Skip to main content
Kang Sodikin

follow us

7 Cara Menjaga Kesehatan Mata

7 Cara Menjaga Kesehatan Mata. Mata merupakan salah satu organ tubuh yang terpenting, karena organ ini termasuk indra dalam tubuh kita. Mata juga memiliki ketahanan yang sangat lemah. Jika terbentur, mata dapat menjadi cedera bahkan buta. Jika kalian tidak hati – hati dengan mata anda kalian dapat celaka.

Perlu adanya perawatan dan penjagaan terhadap mata anda. Oleh karena itu, ada banyak orang yang mengingingkan kesehatan mata mereka senantiasa terus terjaga.

Akan tetapi banyak orang yang kebingungan tentang bagaimana merawat mata mereka. Untuk itu, Kang Sodikin akan menuturkan sedikit cara untuk menjaga kesehatan mata yang dapat kalian terapkan di rumah.

Cara Menjaga Kesehatan Mata Anda


Berikut ini ulasan mengenai cara menjaga kesehatan mata.

1. kurangi penggunaan obat tetes mata.

Obat tetes mata memang sangat membantu saat mata kita iritasi dan memerah, akan tetapi obat tetes mata dapat juga merusak mata anda sehingga anda harus berhati – hati dalam penggunaan obat tetes mata. Boleh saja jika kita sedang iritasi mata kita dapat menggunakan obat tetes mata, akan tetapi penggunaan tersebut harus ketika mata kita dalam iritasi dan sangat memerluhkan obat tetes mata dan jangan sering menggunakannya.

2. jangan membaca dalam keadaan kurang cahaya.

Anda harus memerhatikan keadaan sekitar anda sebelum membaca, jangan membaca saat keadaan kurang cahaya atau dibawah lampu yang redup, karena akan membuat mata kita tegang dan mudah lelah dan jika dipaksakan untuk membaca mata kita akan cepat mengalami rabun jauh, oleh karena itu jika mata kita terasa lelah saat membaca kita istirahat dahulu dan mencari tempat yang lebih terang daripada tempat sebelumnya.

Baca juga: Begini Proses Terjadinya Bayi Tabung

3. melatih mata dan buatlah mata santai.

Untuk medapatkan mata yang normal kalian dapat melatih mata kalian untuk menjaga kesehatan mata dan memperkuat ketajaman mata. Kalian dapat melakukan latihan ”melihat objek dekat dan jauh atau sebaliknya”.

Kalian dapat melakukan latihan ini dengan melihat objek yang dekat dengan anda kemudian kalian lihat benda yang berada dikejahuan dari anda atau sebaliknya, lakukan hal ini secara berulang selama kurang lebih 15 menit. Atau anda gunakan tangan atau objek yang bisa anda geser dekat menjauh seperti buku, pengaris, atau kerta berwarna. Untuk menggantikan benda yang kalian lihat. Kemudian benda tersebut digeser dekat dan menjauh secara berulang sampai 15 menit.

4. gunakan kacamata hitam saat berada ditempat yang terang.

Jika kalian pergi ke pantai atau ditempat terbuka yang disana selalu terpapar sinar matahari kalian wajib membawa dan memakai kacamata hitam. Karena cahaya yang terlalu terang seperti ketika kita menatap matahari secara langsung dapat merusak dan membuat mata kita seperti terbakar, utuk mengantisipasi hal tersebut kalian bisa memakai kacamata hitam saat berada di tempat tersebut.

5. makan makanan yang mengandung vitamin A dan antioksidan.

Makanan juga perlu diperhatikan untuk menjaga agar mata kita selalu sehat. Jika anda sudah mencegah beberapa hal agar mata anda sehat, tetapi anda tidak mejaga pola dan asupan makanan yang tepat untuk kesehatan mata maka sama saja anda tidak menjaga kesehatan mata anda. Makanan yang dapat digunakan untuk menjaga kesehatan mata berupa makanan yang mengandung vitamin A dan mengandung antioksidan yang tinggi, makanan ini biasanya berupa buah – buahan maupun sayuran contohnya tomat, wortel, bayam, pepaya, jeruk, labu, custard apel, dan pistachio. Buah dan sayuran diatas baik dimakan untuk menjaga kesehatan mata anda.


6. kurangi berada didepan Komputer maupun Gadget.

Kita perlu untuk mengurangi waktu saat didepan layar komputer maupun gadget. Hal ini dilakukan untuk mengurangi resiko rusaknya mata akibat sinar biru yang dikeluarkan oleh layar komputer maupun gadget. Kita perlu untuk mengistirahatkan mata kita jika kita sudah merasa mata kita lelah untuk menatap layar komputer maupun gadget. Kita harus mengatur waktu dalam menggunakan gadget, jangan terlalu banyak menggunakannya jika anda sudah seharian di depan komputer kalian perlu untuk mengistirakatkan mata anda setelah selesai pekerjaan anda, kemudian anda juga bisa menggunakan kacamata anti radiasi saat menggunakan komputer maupun gadget.

Baca juga: 7 Cara Agar Kesehatan Mental Tetap Terjaga

7. mengenakan kacamata pada sesuai dengan keadaan.

Mengenakan kacamata yang sesuai dapat mencegah kita dari resiko yang ada. Jika kalian berada dikawasan industri kalian disarankan untuk mengenakan kacamata yang tepat seperti kacamata yang telah disediakan oleh proyek tersebut untuk menghindari hal yang tidak diinginkan. Juga untuk orang yang memiliki rabun maka mereka harus menggunakan kacamata yang tepat. Oleh karena itu gunakan kacamata sesuai dengan kebutuhan dan keadaan.

Sekian artikel dari Catatan Kang Sodikin tentang cara menjaga kesehatan mata. Ingat menjaga mata tetap sehat itu lebih penting daripada mengobatinya yang sudah terlanjut sakit. Semoga artikel ini bermanfaat dan terima kasih.

You Might Also Like:

Comment Policy: Silahkan tuliskan komentar Anda yang sesuai dengan topik postingan halaman ini. Komentar yang berisi tautan tidak akan ditampilkan sebelum disetujui.
Buka Komentar

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel