Skip to main content
Kang Sodikin

follow us

Tanda Awal dan Cara Mencegah Kanker Mulut

Tanda Awal dan Cara Mencegah Kanker Mulut. Di dunia, angka kematian yang disebabkan kanker rongga mulut atau oral cancer sungguh-sungguh tinggi yaitu 50%. Meski di Indonesia, jumlah penderita kanker rongga mulut tercatat 5,329 di tahun 2012 dan diproyeksikan akan meningkat 21,5% di tahun 2020.

Secara global, tercatat 300.373 kasus kanker rongga mulut dan 145.353 kematian akibat kanker rongga mulut pada tahun 2012. Lebih dari separo kanker rongga mulut atau oral cancer di dunia terjadi di wilayah Asia dimana diperkirakan 168.850 kasus baru terdianogsa.

Dari jumlah hal yang demikian sekitar 11% penderita oral cancer berasal dari wilayah Asia Tenggara. Masyarakat banyak yang tak mengetahui tanda-petunjuk permulaan kanker rongga mulut, sehingga pada lazimnya baru dikenal di tahap kanker stadium lanjut.

Selain itu banyak pasien tidak tahu seharusnya berkonsultasi dengan dokter yang ideal disebabkan pedoman-petunjuk kanker mulut yang tak kelihatan terang. Tanda ini terjadi sebab masih rendahnya pengetahuan masyarakat dan kurangnya berita serta edukasi.

Baca juga: Cara Membuat Sup Buntut Asam Segar

Adapun faktor-faktor yang dapat menjadi sebab meningkatnya kanker mulut adalah merokok, konsumsi alkohol, virus, pola makan dan keturunan.

Tanda Awal Kanker Mulut


Awal-tanda permulaan kanker mulut dikenali dengan adanya warna, tekstur atau luka di rongga mulut yang tak sembuh-sembuh lebih dari satu bulan.

Banyak orang yang tak mengetahui bahwa dia menderita kanker rongga mulut atau oral cancer karena tak ada rasa sakit dan tidak ada tandanya.

Perlu diketahui bahwa angka bertahan hidup penderita kanker rongga mulut tergolong kecil di bawah 3 tahun.

Padahal, jikalau lesi para kanker bisa ditemukan dan kemunduran selnya belum terlalu jauh, dan respon pengobatannya masih bagus, maka angka bertahan hidup pasien bisa meningkat lebih dari 80% atau di atas 5 tahun. Dengan demikian angka kematian bisa diturunkan.

Cara Mencegah Kanker Mulut


Untuk meningkatkan angka bertahan hidup pasien kanker rongga mulut, Drg. Rahmi Amtha, MDS, Sp.PM, PhD, Ketua Ikatan Spesialis Penyakit Mulut Indonesia dan sejawatnya bercita-cita untuk lebih kerap kali mensosialisasikan tentang kanker mulut ini.

"Untuk itu kami, Ikatan Ahli Penyakit Mulut ketika ini akan melakukan edukasi dan sosialisasi yang lebih banyak lagi. Salah satunya dengan gerakan SaMuRi (Periksa Mulut Sendiri)." Kata Rahmi.

Cara mencegah kanker mulut atau oral cancer, periksa komponen mulut depan atas dan bawah, dinding mulut kiri dan kanan, dinding atas mulut, lidah depan, bagian lidah kanan dan kiri, serta bawah lidah.

Bila terdapat perubahan pada jaringan lunak mulut yang meliputi ukuran, bentuk, tekstur, serta kekenyalan, sebaiknya lantas menemui dokter.

Samuri tersebut dapat dilaksanakan kapan saja supaya pertanda dan gejala yang betul-betul minim bisa ditemukan sebagai langkah pencegahan dini.

Baca juga: Terapi DaRT untuk Sembuhkan Kanker ?

"Lakukan Samuri sesering mungkin sebab perubahan dapat terjadi kapan saja dan tak diberi pengaruh hormon seperti pada kanker payudara.

Perubahan yang paling sering kali terjadi umumnya di sekitar komponen pinggir U mulut bawah yang seperti iritasi kemerahan atau benjolan berwarna putih," tutup Rahmi.

Sahabat semua baru saja membaca info keren seputar Tanda Awal dan Cara Mencegah Kanker Mulut atau oral cancer. Semoga bermanfaat.

You Might Also Like:

Comment Policy: Silahkan tuliskan komentar Anda yang sesuai dengan topik postingan halaman ini. Komentar yang berisi tautan tidak akan ditampilkan sebelum disetujui.
Buka Komentar

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel