Tips Mudah Bagi Yang Ingin Mulai Berhijab

Tips mudah bagi yang ingin mulai berhijab | Berhijab atau berjilbab memang pilihan bagi muslimah. Syariat Islam mewajibkan bagi perempuan dewasa untuk menjulurkan jilbabnya hingga menutup dada. Dan tentu saja harus diawali dengan menutup aurat secara keseluruhan dengan pakaian yang tidak ketat. Kenapa harus tidak ketat alias longgar? Karena dalam pandangan Islam, perempuan berpakaian tetapi ketat sehingga bentuk tubuh jelas terlihat maka disamakan dengan tidak berpakaian.

tips-bagi-yang-ingin-mulai-berhijab-hijab-pemula

Meski hijab atau jilbab diwajibkan bagi perempuan muslimah dewasa, tetapi penerimaannya berbeda-beda satu sama lain. Ada berbagai alasan kenapa sampai sekarang muslimah dewasa belum berjilbab. Diantara alasan tersebut adalah:
  1. merasa belum siap dengan berbagai dalih
  2. karena masih banyak dosa
  3. belum siap untuk meninggalkan cara hidup yang sekarang
  4. yang penting kan baik dengan siapapun, meski tidak berjilbab
  5. apa gunanya berhijab kalau perbuatannya gitu-gitu aja
Dan masih banyak alasan ataupun dalih yang lain.

Untuk saat ini, hijab atau jilbab sudah seperti jamur di musim hujan. Di manapun tempat ada ada orang berhijab atau berjilbab. Orang berhijab sudah banyak teman. Dulu memang berhijab sulit mencari teman karena masih sedikit. Sehingga terkadang ada rasa malu karena belum banyak yang memakai.

Baca juga: 4 Cara Sehat Bakal Populer di 2019

Sekarang hijab sudah banyak model-nya dan bisa dipadukan atau dikombinasikan dengan pakaian apapun. Hijab untuk kepentingan santai, pesta hingga traveling juga sangat mungkin. Jadi tidak ada alasan takut untuk berhijab jadi tidak bisa ngapa-ngapain.

Tinggal pilih sesuai selera. Mau yang bagaimana, semuanya ada. Hijab dengan harga puluhan ribu hingga jutaan rupiah tersedia. Dari yang tak bermerek hingga yang brading luar negeri semunya tersedia.

Yang diperlukan sesungguhnya adalah good will, ada niat dan keinginan untuk berhijab menjalankan perintah Tuhan bahwa perempuan muslimah dewasa wajib menutup aurat.

Jika Anda mulai berketetapan dan berkeinginan untuk mulai mengenakan hijab, perhatikan tips berikut ini:
  1. Yakinlah bahwa langkah yang Anda ambil adalah benar, berhijab adalah bagian dari ketaatan manusia kepada Tuhan penciptanya.
  2. Yakinlah bahwa dengan berhijab tidak akan mengurangi dan menggangu pergaulan Anda.
  3. Percayalah bahwa berhijab membuat Anda lebih cantik dari sebelumnya
  4. Sadari bahwa dengan berhijab Anda telah melindungi kehormatan Anda. Ketahuilah bahwa suluruh bagian dari tubuh perempuan adalah terhormat dan berharga maka tidaklah pantas untuk diumbar dan diobral.
  5. Beruntunglah Anda jika memilih berhijab, karena hal itu akan membuat Anda lebih berhati-hati dan menjaga ucapan, sikap dan prilaku Anda.

6 Tips Memilih Hijab bagi yang baru mulai berhijab


Kemudian, hijab yang bagaimana yang sebaiknya dipakai?

Berikut ini adalah tips memilih hijab atau jilbab bagi perempuan muslimah dewasa yang mulai ingin berhijab.

1. Pilihlah bahan yang tidak terlalu tipis apalagi transparan

Fungsi utama hijab atau jilbab adalah untuk menutup aurat. Maka pilihlah yang benar-benar bisa menutup aurat dari kepala hingga dada. Bahan tipis apalagi transparan maka fungsi menutup auratnya jadi tereduksi.

2. Pakailah hijab yang praktis dan tidak ribet

Pilihlah hijab yang praktis artinya tinggal pakai. Banyak kok hijab yang tinggal pakai dan modelnya juga bervariasi. Jika Anda memilih yang sulit, takutnya Anda mundur lagi dan enggan berhijab karena merasa ribet.

3. Perlahan dan pasti teruslah belajar mengenakan hijab

Mulailah belajar mengenakan hijab dari yang mudah hingga yang sulit. Dan Anda akan menemukan sensasi nikmatnya berhijab.

4. Pilih hijab yang sesuai dengan wajah

Untuk wajah yang oval, pilihan hijab lebih mudah karena seluruh model hijab cocok untuk Anda. Untuk wajah panjang/lonjong, lebih cocok mengenakan hijab dengan undercaps hingga dahi. Hal itu akan membuat wajah Anda tampak lebih padat.

Untuk wajah kotak, hijab yang cocok adalah rounded shape/bulat. Hijab rounded shape/bulat ini akan menjadikan wajah terkesan oval.

Dan hijab untuk wajah dengan dahi lebar maka yang pas adalah hijab dengan inner yang berfungsi menutupi bagian luar sisi kanan dan kiri jidat.

5. Sesuaikan hijab dengan warna kulit

Secara umum, kulit wajah putih cock dengan hijab warna apapun. Tapi disarankan tidak yang berwarna putih. Hijab berwarna putih mengesankan wajah yang berkulit putih jadi pucat.

Jika warna kulit adalah kuning langsat, hindari hijab dengan warna keemasan seperti orange, cokat dan karamel.

Baca juga: Download Koleksi Buku Puasa Lengkap

Untuk kulit sawo matang, warana gelap terutama biru tua, maroon, ungu serta hitam lebih. Dan untuk wajah berwarna gelap, hijab berwarna lembut dan netral menjadikan wajah terlihat lebih cerah.

6. Pilih bahan yang tepat

Jika akan digunakan untuk acara santai, maka hijab dengan bahan katun atau model kaos lebih pas. Hijab berbahan sifon yang ringan dan tipis bagi yang menyukai hijab ringan. Tapi ingat, karena tipisnya maka memerlukan dalaman kerudung agar kepala dan rambut tertutup dengan baik.

Hijab dengan bahan viscose sangat cocok untuk hijab besar dan tebal. Kelebihan bahan hijab ini adalah tidak mudah pengap.

Sedangkan Anda yang ingin mengesankan hijab yang ‘mewah’, bahan satin merupakan pilihan yang tepat. Dan jika sedang cuaca dingin, menggunakan hijab dari kain rajut adalah pilihan yang bisa diambil

Demikian 6 tips memilih hijab atau jilbab bagi yang ingin mulai berhijab.

0 Response to "Tips Mudah Bagi Yang Ingin Mulai Berhijab"

Post a Comment

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel