Skip to main content
Kang Sodikin

follow us

Nelson Mandela Tokoh Inspiratif

Nelson Mandela Tokoh Inspiratif. Nama lengkapnya Nelson Rolihlahla Mandela. Lahir pada tanggal 18 Juli 1918 di Mvezo, Afrika Selatan. Dan meninggal di Johannesburg, Afrika Selatan, pada 5 Desember 2013 saat usianya mencapai 95 tahun.

Nelson Mandel merupakan seorang revolusioner hebat. Ia sangat anti apartheid, sebuah politik ras berdasarkan warna kulit. Seorang politisi Afrika Selatan yang menjabat Presiden Afrika Selatan dari 1994 hingga 1999.

Mandela merupakan orang Afrika Selatan berkulit hitam pertama yang berhasil mendapatkan jabatan presiden. Ia juga meruapakan presiden Afsel pertama yang terpilih lewat keterwakilan penuh dalam sebuah pemilu banyak ras (multiras).

Setelah menjabat, pemerintahan Mandela fokus pada upaya penghapusan pengaruh apartheid (politik diskriminasi berdasarkan warna kulit) dengan memberantas rasisme, kemiskinan dan kesenjangan, dan senantiasa mendorong rekonsiliasi rasial. Selaku politisi nasionalis Afrika dan sosialis demokratik, ia kemudian menjabat sebagai Presiden Kongres Nasional Afrika (ANC) pada 1991 hingga 1997. Puncaknya, Mandela pada 1998 hingga 1999 terpilih sebagai Sekretaris Jenderal Gerakan Non-Blok.

Baca juga: Cara Usir Bau Jengkol dan Petai di Mulut Dengan Bahan Ini

Pada 1962, Nelson Mandela ditahan karena dituduh telah melakukan sabotase dan bersama-sama akan menggulingkan pemerintahan. Karena tuduhan tersebut ia dihukum penjara seumur hidup di Pengadilan Rivonia. Sebelumnya juga telah keluar masuk penjara sejak muda.

Masa hukumanan telah dijalaninya selama 27 tahun. Kominitas internasional menuntut pembebasannya. Dan akhirnya Mandela dibebaskan pada tahun 1990. Dalam pemilu multiras tahun 1994, partai ANC berhasil menang dan menjadikan Nelson Mandela sebagai Presiden.

Untuk kepentingan luar negeri, ia bertindak sebagai mediator ketika Libya dan Britania Raya berseteru soal pengadilan pengeboman pesawat Pan Am Penerbangan 103. Ia juga menjadi pengawas intervensi militer di Lesotho.

Karena pribadinya yang tangguh, seorang pejuang, berjuang untuk kepentingan HAM maka ada 250 penghargaan yang diberikan kepadanya. Tiga diantaranya adalah Hadiah Perdamaian Nobel tahun 1993, Medali Kebebasan Presiden Amerika Serikat, dan medali Order of Lenin dari Uni Soviet. Gemana sob... layak masuk tokoh inspiratif kan?

Beberapa hal yang membuatnya masuk dalam jajaran Tokoh Inspiratif


Baca juga: 13 Faktor yang Dapat Meningkatkan Risiko Terkena Penyakit Jantung

Ada beberapa hal yang membuat Nelson Rolihlahla Mandela layak masuk jajaran tokoh inspiratif, yaitu:
  1. seluruh hidupnya digunakan untuk perjuangan
  2. penjara tak menghentikannya untuk selalu dan terus berjuang
  3. menjadi presiden kulit hitam pertama dalam pemilu multiras di Afrika Selatan
  4. menerima 250 penghargaan international
  5. menerima hadiah Noble
  6. dan yang terpenting adalah tidak menaruh dendam terhadap orang-orang yang telah memenjarakannya bahkan mengampuninya serta mengadakan rekonsiliasi nasional. ini menunjukkan bahwa Mandela adalah sosok pribadi yang kuat dan tangguh
Gemana sob, keren kan? Nelson Mandela Tokoh Inspiratif. Pasti layak dong masuk jajaran tokoh Inspiratif.

You Might Also Like:

Comment Policy: Silahkan tuliskan komentar Anda yang sesuai dengan topik postingan halaman ini. Komentar yang berisi tautan tidak akan ditampilkan sebelum disetujui.
Buka Komentar

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel