Sri Mulyani: Menteri Keuangan Indonesia

Tokoh Inspiratif - Nama lengkap nya Sri Mulyani Indrawati. Gelar di belakang namanya adalah S.E., M.Sc., Ph.D. Dilahirkan di Bandar Lampung, 26 Agustus 1962. Wanita dan orang Indonesia pertama yang dipercaya menjabat Direktur Pelaksana Bank Dunia.
Kang Sodikin
Tokoh Inspiratif - Nama lengkap nya Sri Mulyani Indrawati. Gelar di belakang namanya adalah S.E., M.Sc., Ph.D. Dilahirkan di Bandar Lampung, 26 Agustus 1962.

Sri Mulyani Indrawati merupakan wanita dan orang Indonesia pertama yang dipercaya menjabat Direktur Pelaksana Bank Dunia. Jabatan ini diembannya selama kurang lebih 6 tahun yaitu antara 1 Juni 2010 hingga 27 Juli 2016, ketika diangkat oleh Presiden Joko Widodo menjadi menteri keuangan. Sebelumnya, ia menjabat sebagai direktur eksekutif IMF mewakili 12 negara Asia Tenggara dari 2002 hingga 2004.

tokoh-inspiratif-indonesia-sri-mulyani-menteri-keuangan-indonesia

Sri Mulyani Indrawati dikenal sebagai pengamat ekonomi dan berkedudukan sebagai Kepala Lembaga Penyelidikan Ekonomi dan Masyarakat Fakultas Ekonomi Universitas Indonesia (LPEM FEUI) sejak Juni 1998.

Pada pemerintahan Presiden SBY, dia menjabat sebagai Menteri Keuangan. Dia juga pernah menjabat sebagai Menteri Negara Perencanaan Pembangunan Nasional/Kepala Bappenas dari Kabinet Sebelum diangkat menjadi menteri keuangan,.

Baca juga: 5 Ciri Kontak WhatsApp Anda Diblokir

Ia memperoleh gelar Sarjana Ekonomi dari Universitas Indonesia tahun 1986. Gelar Master dan Doctor di bidang ekonomi ia dapatkan dari University Illinois at Urbana-Champaign tahun 1992.

Penghargaan Sir mulyani Indrawati


Berikut ini adalah table penghargaan yang diterima oleh Sri Mulyani Indrawati:

No Penghargaan Lembaga Pemberi Tahun
1 Euromoney Finance Minister of the Year Majalah Euromoney Finance Minister of the Year 2006
2 wanita paling berpengaruh ke-2 di Indonesia majalah Globe Asia 2007
3 wanita paling berpengaruh ke-23 di dunia Forbes 2008
4 Menteri Keuangan terbaik Asia Emerging Markets 2008
5 wanita paling berpengaruh di dunia urutan ke-38 Forbes 2014
6 Menteri Keuangan Terbaik se-Asia 2017 Finance Asia 2017
7 Menteri Terbaik di Dunia (Best Minister Award) World Government Summit[42] 2018

Baca juga: Begini Cara Meningkatkan Mood, Gan!

Disamping berbagai penghargaan yang berhasil ia raih, Sri Mulyani juga tergolong penjabat menteri keuangan yang terbilang sukses. Ada beberapa keberhasilan yang dicatat sodikin.com, yaitu:
  1. Tahun 2004, mampu meningkatkan investasi langsung luar negeri. Hingga Indonesia memperoleh investasi $4,6 miliar. Dan di tahun selanjutnya meningkat hingga menjadi $8,9 miliar
  2. Tahun 2007, pertumbuhan ekonomi Indonesia sebesar 6.6%, angka tertinggi yang berhasil dicapai setelah krisis finansial di Asia tahun 1997
  3. Tahun 2008 cadangan valuta asing negara menembus nilai tertinggi, yaitu sebesar $50 miliar
  4. Tahun 2008, melakukan pengurangan utang negara berkisar 30% dari GDP dari 60%
  5. Ia mengubah struktur pegawai pada kementeriannya dan menaikkan gaji petugas pajak dengan harapan dapat mengurangi sogokan di kementeriannya.
  6. Tahun 2009 ekonomi Indonesian mengalami pertumbuhan sebesar 4.5%, padahal banyak negara lain mengalami kemunduran.
  7. Tahun 2009, Indonesia menjadi satu dari tiga negara yang pertumbuhan ekonominya mencapai diatas 4% bersama dengan China dan India.
  8. Tahun 2010, penerimaan pajak bertumbuh dari sekitar 20% per tahun lebih dari Rp 600 trilliun 
  9. Tahun 2017, berhasil mengurangi target defisit fiskal dari angka 3 persen menjadi 2,5 persen dari PDB.
  10. Untuk pertama kalinya dalam sejarah, di era Sri Mulyani, Pemerintah Pusat mendapatlan opini wajar tanpa pengecualian (WTP) terhadap Laporan Keuangan Pemerintah Pusat (LKPP)
Demikianlah informasi tentang Tokoh Inspiratif Indonesia, Sri Mulyani: Menteri Keuangan Indonesia.
Kang Sodikin
Seorang blogger pemula dan penggemar fotografi makro. Belakangan, meski terbilang terlambat, sejak tahun 2017 mulai menekuni dunia blogging. Kang Sodikin suka berbagi informasi tentang banyak hal. Pengalaman pribadi dan dari hasil baca-baca dishare melalui blog sodikin.com ini. Mempunyai motto hidup "sekecil apapun, hidup harus memberi manfaat kepada orang lain"
Komentar
Silahkan berkomentar dengan bijak. Semoga komentar Anda berdampak pada kebaikan.