Tips menghilangkan bau jengkol dan Petai di mulut dengan bahan alami adalah Info bermanfaat yang akan dibagikan Kang Sodikin. Ada pengalaman pribadi tentang bau yang ditimbulkan sesudah makan jengkol atau petai. Baik bau tersebut berasal dari mulut saat bernafas maupun saat berbicara, atau bau yang bersumber dari urine ketika buang air kecil.

cara-menghilangkan-bau-jengkol-dan-pete-dengan-bahan-alami

Indonesia sungguh kaya akan ragam kuliner tradisional. satu di antaranya adalah kuliner berupa masakan jengkol. masakan berbahan jengkol atau petai ini terkenal sedap dan nikmat. Walaupun sesudah memakannya akan keluar bau yang kurang sedap dari mulut. Terkadang harus menutup mulut atau sedikit berpaling agar udara yang keluar tidak langsung mengarah ke lawan bicara.

Tidak hanya dari mulut. Ternyata bau tidak sedap karena mengkonsumsi jengkol atau petai juga bersumber dari air seni yang keluar setelah menikmati masakan jengkol.

Perlu diketahui bahwa penyebab bau jengkol atau petai yang khas tersebut adalah karena adanya kandungan senyawa asam jengkolat atau djengkolic acid .

Walaupun aroma jengkol atau petai tidak selamanya menetap di rongga mulut para penikmatnya, tapi bau khas tersebut tentu sangat mengganggu ketika berhadapan dan berbicara kepada orang lain. Agar tidak malu hingga berpaling saat berbicara dengan orang lain, maka setiap penikmat jengkol harus tahu cara menghilangkan atau mengusir bau jengkol dari mulut.

Baca juga: 13 Faktor yang Dapat Meningkatkan Risiko Terkena Penyakit Jantung

Berikut ini adalah bahan alami dan yang ada di sekitar kita yang dapat digunakan untuk menghilangkan bau jengkol atau petai pada mulut.
  1. Teh hijau
    Cara pertama adalah memanfaatkan teh hijau. Bau jengkol dan petai dapat dihilangkan dengan cara meminum teh hijau. Kenapa teh hijau? Karena dalam teh hijau terkandung zat polyphenols. Zat ini berfungsi menetralkan aroma di mulut yang disebabkan oleh berbagai makanan berbau seperti halnya jengkol.
  2. Minum kopi
    Cara kedua yang dapat ditempuh untuk menghilangkan bau jengkol dan petai dari mulut adalah dengan meminum kopi. Butir-butir dari kopi mampu menetralkan aroma menyengat dan tidak sedap yang dihasilkan oleh jengkol atau petai. Caranya cukup mudah, seduh kopinya dengan air panas dan jangan memakai gula. Setelah hangat, minum dan sebentar biarkan di mulut atau seperti orang berkumur. Bisa juga dengan cara langsung menuangkan bubuk kopi tanpa diseduh terlebih dulu ke dalam mulut. Meskipun yang terakhir ini sedikit repot karena bubuk kopi akan lengket di setiap rongga mulut.
  3. Timun
    Timun dapat juga dimanfaatkan untuk menghilangkan bau jengkol dan petai. Caranya juga sangat mudah. Cukup kunyah timun secukupnya sesaat setelah mengkonsumsi jengkol atau petai. Mengunyah timun dapat meyebabkan mulut kembali segar setelah makan jengkol atau petai.
  4. Beras
    Menghilangkan bau jengkol dan petai dari mulut dapat dilakukan dengan mengunyah beras. Mungkin sedikit aneh bagi sebagaian orang karena belum pernah melakukannya. Ya, hanya dengan sejumput beras maka aroma jengkol di mulut dapat lenyap.

    Baca juga: Inilah Kunci Utama Mencegah Kanker Payudara Kambuh Lagi

    Caranya, kunyahlah beras tersebut sampai halus. Dan tidak perlu ditelan jika sudah halus, tetapi langsung dibuang saja. Meskipun jika di telan juga tidak apa-apa.
  5. Garam
    Memanfaatkan garam untuk menghilangkan bau jengkol dan petai juga bisa. Cara ini mungkin tidak disukai karena rasanya yang asin. Tidak butuh terlalu banyak garam untuk dikunyah. Meskipun rasanya asin dan membuat liur mudah menetes, namun cara ini cukup ampuh menghilangkan bau jengkol dan petai di mulut. Dengan mengunyah garam, produksi air liur akan meningkat drastis. Dengan banyaknya air liur baru di mulut maka otomatis air liur yang ada unsur bau jengkolnya akan dinetralkan. Air liur yang ada bau jengkol dan petainya akan diludahkan dan dibuang.
  6. Minuman bersoda
    Cara menghilangkan bau jengkol dan petai di mulut selanjutnya adalah dengan memanfaatkan minuman berkarbonasi atau yang mengandung soda. Minum minuman bersoda tidak saja dapat menghilangkan haus dan dahaga tetapi juga dapat menghilangkan aroma khas jengkol dan petai yang menyengat di mulut. Agar tidak berdampak kembung di perut, minumlah minuman bersoda secukupnya.
  7. Minum susu
    Susu sudah dikenal memiliki sifat penetral racun bahkan obat. Tentu saja dalam kontek ini bisa menetralkan bau jangkol atau petai. Dalam susu terkandung senyawa allyl sulfida metil. Senyawa ini bisa menghilangkan bau tidak sedap yang bersumber dari jengkol atau petai.
  8. Permen karet
    Cara terakhir yang dapat dilakukan para penikmat jengkol atau petai untuk menjauhkan baunya yang tida sedap adalah dengan mengunyah permen karet. Terdapat aneka rasa permen karet yang dapat membantu membersihkan mulut dari aroma jengkol atau petai dan sekaligus membersihkan kotoran di sela-sela gigi. Selain permen karet, para penikmat jengkol dan petai juga bisa memanfaatkan permen mint.
Demikian info keren seputar cara menghilangkan bau jengkol dan petai di mulut dengan menggunakan berbagai bahan alami dan mudah di temui di sekitar kita. Semoga bermanfaat.

0Komentar

Sebelumnya Selanjutnya