional yang banyak digunakan adalah daun sirsak. Daun ini sangatlah mudah untuk Anda temukan di lingkungan sekitar Anda bukan? Daun sirsak ini ternyata memiliki banyak manfaat yang bisa membantu Anda dalam hal menyembuhkan penyakit.

Untuk mengetahui kegunaan dari daun sirsak ini untuk menyembuhkan penyakit apa saja, maka Anda perlu untuk mengetahui mengenai beberapa rangkuman di bawah ini.

1. Penyembuh penyakit kanker

Daun sirsak bisa dan sangat ampuh untuk menyembuhkan penyakit kanker. Bukan kanker dalam artian kantong kering ya. Namun daun sirsak ini benar-benar bisa Anda gunakan untuk menyembuhkan dari penyakit kanker yang banyak diderita oleh orang-orang. Penyakit kanker ada dalam tubuh manusia karena kebiasaan buruk yang banyak dilakukan oleh manusia. Setiap hal buruk yang dilakukan pastinya akan timbul hal yang tidak menyenangkan juga pada diri sendiri. Dengan mengobati penyakit kanker menggunakan daun sirsak ini, malahan bisa menghambat pertumbuhan dari sel kanker dengan lebih baik dibandingkan dengan menggunakan metode kemoterapi. Efek yang akan timbul pada tubuh Anda pun tidak terlihat. Dibandingkan dengan menggunakan metode kemoterapi maka jika Anda menggunakan obat tradisional ini, tubuh Anda akan terus terjaga dengan bagus dan baik.

2. Memberantas kolesterol

Bagi Anda sekalian yang mempunyai masalah dengan kolesterol, daun sirsak ini bisa Anda gunakan untuk mengobatinya. Hanya dengan meminum air rebusan dari daun sirsak, maka kolesterol yang Anda derita bisa teratasi secara maksimal. Cara untuk mengobati kolesterol dengan daun sirsak ialah :

Pertama-tama Anda perlu menyiapkan 10 lembar daun sirsak yang sudah tua.
Selanjutnya, rebus daun sirsak tersebut dalam air sebanyak 3 gelas. Rebus hingga air yang ada tinggal sedikit dan berwarna kehijauan.

Air ini bisa Anda konsumsi setiap harinya untuk membantu dalam menghilangkan kolesterol, sebaiknya minum air selagi hangat agar manfaat dari air rebusan daun sirsak lebih bagus bagi kesehatan tubuh Anda. Anda juga bisa meminum air rebusan ini setiap pagi hari dan merasakan manfaat dari air rebusan setelah Anda mengonsumsinya secara rutin.

Hanya dengan menggunakan bahan sederhana berupa daun sirsak, Anda sudah bisa mengatasi kolesterol yang ada pada diri Anda.

3. Menyembuhkan diabetes

Penyakit yang disebabkan oleh tingginya kadar gula dalam darah seorang manusia ini banyak diderita oleh orang-orang. Berbagai pengobatan bisa dilakukan untuk mengobati penyakit ini. Namun, belum tentu juga pengobatan yang dilakukan tersebut bisa langsung menyembuhkan penyakit diabetes yang diderita tersebut. Maka dari itu, daun sirsak bisa membantu Anda dalam mengatasi diabetes.

Kandungan antioksidan yang didalamnya terdapat senyawa polifenol, saponin, dan bioflavonoid yang banyak terkandung dalam daun sirsak inilah yang nantinya bisa membantu Anda dalam menyelesikan masalah diabetes yang Anda derita. Dengan menggunakan daun sirsak sebagai obat diabetes, maka kadar gula dalam darah Anda bisa kembali menjadi normal.

Baca juga: Obyek Wisata Air Terjun Martolu, Tapanuli Tengah

4. Menyembuhkan asam urat

Daun sirsak bisa juga digunakan untuk mengobati asam urat. Biasanya orang yang menderita asam urat adalah orang dengan usai di atas 30 tahun'an. Kandungan yang ada dalam daun sirsak bisa Anda gunakan untuk membantu dalam menyembuhkan asam urat. Cara untuk menyembuhkan asam urat dengan daun sirsak adalah dengan meminum air rebusan dari daun sirsak secara rutin seperti yang sudah di bahas pada bagian menyembuhkan kolesterol menggunakan daun sirsak tadi.

Demikian Catatan Kang Sodikin seputar manfaat daun Sirsak untuk obat berbagai penyakit.

0Komentar

Sebelumnya Selanjutnya