7 Cara Agar Kesehatan Mental Tetap Terjaga. Dari sekian banyak anugrah yang diberikan oleh Tuhan, kadang nikmat sehat lah yang sering kali terlupakan disyukuri oleh manusia. Maksudnya bagaimana sih? Kadang manusia menganggap sepele urusan menjaga kesehatan.

Sebagian besar orang rela mengorbankan kesehatannya hanya demi sesuatu yang tidak lebih berharga dari kesehatan itu sendiri.

7-cara-menjaga-kesehatan-mental

Contohnya saja bisa kita lihat maraknya kasus orang yang berkerja mati-matian untuk mengejar sesuatu seperti jabatan, kekayaan, ataupun lainnya sampai melupakan kesehatannya. Betapa banyaknya orang yang kerja keras banting tulang sampai menjadi sakit.

Kemudian apa? Harta yang dikumpulkan selama ini hanya akan terbuang untuk berobat dan berobat. Itulah yang dinamakan penyesalan itu ada di belakang. Nah kalau kamu tidak ingin menyesal, maka sudah sepatutnya kamu mulai menjaga kesehatan mulai dari sekarang.

Tidak hanya kesehatan fisik, kamu juga harus mulai memperhatikan kesehatan mentalmu. Memang belum banyak orang yang menyadari betapa pentingnya menjaga kesehatan mental ini.

Nah mental sehat sendiri itu adalah yang bagaimana sih? Mental yang sehat itu apabila batin kamu tenang dan merasa nyaman tentram sehingga kamu bisa menjalani kehidupan dengan sebaik-baiknya. Namun layaknya tubuh ataupun anggota badan, mental juga bisa saja menjadi sakit.

Nah kamu pasti nggak mau dong kalau sampai mental kamu sakit ataupun terganggu? Lantas gimana sih cara supaya mental kamu bisa tetap sehat? Tenang aja karena berikut di bawah akan kita bahas mengenai cara agar kesehatan mental tetap terjaga.

Baca juga: Pipi Bayi Bisa Gatal Karena Disentuh Orang Dewasa?

Jangan sampai merasa stress


Cara yang satu ini bisa dibilang memang sangat penting karena memang penyebab utama dari gangguan kesehatan mental ialah adanya stress. Mungkin secara pengungkapan sehari-hari kamu sudah paham apa itu stress.

Namun tidak sedikit juga yang salah mengartikan dan salah dalam menggunakan kata stress ini. Jadi sebenarnya apa sih stress itu? Stress adalah kondisi ketika kamu mengalami tekanan yang sangat berat.

Stress ini biasanya ditandai dengan perasaan cemas, sensitif dan gelisah. Nah gimana sih cara supaya kamu nggak stress?

Kamu bisa menemui orang yang kamu percaya untuk menceritakan tekanan yang kamu rasakan. Biasanya dengan kamu berbagi cerita, kamu akan merasa lebih lega setelahnya.

7 Cara Menjaga Kesehatan Mental


Berikut ini adalah cara agar kesehatan mental tetap terjaga:

1. Dekat Dengan Tuhan
Cara paling manjur untuk menjaga agar mental dalam keadaan sehat adalah mendekatkan diri kepada Tuhan. Orang-orang yang dekat dengan Tuhan akan senantiasa merasa tenang dan bahagia. Segala persoalan hidup ia sandarkan kepada Yang Maha Kuasa. 

2. Tidur dengan nyenyak
Ketika kamu dalam kondisi tidur, semua masalah ataupun hal yang membebani pikiran kamu pun jadi hilang alias tak terpikirkan. Dengan tidur yang nyenyak dan cukup, badan kamu pun akan menjadi lebih segar untuk menjalankan aktivitas sepanjang hari.

Nah ada nggak sih tips supaya tidur bisa lebih nyenyak? Sebelum tidur lebih baik bersihkan badan dan jagan lupa utuk berdoa.

Serta jangan lupa untuk memaafkan semua kesalahan orang lain atau hal buruk yang terjadi padamu. Berterimakasihlah juga pada dirimu sendiri yang sudah mau berkerja keras sepanjang hari. tidurlah tanpa membawa beban pikiran maupun perasaan kesal.

3. Melakukan meditasi
Melakukan meditasi sangatlah ampuh untuk menjaga kesehatan mental. Tidak harus pergi ke kelas yoga, kamu bisa melakukan meditasi dengan menghabiskan waktu untuk mencoba melepaskan dan melupakan semua masalah yang selama ini membebani pikiran.

4. Bersantai
Cobalah untuk meluangkan waktu tidak melakukan apapun. Baik itu berkeja, bersih-bersih rumah, maupun melakukan aktivitas lainnya.

Cobalah untuk benar-benar mengosongkan jadal kegiatan untuk bersantai. Namun ingat bersantai jangan terlalu lama atau nantinya hanya akan menimbulkan perasaan malas.

Baca juga: Tips Mudah Bagi Yang Ingin Mulai Berhijab

5. Berkomunikasi dengan baik dan benar
Bagaimana sih berkomunikasi yang baik dan benar itu? Bagaimana bisa berkomunikasi yang baik akan mampu menjaga kesehatan mental? Berbicara dengan emosi tentunya bukanlah hal baik bagi kesehatan mental.

Oleh karena itu cobalah untuk berbicara dengan orang yang nyaman untuk kamu ajak berbicara. Obrolkanlah hal-hal yang menyenangkan tanpa emosi yang meluap-luap. Hindari perdebatan supaya emosional kamu tetap stabil.

6. Menghabiskan waktu bersama orang-orang tercintaMelakukan kegiatan yang disukai pastinya akan membuat emosional kamu tetap stabil sehingga mental kamu pun juga akan tetap baik-baik saja. Menghabiskan waktu bersama orang-orang tercinta tentunya adalah hal menyenangkan.

Perasaan senang akan membawa batin kamu menjadi tenang dan perasaan kamu akan berada pada zona yang nyaman. Keadaan inilah yang membuat kesehatan mental kamu akan tetap terjaga.

7. Senyuman
Hal ini jelas saja karena senyuman dapat menandakan bahwa kondisi seseorang sedang dalam keaaan baik-baik saja. Meskipun berbagai masalah sedang banyak menyita pikiran dan membebani, usahakanlah untuk tetap tersenyum.

Mungkin tetap tersenyum di kala keadaan sedang tidak baik sama saja seperti menipu. Namun bukan itu intinya.

Ketika kamu tersenyum, itu akan memebri sugesti bahwa kamu sedang baik-baik saja dan lama-kelamaan senyum itu sendiri yang akan menyemangti kamu dalam menghadapi apa yang sedang membebani kamu.

Jika memang keadaan terlalu buruk untuk bisa tetap tersenyum, pikirkanlah hal-hal ataupun orang yang kamu suka. Hal itu akan membantu kamu melupakan masalah milikmu.

Demikian Catatan Kang Sodikin seputar 7 cara menjaga kesehatan mental. Semoga kita semua senantiasa memiliki mental, jiwa dan raga yang sehat.

0Komentar

Sebelumnya Selanjutnya