Cara mudah dan murah mencegah penyakit dengan minum jamu dan pijat akupresur. Menjaga dan mengoptimalkan kesehatan masyarakat lewat cara tradisional sangatlah mudah. Selain memang telah terbiasa dilakukan banyak masyarakat, cara tradisional juga bisa mencegah terjangkitnya penyakit dengan murah.

Direktur Kesehatan Tradisional pada Kementerian Kesehatan (Kemenkes), dokter Ina Rosalina, Sp.A(K) sebagaimana dikutip dari laman Sindonews (19/2/2019) menyebutkan bahwa mencegah penyakit dengan menggunakan cara tradisional dapat dilakukan dengan murah dan mudah. Dan dia mengatakan bahwa cara tradisional yang bias dilakukan oleh masyarakat di antaranya adalah dengan minum jamu.

cara-mudah-murah-mencegah-penyakit

''Minum jamu merupakan cara murah dalam mencegah terjangkit dari berbagai macam penyakit. Dan minum jamu telah umum dilakukan oleh masyarakat sejak dulu kala,'' terang dr. Ina.

Tetapi tambah dr. Ina, masyarakat juga harus memberi perhatian akan jenis jamu yang hendak diminum. Karena terdapat sebagian orang yang mempunyai alergi terhadap jenis dan macam jamu tertentu. Dampaknya, Ina menambahkan, bila minum salah satu diantara sekian jenis jamu maka akan muncul efek yang langsung dirasakan, yaitu perut terasa sakit dan melilit.

Baca juga: Sri Mulyani: Menteri Keuangan Indonesia

Meski demikian, satu hal yang perlu diketahui adalah bahwa jamu termasuk jenis dari obat herbal. Intinya adalah, dengan meminum obat herbal seperti tersebut bisa meningkatkan mutu hidup masyarakat Indonesia.

Dengan sering kali meminum jamu maka salah satu khasiat yang bisa diperoleh adalah membantu revitalisasi atau perbaikan tubuh. Sehingga dengan begitu, tubuh akan tumbuh berkembang menjadi sehat. Sebagai contoh adalah tanaman pegagan. Jenis herbal yang satu ini berkhasiat untuk melancarkan sirkulasi darah menuju otak. Jika peredaran darah ke otak lancer tanpa kendala maka kondisi itu bisa mencegah seseorang di kepikunan.

Indonesia mempunyai aneka macamdan jenis tumbuhan herbal. Saking banyaknya hingga kesulitan untuk memastikan ada berapa macam tanaman herbal. Tanaman dan tumbuhan obat (herbal) yang ada di Indonesia dapat dipromosikan dalam skala internasional. Dengan banyaknya tumbuhan obat dan masyarakatnya yang memanfaatkan untuk mencegah penyakit maka Indonesia dikenal sebagai negara dengan tumbuhan obat terbanyak dan penduduknya sebagai pemanfaat tanaman herbal guna mencegah penyakit.

Baca juga: 5 Ciri Kontak WhatsApp Anda Diblokir

“Kementerian Kesehatan akan terus bekerja keras secara promotif preventif. Pencegahan penyakit dapat dilakukan dengan sangat mudah dan juga murah. Hal itu bisa dilakukan dengan cara tradisional yang turun temurun dari nenek moyang yang ternyata sangat manjur dan berkhasiat. Contoh cara tradisional tersebut adalah seperti minum jamu dan pijat akupresur,'' jelas dokter Ina.

Demikian Catatan Kang Sodikin seputar Cara Mudah dan Murah Mencegah Penyakit. Semoga bermanfaat.

0Komentar

Sebelumnya Selanjutnya