5 Alasan Kenapa Blog Tidak Pernah Terindek Sama Sekali. Mesin pencari seperti Google memiliki sistem yang bisa menelusuri isi dari blog seseorang. Sistem tersebut akan merayapi setiap konten dari blog. Proses ini akan dilakukan secara berulang-ulang. Konten yang dirayapi kemudian akan masuk ke dalam sistem indeks mesin pencari.

5-alasan-kenapa-blog-tidak-terindeks-mesin-pencari-google-sama-sekali

Salah satu hal yang perlu dilakukan agar konten bisa muncul di mesin pencari adalah memastikan blog mengizinkan sistem perayapan untuk masuk ke konten blog. Pada Google sendiri, sistem ini dinamakan Googlebot. Untuk mengetahui apakan blog sudah terindeks Google adalah dengan mengetikkan url blog pada kotak pencarian. Jika masih belum ditemukan, tunggu beberapa waktu agar mesin perayap mengindeks blog.

5 alasan kenapa blog tidak pernah terindeks sama sekali wajib diperhatikan agar pengunjung bisa menemukan dan membaca blog Anda.

Alasan Kenapa Blog Tidak Terindeks Mesin Pencari


Berikut ini adalah 5 alasan kenapa blog tidak pernah terindeks sama sekali oleh Google dan serach lainnya yang ujung-ujungnya merugikan blog Anda:

1. Robot.txt Tidak Memberikan Izin Kepada Sistem Perayap

Salah satu bagian yang harus segera dicek saat blog tak kunjung di indeks adalah robot.txt. Perhatikan pada kode yang ada di dalamnya, jika terdapat tag robot noindex, berarti blog anda tidak diintruksikan untuk muncul di mesin pencari. Namun tidak menjadi masalah jika tag robot tersebut hanya dikhususkan untuk konten yang memang tidak diizinkan. Atur tag robot agar blog bisa terindeks namun tetap merahasiakan konten yang dari awal hanya untuk pribadi.

2. Belum Memasukkan Blog Ke Webmaster

Jangan terkejut blog yang baru saja dibuat tak kunjung diindeks mesin pencari. Blog tersebut mungkin belum dimasukkan ke sistem webmaster. Cara terbaik untuk melakukan hal ini adalah dengan membuat sitemap yang nantinya berguna untuk proses crawl atau mengambil data dari blog tersebut. Ketika data sudah tersimpan oleh mesin pencari, hanya menunggu beberapa saat saja agar blog terindeks.

3. Duplikat Konten

Harus diperhatikan saat memposting konten pada sebuah blog. Google sebagai mesin pencari terbaik sangat membenci konten duplikat. Saat blog memiliki konten duplikat, tidak akan tahu konten mana yang akan diindeks. Ini bisa berakibat blog sama sekali tidak akan terindeks karena dianggap sebagai spam. Langkah yang harus dilakukan adalah memilih salah satu konten, kemudian memasukannya lagi ke webmaster. Namun agar lebih aman, hapus konten duplikat itu dan pertahankan satu saja.

4. Loading Blog Lambat

Robot maupun pembaca pada umumnya tidak menyukai blog yang lambat saat dibuka. Ini akan menyulitkan proses crawling, bahkan dapat membuat blog tidak terindeks. Ada beberapa hal yang bisa dilakukan agar blog bisa cepat saat diakses. Pertama yakni dengan menggunakan theme yang ringan. Gunakan theme premium yang dibuat oleh developer berpengalaman yang menjamin hal ini. Kemudian, perkecil ukuran gambar sebelum diunggah ke blog. Gunakan hosting gambar khusus jika tidak ingin repot melakukan hal ini. Sehingga proses load gambar tidak berasal dari hosting blog tersebut.


5. Pelanggaran Hak Cipta

Ini menjadi alasan mengapa membuat sebuah konten unik. Pelanggaran hak cipta bisa berasal dari konten yang dibuat. Jangan pernah mencoba untuk menyalin konten milik orang lain untuk diposting di blog pribadi. Jika pemilik konten merasa dirugikan, mereka tidak segan melaporkan blog Anda. Selain itu penggunaan gambar juga dapat menjadi alasan pelanggaran hak cipta.

Oleh karena itu, selalu gunakan gambar yang bebas hak cipta. Ini tersedia di beberapa website penyedia gambar gratis. Ketika Google menerima laporan atas hal ini, blog Anda dalam beberapa saat akan mengalami deindex. Sehingga membuat blog Anda belum terindeks sama sekali.

Demikian informasi seputar 5 alasan kenapa blog tidak pernah terindeks sama sekali dari Kang Sodikin di sodikin.com

2Komentar

  1. Untuk robot txt, saya nonaktifkan,, apakah tidak masalah?

    BalasHapus
    Balasan
    1. tidak masalah, berarti robot.txt berjalan sesuai setting standar blogger

      Hapus

Posting Komentar

Sebelumnya Selanjutnya