Obyek Wisata Air Terjun Martolu, Tapanuli Tengah. Memiliki waktu lapang untuk berwisata dapat didiarahkan ke tujuan wisata yang masih sangat jarang dikunjungi. Satu diantara destinasi wisata liburan adalah wilayah Tapanuli Tengah, Sumatera Utara. Barangkali obyek wisata di sana masih asing bagi sebagian orang. Tetapi, di wilayah ini terdapat destinasi-destinasi liburan yang pantas untuk pembaca kunjungi bareng dengan keluarga atau teman. Obyek wisata yang Kang Sodikin rekomendasikan adalah Air Terjun Martolu.

obyek-wisata-air-terjun-martolu-tapanuli-tengah

Bila pembaca sodikin.com hendak menjadikan Air Terjun Martolu sebagai destinasi wisata dengan menggunakan pesawat, maka hal itu sangat mudah karena dapat landing di Bandara Dr Ferdinand Lumban Tobing, Tapanuli Tengah, Sumatera Utara. Dari Bandara ini, pembaca dapat melalui Kota Sibolga. Untuk menuju lokasi, perjalanan akan memakan waktu kurang lebih 45-60 menit dengan perjalanan darat.

Perjalanan menuju destinasi wisata Air Terjun Martolu di Tapanuli Tengah dijamin tidak akan terasa membosankan. Selama perjalanan para turis dapat menikmati garis pantai sepanjang jalan. Namun demikian, pembaca sodikin.com yang menggunakan kendaraan pribadi untu menuju ke sana harus ekstra hati-hati. Kewaspadaan itu diperlukan karena pembaca harus melintasi jalan yang menanjak dan juga terdapat tikungan tajam.

Wisatawan yang akan menuju obyek wisata Air Terjun Martolu di Tapanuli Tengah akan melalui jalan yang sudah diaspal meskipun terdapat beberapa bagian jalan yang sudah berlubang. Ketika sudah dekat ke lokasi, silakan perhatikan lokasi air terjun (waterfall). Air Terjun Martolu terdapat di sisi kanan jalan dan pembaca Catatan Kang Sodikin dapat memarkir mobilnya di titik-titik atau area yang telah disediakan. Selanjutnya, silahkan lanjutkan dengan berjalan kaki dengan jarak 200 meter. Tidak berselang lama, pembaca akan mendengar suara gemericik atau bahkan gemuruh air terjun yang sangat bening.

Baca juga: 5 Aplikasi Memasak di Andorid, Bikin Kamu Jago Masak

Dikarenakan belum banyak tourist yang berkunjung ke destinasi wisata ini, menyebabkan Air Terjun Martolu masih terlihat sangat asri dan juga bersih. Para wisatawan tak ditarik biaya tiket masuk untuk dapat menikmati sensasi segar sejuknya air terjun itu. Bagi yang membawa kendaraan, cukup dengan membayar ongkos parkir kendaraan saja.

Sebagaimana dikutip dari Okezone, pada Selasa (12/2/2019), seorang pengunjung bernama Lion, yang ternyata anak asli Tapanuli Tengah yang sering bermain di obyek wisata Air Terjun Martolu ini. Ia mengatakan bahwa dirinya bersama teman-temannya biasa main air di air terjun ini. Ia juga mengatakan bahwa biaya masuknya gratis alias tidak dipungut biaya. Hanya saja jika membawa kendaraan roda 2 dan parkir harus membayar sebesar Rp2.000. Sedangkan jika mobil maka biaya parkirnya cukup Rp5.000.

Lion dan juga empat orang kawannya terlihat asyik bermain air dan berenang kesana kemari. Tak terkecuali juga bermain dengan cara jumping dari tempat tinggi. Biasanya, jika mereka bermain ke Air Terjun Martolu tiba jam 14.00 WIB atau setelah pulang dari sekolah.

"Kami berempat tadi siang sepulang dari sekolah meinta izin kepada orang tua kami untuk bermain dan mandi di air terjun ini. Kami sudah biasa kesini. Terkadang juga ada tourist dari Jakarta yang berwisata ke sini," cerita Lion.

Deskripsi Obyek Wisata Air Terjun Martolu Tapanuli Selatan


Deskripsi ringkas untuk pembaca sodikin.com yang hendak liburan destinasi wisata ke Air Terjun Martolu. Airnya sangat terasa segarnya air. Sensasi segar yang ditimbulkan dan bening air yang terjun dari ketingian akan menimbulkan rasa rileks dan nyaman begitu pembaca Catatan Kang Sodikin yang sampai di sana.

Perlu diketahui bahwa di lokasi tersebut terdapat dua air terjun. Untuk air terjun yang tertinggi terdapat di sebelah atas. Pembaca harus berjalan dan mengikuti alur anak tangga yang telah disediakan pengelola agar dapat mencapai obyek wisata Air Terjun Martolu.

Baca juga: 5 Tips Agar Ponsel Tidak Rusak Saat Musim Hujan

Bagi pembaca Catatan Kang Sodikin yang gemar berenang bisa saja langsung menikmati sensasi segarnya air pegunungan yang masih sangat jernih tersebut. Bagi yang suka melakukan selfie, di obyek wisata ini terdapat banyak spot yang bagus dan ciamik untuk mengabadikan keceriaan selama berwisata di Martolu Waterfall.

Pastikan jika hendak menikmati Martolu Waterfall, berangkatnya di pagi hari. Karena, di obyek wisata ini masih sedikit penerangan sehingga bila terlalu sore datangnya tidak akan bisa berlama-lama bermain airnya karena suasana menjadi gelap.

Ya demikian informasi dan sedikit pengalaman yang dapat Kang Sodikin sajikan kepada pembaca yang baik tentang Obyek Wisata Air Terjun Martolu, Tapanuli Tengah. Selamat menikmati wisata dan liburan.

0Komentar

Sebelumnya Selanjutnya